Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Laboratorium merupakan tempat untuk mengaplikasikan teori keilmuan, pengujian teoritis, pembuktian uji coba, penelitian dengan menggunakan alat bantu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Laboratorium merupakan tempat untuk mengaplikasikan teori keilmuan, pengujian teoritis, pembuktian uji coba, penelitian dengan menggunakan alat bantu."— Transcript presentasi:

1

2 Laboratorium merupakan tempat untuk mengaplikasikan teori keilmuan, pengujian teoritis, pembuktian uji coba, penelitian dengan menggunakan alat bantu yang menjadi kelengkapan dari fasilitas dengan kuantitas dan kualitas yang memadai. Di laboratorium siswa dapat mengaplikasikan teori yang sudah mereka dapat di kelas, sehingga tingkat kepahaman terhadap materi dan konsep akan semakin meningkat.

3 Dengan demikian, jelas bahwa peran laboratorium di sekolah sangat penting bagi siswa. Oleh karena itu, sesuai dengan PP Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan pasal 42 ayat (2) serta pasal 43 ayat (1) dan (2), setiap sekolah diwajibkan memiliki laboratorium yang memenuhi standar minimal sesuai kebutuhan siswanya.

4 SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan merupakan salah satu sekolah swasta yang berada di wilayah kota Yogyakarta, alamat lengkap SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta berada di Jl. Tamansiswa, No 25 d Yogyakarta 55151, tepatnya di belakang Pendopo Taman Siswa. Taman Madya Ibu Pawiyatan telah memiliki beberapa laboratorium yang berdiri sendiri-sendiri, diantaranya: lab. Fisika, lab. Biologi, lab. Kimia, lab. Komputer, lab. Bahasa. Namun dalam observasi kali ini hanya difokuskan pada lab. Fisika-nya saja.

5 Fasilitas yang dimiliki SMA Taman Madya IP: 1.Desain laboratorium Fasilitas dalam ruangan laboratorium fisika di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan terdiri dari ruang praktikum, meja persiapan dan ruang penyimpanan 1 dan 2. Ruang praktikum dan meja persiapan Ruang praktikum ini merupakan tempat berlangsungnya proses pembelajaran fisika di laboratorium. Ruangannya lebih luas dibandingkan dengan ruang yang lainya.

6 Tujuannya yaitu supaya dapat memberikan keleluasaan bergerak pada siswa dan guru selama melakukan proses pembelajaran. Ruang Penyimpanan 1 dan 2 Ruang penyimpanan 1 merupakan sebuah ruang yang terdapat di dalam laboratorium yang khusus digunakan untuk menyimpan alat-alat dan bahan-bahan praktikum yang biasa digunakan Ruang penyimpanan 2 merupakan sebuah ruang yang terdapat di dalam laboratorium yang khusus digunakan untuk menyimpan alat-alat laboratorium yang sudah tidak dapat digunakan lagi

7 2.Instalasi listrik Di laboratorium fisika SMA Taman Madya IP terdapat beberapa stop kontak sebagai pelengkap fasilitas praktikum, khususnya praktikum yang memerlukan listrik. Terdapat 1 buah stop kontak di setiap bawah meja praktikum dan pemasangannya sudah dilindungi, sehingga tidak akan berbahaya bagi siswa yang sedang praktikum.

8 3.Instalasi air Untuk instalansi air yang terdapat di laboratorium fisika SMA Taman Madya IP yaitu terdapat beberapa wastafle. Terdapat 2 buah wastafle yang masih berfungsi dengan baik dan cukup untuk mendukung kegiatan praktikum yang memerlukan air

9 Alat-alat laboratorium merupakan semua alat yang terdapat dalam laboratorium yang digunakan untuk kegiatan praktikum. Yang perlu diperhatikan dari alat- alat laboratorium adalah panataan dan penyimpanannya serta karakteristik dan spesifikasi alatnya. Di laboratorium fisika SMA Taman Madya IP alat-alat disimpan dalam lemari dan rak penyimpanan yang terdapat dalam ruang penyimpanan 1 dan 2.

10 Alat-alat yang disimpan dalam lemari penyimpanan adalah alat-alat yang mudah rusak, rumit pemakaiannya serta mahal, misalnya osiloskop dan alat-alat untuk praktikum optik. Sedangkan untuk alat-alat yang lain disimpan di rak-rak penyimpanan. Di labotatorium ini tidak ada alat yang dipasang secara permanen, jadi semua alat dapat dengan mudah dipindah-pindahkan.

