Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknik Penggunaan Peralatan Lab Tujuan: Agar peralatan yang digunakan dapat dioperasikan dengan baik. Menjaga hasil yang dicapai reliable dan akurat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknik Penggunaan Peralatan Lab Tujuan: Agar peralatan yang digunakan dapat dioperasikan dengan baik. Menjaga hasil yang dicapai reliable dan akurat."— Transcript presentasi:

1

2 Teknik Penggunaan Peralatan Lab Tujuan: Agar peralatan yang digunakan dapat dioperasikan dengan baik. Menjaga hasil yang dicapai reliable dan akurat. Peningkatan kualitas kerja yang baik. Bagaimana? Dirawat, diservis, dipelihara, dikalibrasi.

3 Manajemen lab harus didukung … Struktur organisasi dan deskripsi kerja yang jelas Peraturan umum dan khusus Tata ruang dan infrastruktur yang baik Susunan peralatan yang baik sesuai dengan fungsi dan cara kerja Laboran/teknisi lab terampil dan cakap Peralatan keamanan yang memadai.

4 Persyaratan peralatan yang baik Telah terdaftar (terregistrasi) Berada dalam keadaan siap pakai, kondisi baik, terkalibrasi dengan akurat dan dapat bekerja dengan baik Tersedia infrastruktur yang mendukung (suplai listrik, air atau gas) Ada tenaga ahli yang mengoperasikan Ada suku cadang (spare parts) Ada peralatan perkakas (tools kits) Ada consumables (materi penunjang peralatan khusus seperti larutan reagen) Pemeriksaan rutin dan teratur Adanya perawatan dan pemeliharaan kontinyu.

5 Bagaimana cara perawatan dan pemeliharaan ? Peralatan dilindungi dari debu, lembab, serangga, tikus dan kondisi negatif lainnya  perlu ventilasi yang cukup dan sistem pengatur suhu dan kelembaban ruang. Manual dibaca dulu agar pengoperasian tidak salah. Perlu dipelajari pula prinsip dasar peralatan, cara instalasi, pengoperasian, metode perawatan, troubleshooting, dan penggunaan tools kits. Melakukan pengecekan sumber tegangan listrik, sekring,kabel, stop kontak, dan bahaya kebakaran.

6 Contoh perawatan dan pemeliharaan: Alat mesin Cek oli mesin Baterai/sumber tenaga Stabilitas Safety use Pembuangan Vibrasi, dll.

7 Pemeliharaan alat yang normal… Perlu pengecekan rutin Terdapat buku petunjuk pengoperasian alat “Peralatan itu sebaiknya dipakai daripada rusak karena sama sekali tidak dipakai.”

8 Tempatkan peralatan dalam ruangan khusus bebas abu, kering, tidak lembab dan punya ventilasi baik. Sebaiknya tempatkan peralatan pada rak/lemari khusus, tidak diletakkan dilantai atau ditata sesuai meja yang ada. Jika tidak digunakan ditutup dengan dust cover. Peralatan berupa gas/tabung gas yang mudah meledak ditempatkan tersendiri. Peralatan lain seperti optik disusun dalam lemari khusus, diberi bola lampu (15-20 watt) yang terus menerus hidup untuk mengurangi kelembaban. Jika masih ada kotaknya, tempatkan dalam kotaknya.

9 Penempatan peralatan sesuai dengan: spesifikasi, fungsi, dan karakteristiknya.

10 Kebanyakan masalah timbul karena: Kelalaian, penyalahgunaan, dan mekanik Jarang/sedikit sekali digunakan Penempatan yang tidak cocok Kurang servis Lingkungan yang tidak cocok.

11 Penanganan Masalah Umum Mencampur zat-zat kimia Zat-zat baru atau kurang diketahui Membuang material-material yang berbahaya Tumpahan


Download ppt "Teknik Penggunaan Peralatan Lab Tujuan: Agar peralatan yang digunakan dapat dioperasikan dengan baik. Menjaga hasil yang dicapai reliable dan akurat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google