Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Assalamualaikum Wr.Wb “MENENTUKAN TINGGI RENDAHNYA BUNYI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GELAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Assalamualaikum Wr.Wb “MENENTUKAN TINGGI RENDAHNYA BUNYI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GELAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN”"— Transcript presentasi:

1 Assalamualaikum Wr.Wb “MENENTUKAN TINGGI RENDAHNYA BUNYI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GELAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN”

2 Kelompok 1  Nurngaeni Sulistiyowati  Taufik Sukma Widodo  Tria Duhita  Yulia Tri Astuti UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO PURWOKERTO 2011

3 RINGKASAN  metode pembelajaran yang akan diterapkan untuk mata pelajaran Fisika Sekolah Dasar, yaitu metode demonstrasi dan eksperimen. Pembelajaran ini dapat digunakan untuk membantu guru menerangkan tentang materi bunyi dan membantu pemahaman siswa dalam mempelajari meteri tersebut. Bahan- bahan yang digunakan dalam media ini juga menarik bagi siswa, sehingga siswa dapat diajak untuk ikut serta dalam melakukan percobaan bersama-sama.

4 Latar Belakang  Bagi siswa, konsep dan prinsip fisika menjadi sulit dipahami dan dicerna oleh kebanyakan mereka. Hal ini berdampak pada rendahnya minat siswa untuk belajar fisika  guru perlu menerapkan metode-metode pembelajaran yang dapat menghasilkan belajar yang efektif, yaitu menyenangkan dan bermakna, sehingga ketidaksukaan siswa pada mata pelajaran fisika dapat direduksi perlahan-lahan

5 Tujuan dan Manfaat  Tujuan pembuatan makalah ini adalah: 1. Mempelajari ketrampilan dan pengetahuan tentang materi-materi pelajaran secara spesifik 2. Untuk membantu memberi gambaran kepada pendidik atau guru mengenai media pembelajaran bunyi yang mudah dan murah. Selain itu, media ini diharapkan mampu membantu guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga mampu meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran yang diinginkan. 3. Mengembangkan kemampuan konseptual umum, mampu menerapkan konsep yang sama atau berkaitan dengan bidang lain

6 Manfaat pembuatan makalah ini adalah :  Dapat memberi satu tambahan pengalaman bagi pendidikan di Indonesia  Model-model pembelajaran dan metode- metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada peserta didik secara optimal sehingga seluruh potensi peserta didik dapat digali sehingga berguna dirinya, masyarakatnya dan bangsanya (memenuhi tujuan Pendidikan Nasional).

7 Gagasan  Pengertian metode demostrasi Metode Demonstrasi ialah metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya atau bekerjanya suatu proses atau langkah-langkah kerja dari suatu alat atau instrumen tertentu kepada siswa.

8 Pengertian Metode Eksperimen  Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran, di mana siswa melakukan percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, keadaan atau proses sesuatu. Dengan demikian, siswa dituntut untuk mengalami sendiri, mencari kebenaran, atau mencoba mencari suatu hukum atau dalil, dan menarik kesimpulan dari proses yang dialaminya itu.

9 Penerapan metode Demonstrasi dan Eksperimen dalam Pembelajaran Di Kelas  Model pembelajaran demonstrasi dan eksperimen ini telah diterapkan untuk mata pelajaran Fisika Sekolah Dasar. Metode ini diterapkan pada materi pelajaran Bunyi.

10 Alat dan Bahan percobaan  air  gelas-gelas anggur (6 buah gelas anggur)  gelas biasa (6 buah) 3 buah untuk gelas biasa bervolume sedang  dan 3 buah gelas biasa bervolume lebar  Stik pemukul

11 Langkah-langkah demonstrasi dan eksperimen yang dilakukan adalah : 1. Gelas anggur diisi oleh air kira-kira setengahnya. 2. Bibir gelas anggur kemudian dipukul dengan stik di depan kelas, sehingga terdengar bunyi yang nyaring (guru melakukan demonstrasi). Bunyi yang dihasilkan cukup nyaring sehingga dapat didengar oleh murid yang duduk di belakang kelas

12  3.Hal yang sama dilakukan pada gelas biasa, tetapi suara yang nyaring tersebut tidak terdengar (kurang nyaring)  4.Tanpa memberikan penjelasan apapaun, guru membagikan beberapa gelas anggur kepada siswa yang telah membentuk kelompok-kelompok (1 kelompok sekitar 6 orang) lalu menantang siswa agar dapat membunyikan gelas anggur tersebut seperti demonstrasi guru di depan kelas (murid mengulangi demonstrasi guru).

13  5.Setelah gelas berhasil dibunyikan oleh siswa (berarti siswa telah menguasai teknik membunyikan gelas anggur), maka siswa diajak untuk bereksperimen dengan cara : -Dibagikan gelas biasa untuk dicoba dibunyikan (yang sebenarnya tidak akan berbunyi nyaring). -Siswa mencoba untuk mengurangi atau menambah air pada gelas atau bahkan mengosongkan gelas lalu mencoba membedakan bunyi suara yang dihasilkan -Siswa mencoba menduga apa yang terjadi jika diberikan gelas anggur dan gelas biasa.  6.Kemudian siswa diberikan pertanyaan untuk didiskusikan bersama kelompoknya

14 Pertanyaan a. Mengapa gelas anggur bisa berbunyi dengan nyaring? Mekanisme apa yang menjadi pemicu bunyi gelas tersebut? b. Mengapa pada gelas biasa tidak terjadi bunyi nyaring? c. Jika air pada gelas ditambah atau dikurangi, bagaimana dengan bunyi yang terdengar, apakah ada perubahannya? Kalau ada perubahannya, bagaimana perubahan bunyi tersebut? d. Bagaiman bunyi yang ditimbulkan oleh gelas yang biasa yang berukuran volume sedang dengan gelas bervolume lebar ?Berikan alasannya ?

15 Keuntungan yang diamati dari penerapan metode demonstrasi dan eksperimen :  1. Antusiasme siswa terlihat dengan jelas pada metode ini (dari awal hingga akhir pelajaran) meskipun pada pelajaran yang dianggap sulit seperti fisika.  2. Yang kurang dalam nilai fisika bisa ‘mengalahkan’ yang nilai fisikanya lebih baik sehingga timbul rasa percaya diri yang lebih besar dalam pelajaran fisika pada siswa tersebut.  3. Metode ini dapat merangsang rasa ingin tahu siswa karena melalui alat yang sederhana dan mudah diperoleh, tetapi dapat memberikan hasil yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

16 Kesimpulan  Pembelajaran ini mudah di dapat dan harga alat dan bahan yang digunakan murah sehingga terjangkau oleh siswa  Pelajaran ini bisa memberi nilai untuk ranah psikomotor (kemampuan membunyikan gelas), ranah afektif (sikap siswa selama diskusi berlangsung) dan ranah kognitif (jawaban-jawaban siswa yang diberikan selama diskusi berlangsung)

17 Terima Kasih dan Wassalamualaikum Wr.Wb


Download ppt "Assalamualaikum Wr.Wb “MENENTUKAN TINGGI RENDAHNYA BUNYI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GELAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google