11 1.Struktur organisasi laboratorium

12 2. Inventarisasi alat dan fasilitas laboratorium Daftar inventarisasi alat dan fasilitas yang ada di laboratorium fisika SMA Taman Madya IP ini disajikan dalam bentuk lembaran-lembaran kertas yang isi di dalamnya memuat jenis, rasio dan kondisinya. Untuk jenisnya dikelompokkan menjadi perabotan, peralatan pendidikan dan alat percobaan.

13 3. Administrasi Laboratorium Laboratorium yang ideal harusnya memiliki catatan administrasi yang lengkap, fungsinya untuk megetahui segala jenis kegiatan yang memanfaatkan laboratorium dan yang berkaitan dengan semua alat-alat yang dimiliki laboratorium. Namun di laboratorium fisika SMA Taman Madya IP belum memiliki administrasi yang demikian. Hal ini dikarenakan belum maksimalnya pengelolaan laboratorium karena adanya faktor internal laboratorium yaitu belum ada laboran dan faktor eksternal laboratorium karena siswanya tidak begitu banyak.

14 4. Keselamatan Kerja Upaya yang dilakukan oleh laboratorium fisika SMA Taman Madya IP berkaitan dengan keselamatan kerja meliputi: a. Tata Tertib Laboratorium b. Panduan Percobaan Di laboratorium fisika SMA Taman Madya IP panduan praktikum berupa modul praktikum yang berisi dasar percobaan, tujuan, alat dan bahan yang digunakan, cara kerja, dan tabel hasil pengamatan

15 1. Perencanaan Kegiatan Laboratorium Perencanaan kegiatan laboratorium fisika SMA Taman Madya IP dilakukan setiap ajaran baru. Dalam kegiatan ini melibatkan seluruh guru dan karyawan yang memegang tanggung jawab dan tercantum dalam struktur organisasi laboratorium fisika. Perencanaan laboratorium ini bertujuan untuk menyusun dan menentukan program kerja laboratorium untuk satu tahun ke depan.

16 2. Pelaksanaan Kegiatan Laboratorium Kegiatan praktikum dilakukan dengan mengambil jam efektif kegiatan belajar mengajar sesuai dengan planning yang telah dibuat. Tujuannya adalah untuk memantapkan pemahaman siswa dalam menerima materi yang/akan diajarkan. Kegiatan yang lain adalah Ujian Praktik yang dilakukan oleh siswa kelas XII IPA yang dilaksanakan sebelum menghadapi Ujian Nasional.

17 3. Pemeliharaan dan Perawatan Alat-Alat Laboratorium Pemeliharaan dan perawatan alat-alat laboratorium biasanya dilakukan oleh petugas yang telah ditunjuk setiap awal tahun ajaran baru. Perawatan dan pemeliharaan ini dilakukan sekali dalam satu semester, yakni saat awal semester genap dan awal semester ganjil.

18 4. Persiapan Alat-Alat Laboratorium Kegiatan persiapan alat-alat yang akan digunakan untuk kegiatan praktikum dan demontrasi dilakukan oleh guru pembimbing fisika (karena belum ada laboran) yang dibantu oleh petugas menjelang dilakukannya praktikum. Kegiatan ini meliputi pemilihan alat yang akan diguakan praktikum, uji coba terhadap alat dan pengkalibrasian alat. Sehingga alat harus sudah siap ketika akan dilakukan praktikum.

19 5. Praktikum Praktikum fisika di laboratorium fisika SMA Taman Madya IP dilaksanakan bersamaan dengan proses pembelajaran. Praktikum dilakukan dengan mengambil jam pelajaran aktif. Materi yang diambil adalah disesuaikan dengan silabus yang ada. Praktikum bisa dilakukan setelah materi diajarkan dalam kelas atau bisa juga sebelum materi diajarkan.

20 6. Demonstrasi Demontrasi biasanya dilakukan oleh guru mata pelajaran ketika tidak memungkinkan dilakukan praktikum. Bisa jadi karena alatnya yang kurang mencukupi atau karena waktu yang tidak mencukupi. Teknik demontrasi ini biasanya dilakukan oleh guru di kelas, jadi guru akan membawa alat dari laboratorium dan dibawa ke kelas.

21

22

23


Download ppt "Laboratorium merupakan tempat untuk mengaplikasikan teori keilmuan, pengujian teoritis, pembuktian uji coba, penelitian dengan menggunakan alat bantu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google