Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLIGOPOLI. Pasar Oligopoli  Merupakan salah satu bentuk monopoli tetapi berbeda sifat dimana dalam oligopoli, kolusi terjadi antara pengusaha satu dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLIGOPOLI. Pasar Oligopoli  Merupakan salah satu bentuk monopoli tetapi berbeda sifat dimana dalam oligopoli, kolusi terjadi antara pengusaha satu dengan."— Transcript presentasi:

1 OLIGOPOLI

2 Pasar Oligopoli  Merupakan salah satu bentuk monopoli tetapi berbeda sifat dimana dalam oligopoli, kolusi terjadi antara pengusaha satu dengan pengusaha lain.  Pasar hanya dikuasai oleh beberapa kelompok pengusaha ada kesepakatan antar pengusaha untuk mengalahkan atau mendikte pasar (konsumen). Ex : Melakukan permainan harga.

3  Price- fixing, bentuk praktek oligopoli dimana perusahaan oligopolitis sepakat untuk menetapkan harga lebih tinggi dan memaksa konsumen untuk menerima harga tersebut.  Manipulasi penawaran, bentuk praktek oligopoli dimana perusahaan2 oligopolitis sepakat untuk menunda proses produksi atau menghentikan penawaran untuk kurun waktu tertentu sehingga terjadi kelangkaan barang di pasar.

4 Ciri-ciri Pasar Oligopoli 1. Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak 2. Kekuasaan dalam menentukan harga adakalanya lemah dan adakalanya kuat 3. Pada umumnya perusahaan oligopoli perlu melakukan promosi dengan iklan

5 D1D1 QMR 1 P MC K

6 Bentuk-bentuk Hambatan Memasuki Pasar Oligopoli 1. Skala Ekonomi 2. Perbedaan biaya produksi  Tata kelola yang lebih baik  Pengalaman pegawai lebih baik  Perusahaan lama sudah dikenal oleh suplier) 3. Keistimewaan hasil produksi (Loyalitas konsumen)

7 Penilaian Terhadap Pasar Oligopoli 1. Efisiensi Dalam Menggunakan Sumber daya (MC = MR = P)--- harga sama dgn AC paling rendah. 2. Perkembangan Teknologi dan Inovasi (Ada keuntungan yang lebih besar & Persaingan harga) 3. Tingkat keuntungan yang diperoleh

8 Soal Sebuah perusahaan Oligopolis menghadapi dua permintaan: Q 1 = 200 – 10 P adalah permintaan jika pesaing tidak bereaksi terhadap keputusan perusahaan. Q 2 = 100 – 4 P adalah permintaan jika pesaing bereaksi terhadap keputusan perusahaan. 1. Pada harga jual berapa pesaing akan bereaksi 2. Hitung interval harga jual yang menyebabkan perusahaan tidak akan mengubah outputnya.

9 PERSAINGAN MONOPOLISTIK

10 Pasar Persaingan Monopolistik  Pasar persaingan monopolistis pada dasarnya merupakan pasar yang berada diantara pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli. Pasar persaingan monopolistis merupakan pasar yang terdiri dari beberapa penjual dan produk yang ditawarkan adalah bercorak ragam.  Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut :

11  Terdapat banyak penjual  Barangnya bersifat berbeda corak.  Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga.  Keluar masuk ke dalam industri relatif mudah.  Kegiatan promosi sangat diperlukan.

12 Kurva Permintaan Perusahaan Dalam Pasar Persaingan Monopolistik P 0 Q D (Persaingan Sempurna) D (Persaingan Monopolistik) D (Monopoli)

13 Produsen dalam pasar persaingan monopolistik menghasilkan dua produk yang berbeda. Permintaan pasar yang dihadapi pasar pertama P 1 = 20 – 2Q 1 dan pasar kedua P 2 = 15 – Q 2. Sementara biaya total TC = 10 – 5 Q + 4 Q². a. Kalau produsen berusaha untuk mendapatkan keuntungan maksimum, berapa P dan Q untuk masing-masing barang yang dihasilkan. b. Berapa keuntungan maksimum tersebut dan pasar mana yang lebih menguntungkan.

14 Robinhot Gultom, SE, M.Si 14 Pulang lah Pak


Download ppt "OLIGOPOLI. Pasar Oligopoli  Merupakan salah satu bentuk monopoli tetapi berbeda sifat dimana dalam oligopoli, kolusi terjadi antara pengusaha satu dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google