Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHAN TAYANG LABORATORIUM DAN FUNGSINYA disampaikan pada Diklat Peningkatan Pengelolaan Laboratorium IPA oleh : Legiman Widyaiswara LPMP DIY KEMENTERIAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHAN TAYANG LABORATORIUM DAN FUNGSINYA disampaikan pada Diklat Peningkatan Pengelolaan Laboratorium IPA oleh : Legiman Widyaiswara LPMP DIY KEMENTERIAN."— Transcript presentasi:

1 BAHAN TAYANG LABORATORIUM DAN FUNGSINYA disampaikan pada Diklat Peningkatan Pengelolaan Laboratorium IPA oleh : Legiman Widyaiswara LPMP DIY KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL LPMP D.I. YOGYAKARTA 2013

2 AGENDA FUNGSI LABORATORIUM LABORATORIUM

3 Warm up Diskusikan dengan teman sebelah anda tentang: 1. Laboratorium. 2. Kondisi laboratorium di sekolah Saudara.

4 Laboratorium …? Laboratorium : suatu tempat berupa bangunan yang dilengkapi sejumlah peralatan untuk tempat kegiatan belajar siswa.

5 Laboratorium … (lanjutan) (a) tempat yang dilengkapi peralatan untuk melangsungkan eksperimen di dalam sains atau melakukan pengujian dan analisis, (b) bangunan atau ruang yang dilengkapi peralatan untuk melangsungkan penelitian ilmiah ataupun praktek pembelajaran bidang sains,

6 Laboratorium … (lanjutan) (c) tempat memproduksi bahan kimia atau obat, (d) tempat kerja untuk melangsungkan penelitian ilmiah, dst

7 Macam Laboratorium. Apa saja macam laboratorium …? Berdasar Tempat : Laboratorium di dalam ruangan. Laboratorium di luar ruangan (Lapangan).

8 macam laboratorium …..(lanjutan) Berdasar fungsinya: antara lain : –Laboratorium kesehatan –Laboratorium pendidikan –Laboratorium penelitian –Laboratorium militer –Laboratorium Multimedia

9 Tugas 1 Diskusikan dengan kelompok: Bagaimana fungsi dan peranan laboratorium dalam pendidikan dan pembelajaran? Presentasikan hasil kelompok Saudara!

10 FUNGSI LABORATORIUM Menurut Departemen Pendidikan Nasional : Fungsi dari pada ruangan Laboratorium Sains/PA adalah sebagai tempat pembelajaran, tempat peragaan dan tempat praktik Sains/ PA

11 Fungsi lab. Lanjutan… pembelajaran sains praktikum kerja lab eksperimen (Hodson)

12 Tempat melaksanakan percobaan (eksperimen) Percobaan : Rangkaian kegiatan (menyusun alat, mengoperasikan alat, mengukur, dsb.) dan pengamatan untuk memverifikasi dan menguji suatu hipotesis berdasarkan bukti-bukti empiris.

13 Jenis penelitian percobaan: Penelitian laboratorium. Penelitian lapangan.

14 kegiatan yang menggunakan fasilitas laboratorium, seperti melatih keterampilan menggunakan alat, melakukan percobaan, mendemonstrasikan percobaan, memelihara biakan, ekshibisi (pameran) awetan dan spesimen Kerja Laboratorium

15 Praktikum Praktikum dapat diartikan sebagai kegiatan belajar mengajar dengan cara tatap muka antara guru dan siswa, yang menekankan pada aspek psikomotori (ketrampilan), kognitif (pengetahuan) dan afektif (sikap) dengan menggunakan peralatan di laboratorium yang terjadwal.

16 Pelaksanaan Dikdaktik Pembelajaran Fungsi Laboratorium sebagai pelaksanaan dikdaktik pembelajaran: (1) memberikan peningkatan pengetahuan, (2) memberikan peningkatan keterampilan, dan (3) memberikan penumbuhan sikap positif.

17 TERIMA KASIH


Download ppt "BAHAN TAYANG LABORATORIUM DAN FUNGSINYA disampaikan pada Diklat Peningkatan Pengelolaan Laboratorium IPA oleh : Legiman Widyaiswara LPMP DIY KEMENTERIAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google