Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mass Higher Education in Twentieth Century as a major formation factor a mindset : Education as Personal Investment Education as Social Investment Prensented.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mass Higher Education in Twentieth Century as a major formation factor a mindset : Education as Personal Investment Education as Social Investment Prensented."— Transcript presentasi:

1 Mass Higher Education in Twentieth Century as a major formation factor a mindset : Education as Personal Investment Education as Social Investment Prensented by 1Ariani Selviana Pardosi ( ) 2Wastati br Lumban Gaol

2 Rumusan Masalah Bagaimanakah karakteristik pendidikan di abad 21? Bagaimanakah karakteristik pendidikan di abad 21? Mengapa abad 21 itu memengaruhi paradigma masyarakat terhadap dunia pendidikan? Mengapa abad 21 itu memengaruhi paradigma masyarakat terhadap dunia pendidikan? Apa yang dimaksud dengan pendidikan sebagai investasi individual? Apa yang dimaksud dengan pendidikan sebagai investasi individual? Apa yang dimaksud dengan pendidikan sebagai investasi sosial? Apa yang dimaksud dengan pendidikan sebagai investasi sosial?

3

4 Paradigma Pendidikan Abad 21 Perhatian yang semakin besar terhadap masalah lingkungan hidup Perhatian yang semakin besar terhadap masalah lingkungan hidup Dunia kehidupan akan semakin dihubungkan oleh teknologi informasi Dunia kehidupan akan semakin dihubungkan oleh teknologi informasi Ilmu pengetahuan akan semakin converging Ilmu pengetahuan akan semakin converging Kebangkitan pusat ekonomi Kebangkitan pusat ekonomi

5 Perubahan dari ekonomi berbasis sumber daya alam serta manusia ke arah ekonomi berbasis pengetahuan, Perubahan dari ekonomi berbasis sumber daya alam serta manusia ke arah ekonomi berbasis pengetahuan, Perhatian yang semakin besar pada industri kreatif dan industri budaya Perhatian yang semakin besar pada industri kreatif dan industri budaya Budaya dan teknosains akan saling mengimbas Perubahan paradigma Universitas, dari “Menara Gading” ke “Mesin Penggerak Ekonomi”. Budaya dan teknosains akan saling mengimbas Perubahan paradigma Universitas, dari “Menara Gading” ke “Mesin Penggerak Ekonomi”.

6 Paradigma Perubahan Abad 21

7 Paradigma Keilmuan Baru di Abad 21 Nanosains dan Teknologi nano. Nanosains dan Teknologi nano. Neurosains kognitif Neurosains kognitif Teknologi pencitraan Teknologi pencitraan Hologram/Holografi. Hologram/Holografi. Teknologi Informasi. Teknologi Informasi.

8 People think education as…  Personal Investment  Social Investment  Personal Investment  Social Investment FUTURE

9 Prilaku Ekonomi Keinginan manusia dalam menciptakan kemakmuran Ketidakseimbangan antara ketersediaan yang terbatas dengan keinginan yang tak terbatas

10 INVESTASI  Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan;  Jumlah uang atau modal yang ditanam.

11 MODAL Uang yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya. Barang yang dipergunakan sebagai dasar atau bekal untuk bekerja

12 NILAI EKONOMI PENDIDIKAN MENURUT ELCHANAN COHN Pendekatan HUMAN CAPITAL hubungan linier antara invesment of education dengan higher productivity dan higher earning. Pendekatan HUMAN CAPITAL hubungan linier antara invesment of education dengan higher productivity dan higher earning. Pendekatan radikal yang menyatakan bahwa pendidikan yang lebih baik diperuntukkan bagi tingkatan ekonomi tinggi. Tingkatan pendidikan sebagai penentu masa depan manusia Pendekatan radikal yang menyatakan bahwa pendidikan yang lebih baik diperuntukkan bagi tingkatan ekonomi tinggi. Tingkatan pendidikan sebagai penentu masa depan manusia Berdasarkan taxonomy of education benefit diperlihatkan bahwa peningkatan kapasitas penghasilan manusia terdidik berhubungan nyata dengan tingkat pendidikan. Berdasarkan taxonomy of education benefit diperlihatkan bahwa peningkatan kapasitas penghasilan manusia terdidik berhubungan nyata dengan tingkat pendidikan.

13 Indikator keberhasilan Pendidikan Dapat tidaknya seorang lulusan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, Dapat tidaknya memperoleh pekerjaan, Besarnya penghasilan (gaji) yang diterima, Sikap prilaku dalam konteks sosial, budaya, dan politik.

14 Education Is Social Investment Lawrence Summers, Menteri Keuangan Amerika Sarikat pada awal Juli 2000 mengemukakan pendapatnya dalam salah satu media massa bahwa salah satu dari lima penyebab kegagalan negara berkembang ialah karena kurang perhatiannya pada investasi di bidang pendidikan (Kompas, 2000:14). Lawrence Summers, Menteri Keuangan Amerika Sarikat pada awal Juli 2000 mengemukakan pendapatnya dalam salah satu media massa bahwa salah satu dari lima penyebab kegagalan negara berkembang ialah karena kurang perhatiannya pada investasi di bidang pendidikan (Kompas, 2000:14).

15

16 knowledge-based economy Kemajuan ekonomi dalam banyak hal bertumpu pada basis dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi ( penelitian dan pengembangan) Hubungan kausalitas antara pendidikan dan kemajuan ekonomi menjadi kian kuat dan solid Pendidikan menjadi penggerak utama dinamika perkembangan ekonomi ( future high rate of return)

17 5 FUNGSI PENDIDIKAN Fungsi sosial kemanusiaan Fungsi sosial kemanusiaan Fungsi teknis ekonomi Fungsi teknis ekonomi Fungsi politis Fungsi politis Fungsi kebudayaan Fungsi kebudayaan Fungsi kependidikan Fungsi kependidikan

18


Download ppt "Mass Higher Education in Twentieth Century as a major formation factor a mindset : Education as Personal Investment Education as Social Investment Prensented."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google