Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IT132 Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..  SKS: 3 SKS  Dosen: Ramos Somya   Blog:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IT132 Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..  SKS: 3 SKS  Dosen: Ramos Somya   Blog:"— Transcript presentasi:

1 IT132 Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.

2  SKS: 3 SKS  Dosen: Ramos Somya   Blog:  Jadwal Kuliah DDP:  DDP C: Rabu, 9-11 (G106)  DDP E: Rabu, (G106)

3  Menekankan pada logika berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan efektif dan efisien.  Tidak ditekankan dalam pembuatan program dengan algoritma yang rumit.

4  Distribusi Nilai: Tugas: 20% TTS: 25% TAS: 25% Praktikum: 30% Total: 100% Nilai AngkaNilai Huruf >= 80 A >= 75 AB >= 65 B >= 50 BC >= 45 C >= 40 CD >= 35 D < 35 E

5 Tidak masuk lebih dari >3 kali, nilai = E. Tugas yang sama /copy paste,nilai = 0. Berpakaian rapi dan sopan (TIDAK MEMAKAI CELANA PENDEK dan SANDAL JEPIT). Tidak ada TTS/TAS susulan kecuali ada alasan yang sah dan harus konfirmasi maksimal 3 hari setelah TTS/TAS. Tidak ada tugas tambahan untuk menaikkan nilai.

6  Pengantar Pemrograman  Sequence  Indentifier, Variabel, Konstanta dan Tipe data  Choice  Repetition  Procedure dan Function  Rekursif

7 Pertemuan ke-Materi 1Silabus & Pengantar Pemrograman (Sistem Komputer, Program /Aplikasi, bahasa pemrograman, compiler) 2Sequence 3Indentifier, Variable, Operator dan Tipe Data 4Procedure dan Function 5Choice 1 6Choice 2 7TTS 8Repetition 1 9Repetition 2 10Rekursi 11TAS

8

9 Sistem Komputer

10  Sebuah sistem komputer terdiri dari Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak) dan Brainware.

11  Komputer: Dari asal kata “Compute”: menghitung.  mesin yang dapat melalukan proses komputasi / menghitung. Mesin yang digunakan untuk melakukan tindakan sesuai apa yang diperintahkan.

12  Software (perangkat lunak atau program komputer) merupakan suatu aplikasi yang di dalamnya terdiri dari kumpulan instruksi yang memberitahukan pada komputer apa yang harus dilakukan.  Software terdiri dari kumpulan instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program).

13  Contoh Program Komputer: Notepad: menulis note, menyimpan note, dsb. SIASAT: registrasi matakuliah, lihat nilai, dsb. Facebook: update status, upload foto, dsb.

14  Merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program / menulis instruksi yang dimengerti oleh komputer.  Bahasa pemrograman  program komputer.  Contoh: Pascal, C, C++, C#, Basic, Perl, PHP, ASP, JSP, Java, dll.  Perbedaan: cara memberikan instruksi  Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama

15  Jenis bahasa pemrograman: o Bahasa Mesin: tersusun dari kode biner (1 dan 0) o Low Level: misal bahasa rakitan/Assembly. contoh sintaks: ADD, MOV o High Level: misal: Pascal, C/C++, Java, Basic, dsb. contoh sintaks: writeln(‘saya’);  dalam Pascal printf(“saya”);  dalam C.

16 Bahasa Mesin Low Level High Level

17  Pemrograman Prosedural  Pemrograman Fungsional  Pemrograman Terstruktur  Pemrograman Berorientasi Obyek  Pemrograman Berorientasi Aspek

18  Supaya perintah dalam bahasa pemrograman yang digunakan (Assembly maupun bahasa tingkat tinggi) dapat dipahami oleh komputer dan dapat dijalankan oleh microprosessor, maka perintah-perintah tersebut harus diterjemahkan terlebih dahulu ke bahasa mesin  proses kompilasi (compiling).  Program atau software yang digunakan untuk proses kompilasi disebut compiler.  Untuk bahasa pemrograman Pascal, compiler yang bisa digunakan adalah Turbo Pascal dan Free Pascal.

19  Bentuk dasar dari penulisan program Pascal: uses crt; begin (* tulis perintah di bagian ini *) end.  uses crt; memberitahukan pada pascal bahwa program ini akan menggunakan monitor sebagai media output.  begin merupakan kata kunci (keyword) yang menandakan awal dari program tersebut.  end. Merupakan kata kunci yang menandakan akhir dari program.  Perintah-perintah dapat dituliskan di antara begin dan end.

20  Masing-masing instruksi diakhiri titik koma (;) yang mana tanda ini sebenarnya diperlukan untuk memisahkan 2 buah instruksi.  Pascal bersifat incasesensitive, artinya huruf besar dan kecil dianggap sama.  Contoh : BEGIN dengan begin dianggap sama.  Komentar: tulisan pada kode program yang tidak dieksekusi oleh compiler. { instruksi }  tidak akan dieksekusi atau (* instruksi *)  tidak akan dieksekusi

21  Print* : write(’*’)  Printspace : write(’ ’)  NL : writeln

22  Membuat pola *** dengan Pascal: uses crt; begin clrscr; write('*');write('*');write('*'); readkey; end.

23  Materi bisa diunduh di: ramos wordpress.com

24


Download ppt "IT132 Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..  SKS: 3 SKS  Dosen: Ramos Somya   Blog:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google