Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TRANSPORTASI By : Tia Nurjanah. TRANSPORTASI Transportasi adalah pemindahan manusia, hewan, atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TRANSPORTASI By : Tia Nurjanah. TRANSPORTASI Transportasi adalah pemindahan manusia, hewan, atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan."— Transcript presentasi:

1 TRANSPORTASI By : Tia Nurjanah

2 TRANSPORTASI Transportasi adalah pemindahan manusia, hewan, atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan olehmanusia atau mesin.

3 TRANSPORTASI DARAT Taksi Taksi berargo biasanya terdapat di Jakarta. Di Jakarta, tarif awal biasanya adalah Rp5.000,00 dan akan terus bertambah per kilometer. Taksi seperti ini biasanya banyak digunakan juga di kota lainnya dan semua dilengkapi dengan argo meter/alat pengukur tarif. Bajaj Bajaj dan Jakarta sudah bagaikan dua hal yang identik, tak ada kota lain yang memiliki angkutan kota unik macam ini di Indonesia. Tawar-menawar adalah kebutuhan dan sebuah harga menjadi persetujuan sebelum menggunakan jasa angkutan ini.

4 Mikrolet dan Bemo Ini adalah bus kecil, yang mana dapat mengangkut 10 penumpang dan melintasi jalur yang pasti. Kendaraan ini memiliki sebutan nama yang berbeda di lain kota, seperti angkutan di Jawa Tengah, Bemo di Bali. (Bemo di Jakarta adalah kendaraan yang lebih kecil mengangkut 6 penumpang).

5 Sepeda Seperti sepeda motor, sepeda bertenaga manusia biasanya tersedia untuk disewa. Kamu tidak membutuhkan surat izin untuk mengendarai sepeda. Selain itu, bersepeda juga bisa menyehatkan dan ramah lingkungan karena sama sekali tidak menghasilkan polusi.

6 Kereta Api Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya).

7 TRANSPORTASI UDARA 1. Kapal Penumpang Jenis kapal yang satu ini sangat akrab dengan kehidupan kita. Fungsinya diperuntukkan bagi penumpang yang hendak bepergian lintas benua. Kapasitasnya bisa mencapai ribuan orang, dengan fasilitas lengkap dan arsitektur mewah. Kapal penumpang mewah yang terkenal adalah Titanic, Queen Mary, dan Queen Elizabeth II.

8 2. Kapal Barang Kapal jenis ini juga merupakan kapal yang sibuk melintasi lautan membawa muatan barang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain. Kapal barang menjadi urat nadi aktivitas perdagangan dunia, karena berperan penting dalam aktivitas ekspor impor. Selain ukurannya besar dan mampu membawa banyak muatan, kapal ini juga mampu berlayar sangat jauh.

9 3. Kapal Tanker Dengan ukurannya yang besar, kapal ini digunakan untuk mengangkut minyak, dikendalikan dengan komputer dan sistem navigasi yang canggih melalui satelit. Tanker yang berukuran raksasa disebut supertanker. Panjang supertanker bisa mencapai 378 meter dengan lebar 50 meter dan berat kosong ton. Ukurannya yang jumbo mampu mengangkut minyak mentah hampir satu juta barrel. Ckckck...

10 4. Kapal Feri Fungsinya adalah sebagai alat penyeberangan untuk melintasi selat atau laut diantara dua pulau. Meski ukurannya tidak sebesar kapal penumpang, kapal feri mampu mengangkut banyak penumpang sekaligus kendaraan-kendaraan seperti mobil, bus, dan truk. Untuk transportasi laut antar pulau, kapal inilah yang diandalkan. Di Indonesia, feri mengalami waktu sibuk setiap libur lebaran, malayani ribuan pemudik yang ingin pulang kampung keluar pulau.

11 5. Kapal Selam (Submarine) Jenis kapal yang satu ini unik, karena bergerak dengan tidak terapung di permukaan laut, melainkan menyelam ke dalam laut. Kini hampir semua kapl selam digunakan untuk tujuan militer dan penelitian bawah laut, namun ada juga yang dibuat khusus untuk perjalanan wisata. Cara kerja submarine adalah menggunakan prinsip archimedes, dimana terdapat ruang-ruang yang berfungsi sebagai pemberat. Jika ingin menyelam, maka ruang pemberat akan diisi air sehingga kapal akan tenggelam. Sebaliknya, jika ingin naik ke permukaan, ruang pemberat diisi udara dan air dikeluarkan.

12 TRANSPORTASI UDARA Pesawat terbang Pesawat Terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap atau disebut juga sebagai fixed wing, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri.

13 Helikopter adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap putar atau yang disebut juga sebagai Rotary wing yang rotornya digerakkan oleh mesin. Kata helikopter [2] berasal dari bahasa Yunani helix (spiral) dan pteron (sayap). Sesuai dengan namanya, Helikopter merupakan pesawat sayap-berputar yang dapat bergerak naik turun secara vertikal dan bermanuver di udara memanfaatkan tenaga yang dihasilkan dari oleh satu atau lebih rotor (propeller) horizontal besar. [2]

14 Balon udara Balon udara panas sedang dikembangkan dengan pembakar sebelum diluncurkan Balon udara panas adalah teknologi penerbangan pertama oleh manusia

15 Roket Roket merupakan wahana luar angkasa, peluru kendali, atau kendaraan terbang yang mendapatkan dorongan melalui reaksi roket terhadap keluarnya secara cepat bahan fluida dari keluaran mesin roket.

16 THANKS


Download ppt "TRANSPORTASI By : Tia Nurjanah. TRANSPORTASI Transportasi adalah pemindahan manusia, hewan, atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google