Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TURBIN GAS Ahmad Adib Rosyadi, S.T., M.T.. TURBIN GAS adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin dengan pembakaran internal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TURBIN GAS Ahmad Adib Rosyadi, S.T., M.T.. TURBIN GAS adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin dengan pembakaran internal."— Transcript presentasi:

1 TURBIN GAS Ahmad Adib Rosyadi, S.T., M.T.

2 TURBIN GAS adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin dengan pembakaran internal. Sistem turbin gas yang paling sederhana terdiri dari tiga komponen yaitu kompresor, ruang bakar dan turbin gas.

3 Susunan Turbin Gas Sederhana

4 Secara umum proses yang terjadi pada suatu sistem turbin gas adalah sebagai berikut: Pemampatan (compression) udara di hisap dan dimampatkan Pembakaran (combustion) bahan bakar dicampurkan ke dalam ruang bakar dengan udara kemudian di bakar. Pemuaian (expansion) gas hasil pembakaran memuai dan mengalir ke luar melalui nozel (nozzle). Pembuangan gas (exhaust) gas hasil pembakaran dikeluarkan lewat saluran pembuangan.

5 Siklus ideal dari sistem turbin gas sederhana adalah siklus Brayton. Siklus Brayton terdiri dari proses: 1-2 : Proses kompresi isentropik dalam kompresor 2-3 : Proses pemasukan kalor pada tekanan P konstan 3-4 : Proses ekspansi isentropik dalam turbin 4-1 : Proses pembuangan kalor tekanan konstan dalam alat pemindah kalor (pendingin)

6

7

8 Aplikasi turbin Gas Penggerak Pesawat Terbang Kapal Laut

9 Kendaraan Darat

10 Keunggulan PLTG dibanding pembangkit lain:PLTG Pemasangan lebih cepat. Biaya modal lebih kecil. Ruang yang diperlukan relatif kecil dehingga PLTG dapat dipasang di pusat kota/industri. PLTG Tingkat pemanasan dari dingin sampai beban penuh sangat singkat. Peralatan kontrol dan alat bantu sangat minim dan sederhana.

11 Kerugian pada Turbin Gas Kerugian antara lain: Adanya gesekan fluida yang menyebabkan terjadinya kerugian tekanan (pressure losses) di ruang bakar. Adanya kerja yang berlebih waktu proses kompresi yang menyebabkan terjadinya gesekan antara bantalan turbin dengan angin. Berubahnya nilai Cp dari fluida kerja akibat terjadinya perubahan temperatur dan perubahan komposisi kimia dari fluida kerja. Adanya mechanical loss, dsb.

12 Jenis-jenis Turbin Gas Menurut siklusnya turbin gas terdiri dari: Turbin gas siklus tertutup (Close cycle) Turbin gas siklus terbuka (Open cycle) Dalam industri turbin gas umumnya diklasifikasikan dalam dua jenis yaitu : Turbin Gas Poros Tunggal (Single Shaft) Turbin jenis ini digunakan untuk menggerakkan generator listrik yang menghasilkan energi listrik untuk keperluan proses di industri. Turbin Gas Poros Ganda (Double Shaft) Turbin jenis ini merupakan turbin gas yang terdiri dari turbin bertekanan tinggi dan turbin bertekanan rendah, dimana turbin gas ini digunakan untuk menggerakkan beban yang berubah seperti kompresor pada unit proses.

13 Contoh Soal

14

15

16

17


Download ppt "TURBIN GAS Ahmad Adib Rosyadi, S.T., M.T.. TURBIN GAS adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin dengan pembakaran internal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google