Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara. Perlu kah Ideologi suatu Negara???

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara. Perlu kah Ideologi suatu Negara???"— Transcript presentasi:

1 Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara

2 Perlu kah Ideologi suatu Negara???

3 a. Pengertian Ideologi Ideologi berasal dari kata idea yang mengandung arti pengertian/ gagasan. Jadi ideologi dapat dikatakan pengetahuan tentang gagasan-gagasan, pengetahuan ide-ide atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar. Ideologi di bedakan menjadi dua pengertian yaitu : IIdeologi secara fungsional merupakan gagasan tentang kebaikan bersama atau tentang masyarakat dan negara yang di anggap paling baik IIdeologi secara struktural merupakan sebagai sistem pembenaran, seperti gagasan dan formula atas setiap kebijakan dan tindakan yang diambil oleh penguasa.

4 b. Ciri-ciri Ideologi Ideologi memiliki derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan Ideologi dapat mewujudkan suatu asas kerohanian, pandangan dunia, pedoman hidup, dan pegangan hidup yang di pelihara, di kembangkan, di amalkan, di lestarikan kepada generasi berikutnya serta di perjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban.

5 c. Pentingnya Ideologi  Ideologi bagi suatu Negara dianggap mampu membangkitkan kesadaran akan kemerdekaan, memberikan arahan mengenai dunia beserta isinya serta menanamkan semangat dalam perjuangan masyarakat untuk bergerak melawan penjajahan yang selanjutnya mewujudkannya dalam kehidupan penyelenggaraan negara.  Pentingnya Ideologi bagi suatu negara juga terlihat dari Fungsi Ideologi itu sendiri. Adapun fungsi ideologi adalah,membentuk identitas atau ciri kelompok atau bangsa. Ideologi berfungsi mempersatukan sesama kita.

6 d. Pengertian Dasar Negara Dasar Negara adalah landasan kehidupan bernegara. Dasar negara bagi suatu negara merupakan suatu dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara. Dasar Negara sebagai pedoman hidup ernegara mencakup cita-cita negara, tujuan negara, dan norma bernegara

7 Latar Belakang Pancasila sebagai Ideologi Negara a.Sejarah lahirnya Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara b.Pancasila dan Ideologi Lain

8 Nilai Nilai Pancasila sebagai Ideologi

9 Nilai nilai Pancasila yang terkandung di dalamnya merupakan nilai nilai ketuhanan, kemanusiaan, kerakyatan, dan keadilan. Nilai nilai Pancasila sebagai ideologi bersifat objektif dan subjektif, artinya hakikat nilai nilai Pancasila adalah bersifat universal (berlaku dimana pun) sehingga dimungkinkan dapat diterapkan pada negara lain. Nilai nilai Pancasila objektif, maksudnya adalah :  Rumusan dari sila sila Pancasila  Inti dari nilai Pancasila  Pancasila yang terkandung dalam Pembukaan UUD’45 sebagai kaidah pokok kaidah negara.

10 Lanjutan….. Nilai nilai Pancasila Objektif, adalah :  Nilai Nilai Pancasila timbul dari bangsa Indonesia  Nilai Nilai Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia  Nilai Nilai Pancasila didalamnya terkandung nilai nilai kerohaniaan Nilai nilai Pancasila sebagai Dasar Negara meliputi bidang politik, bidang hukum, bidang sosial budaya, dan bidang ekonomi.

11 Karakteristik Ideologi Pancasila Karakteristik Ideologi Pancasila yang dimaksud adalah ciri khas yang dimiliki oleh Pancasila sebagai ideologi negara yang membedakannya dengan ideologi ideologi yang lain. Sebagai ideologi dan dasar negara, Pancasila mempunyai fungsi sebagai acuan bersama, baik dalam memecahkan perbedaan serta pertentangan politik diantara golongan dan kekuatan politik yang ada.

12 TUGAS SISWA Tugas Kelompok a.Sebutkan Pengertian Pancasila yang diketahui b.Uraikan Nilai nilai Pancasila sebagai Dasar Negara di Bidang Politik, Hukum, Sosial Budaya, Ekonomi c.Sebut dan jelaskan karakteristik Ideologi Pancasila Tugas Individual Buatlah Ringkasan tentang materi yang telah diajarkan di lembar folio bergaris

13 ILMU PENGETAHUAN MERUPAKAN PENERAPAN IMAN


Download ppt "Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara. Perlu kah Ideologi suatu Negara???"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google