Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Keluargaku dalam Gaya Hidup Modern. Gaya Hidup Modern??? GAYA HIDUP: 1.sebuah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Keluargaku dalam Gaya Hidup Modern. Gaya Hidup Modern??? GAYA HIDUP: 1.sebuah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat."— Transcript presentasi:

1 Keluargaku dalam Gaya Hidup Modern

2 Gaya Hidup Modern??? GAYA HIDUP: 1.sebuah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat dan opini. Gaya hidup menggambarkan keseluruhan diri seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya (Kotler -2002). 2.hal yang menunjukkan bagaimana orang hidup, bagaimana membelanjakan uangnya, dan bagaimana mengalokasikan waktunya (Minor dan Mowen-2002).

3 MODERN: Berasal dari bahasa Latin yaitu modernus yang berarti saat ini, atau sesuatu yang menunjuk pada sifat kekinian. Di dalamnya tercermin suatu nilai yang mengarahkan seseorang untuk bersikap efektif, efisien, praktis, sederhana dan menghargai waktu. Gaya Hidup Modern???

4 Gaya Hidup Modern di Indonesia “Status sangatlah penting” “Punya mobilitas tinggi” “SOSIALITA” “Olahrga mahal: golf” “Pernikahan super-mewah” “Serba instant” “Punya banyak teknologi komunikasi” Konsumerisme: gaya hidup yang menganggap barang-barang mewah sebagai ukuran kebahagiaan dan kesenangan. Materialisme: pandangan hidup yang mencari dasar segala sesuatu (termasuk kehidupan manusia) di dalam alam kebendaan semata-mata dengan mengesampingkan segala sesuatu yang mengatasi alam indera. Hedonisme: paham atau pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi merupakan tujuan utama dalam kehidupan didunia.

5

6 Peran Keluarga dalam menghadapi Gaya Hidup Modern 1. Membangun persekutuan antar-pribadi: Meletakkan cinta kasih sebagai asas dan kekuatan yang mempersatukan masing-masing anggotanya. -Keluarga kuat yang tak terceraikan -Penghargaan yang tinggi kepada perempuan dalam keluarga -menjunjung tinggi hak-hak anak dan menganggap mereka memiliki pemikiran yang patut dihargai. -Kehadiran orang lanjut usia yang menjadi anggota dalam keluarga juga perlu diperhatikan kebutuhannya dan mendapat penghargaan yang selayaknya.

7 2. Melayani Kehidupan: Keluarga dipanggil untuk turut serta dalam mengembangkan masyarakat, karena pada hakekatnya keluarga merupakan sel masyarakat yang pertama dan amat penting. -Terlibat dalam hidup dan perutusan gereja -membangun persekutuan keluarga yang beriman secara kokoh. -membangun persekutuan antar anggotanya untuk terus menerus berdialog dengan Tuhan melalui berbagai cara. -Penanam semangat positif yang tercermin dalam gaya hidup modern. Peran Keluarga dalam menghadapi Gaya Hidup Modern

8 Menengok Alkitab Kejadian 35: 22b-29 Sikap Yusuf dalam keberlimpahannya mampu tetap memiliki keteguhan hati untuk merawat dan memelihara kehidupannya dan kehidupan keluarganya. Matius 19: Suatu contoh negatif dari sikap seseorang yang tidak mampu menguasai kehidupannya dan tidak mampu menghindari dampak negatif dari gaya hidup modern yang ia miliki. Akibatya ia kehilangan sumber dari segala kehidupan sejati yaitu Kristus yang adalah Tuhan dan Juruselamat.


Download ppt "Keluargaku dalam Gaya Hidup Modern. Gaya Hidup Modern??? GAYA HIDUP: 1.sebuah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google