Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRUKTUR PASAR PENENTUAN KESEIMBANGAN PERFECT COMPETITION MARKET IN-PERFECT COMPETITION MARKET (MONOPOLI) PREPARED BY : H. MUSTIKA LUKMAN ARIEF, SE.,MBA.,MM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRUKTUR PASAR PENENTUAN KESEIMBANGAN PERFECT COMPETITION MARKET IN-PERFECT COMPETITION MARKET (MONOPOLI) PREPARED BY : H. MUSTIKA LUKMAN ARIEF, SE.,MBA.,MM."— Transcript presentasi:

1 STRUKTUR PASAR PENENTUAN KESEIMBANGAN PERFECT COMPETITION MARKET IN-PERFECT COMPETITION MARKET (MONOPOLI) PREPARED BY : H. MUSTIKA LUKMAN ARIEF, SE.,MBA.,MM.

2 PERFECT COMPETITION MARKET Adalah struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual ataupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar

3 Ciri-Ciri Perfect Competition Perusahaan adalah pengambil harga Setiap perusahaan mudah keluar dan masuk Menghasilkan barang serupa Terdapat banyak perusahaan di Pasar Pembeli mempunyai Pengetahuan Sempurna mengenai pasar

4 PERMINTAAN & HASIL PENJUALAN Ciri utama dan Sifat Utama adalah setiap perusahaan adalah pengambil harga. Sehingga interaksi seluruh kegiatan produsen dan pembeli ditentukan oleh pasar. Tidak dapat mengubah harga karena jumlah yang diproduksikan hanya sebagian kecil dari jumlah yang diperjualbelikan dipasar.

5 HASIL PENJUALAN TOTAL – AVERAGE & MARGINAL HASIL PENJUALAN TOTAL adalah seluruh jumlah pendapatan yang diterima perusahaan dari menjual barang yang diproduksikan. ( TR = Total Revenue ) HASIL PENJUALAN AVERAGE adalah Total Revenue perusahaan dibagi dengan JUMLAH UNIT barang yang diperjualbelikan. ( AR = Average Revenue) HASIL PENJUALAN MARGINAL adalah TAMBAHAN TR yang diperoleh perusahaan dari menjual SATU unit lagi barang yang diperjualbelikan ( MR = Marginal Revenue )

6 AR = MR TR 0 Q P KURVA TR – AR & MR

7 KONDISI PASAR PENDEKATAN TOTAL –MENENTUKAN MAXIMUM PROFIT –MENENTUKAN MINIMUM LOSS –MENENTUKAN BEP ( BREAK EVENT POINT ) PENDEKATAN MARGINAL –MENENTUKAN MAXIMUM PROFIT –MENENTUKAN MINIMUM LOSS –MENENTUKAN BEP ( BREAK EVENT POINT )

8 TR TC 0 Q Cost BEP MAXIMUM PROFIT LOSS PROFIT PENDEKATAN TOTAL R C Q a

9 0Q Cost MR MC AC R C MAXIMUM PROFIT Qa PENDEKATAN MARGINAL MAX PROFIT

10 0Q Cost MR MC AC R MINIMUM LOSS Qa PENDEKATAN MARGINAL MINIMUM LOSS C

11 0Q Cost MR MC AC R = C Qa PENDEKATAN MARGINAL BREAK EVEN POINT BEP

12 I N-PERFECT COMPETITION MARKET [ MONOPOLI ] Adalah salah satu bentuk pasar dengan hanya terdapat SATU perusahaan saja dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.

13 BENTUK IN-PERFECT COMPETITION MONOPOLI = 1 PENJUAL, BANYAK PEMBELI OLIGOPOLI = BANYAK PENJUAL, 1 PEMBELI MONOPSONY = 1 PEMBELI, BANYAK PENJUAL OLIGOPSONY = BANYAK PEMBELI, 1 PENJUAL

14 . Biasanya keuntungan yang dinikmati oleh Monopoli adalah keuntungan melebihi normal dan ini diperoleh karena terdapat hambatan yang sangat tangguh yang dihadapi oleh perusahaan – perusahaan lain untuk memasuki industri tersebut.

15 CIRI-CIRI MONOPOLI Pasar monopoli adalah industri SATU perusahaan Tidak mempunyai barang pengganti yang mirip Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk kedalam industri Dapat mempengaruhi penentuan harga Promosi iklan kurang diperlukan

16 FAKTOR YANG MENIMBULKAN MONOPOLI : Perusahaan monopoli MEMPUNYAI SATU SUMBER DAYA TERTENTU YANG UNIK Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati SKALA EKONOMIS HINGGA KETINGKAT PRODUKSI YANG SANGAT TINGGI

17 . MONOPOLI TERWUJUD & BERKEMBANG MELALUI UNDANG-UNDANG ; yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan terdekat.

18 HASIL PENJUALAN TOTAL – AVERAGE & MARGINAL HASIL PENJUALAN TOTAL adalah seluruh jumlah pendapatan yang diterima perusahaan dari menjual barang yang diproduksikan. ( TR = Total Revenue ) HASIL PENJUALAN AVERAGE adalah Total Revenue perusahaan dibagi dengan JUMLAH UNIT barang yang diperjualbelikan. ( AR = Average Revenue) HASIL PENJUALAN MARGINAL adalah TAMBAHAN TR yang diperoleh perusahaan dari menjual SATU unit lagi barang yang diperjualbelikan ( MR = Marginal Revenue )

19 TR 0 P KURVA TR – AR & MR MR AR Q

20 PRODUKSI – HARGA & PENJUALAN Monopoli hanya ada satu perusahaan dalam pasar. Maka permintaan dalam industri adalah juga permintaan keatas produksi perusahaan Monopoli tersebut.

21 . Sifat dan Hukum Permintaan pada Monopoli tetap sama. Berarti pada perusahaan Monopoli akan dapat memperoleh harga penjualan yang tinggi apabila produksinya sedikit dan harga penjualannya semakin rendah apabila produksinya semakin banyak

22 KONDISI PASAR PENDEKATAN TOTAL –MENENTUKAN MAXIMUM PROFIT –MENENTUKAN MINIMUM LOSS –MENENTUKAN BEP ( BREAK EVENT POINT ) PENDEKATAN MARGINAL –MENENTUKAN MAXIMUM PROFIT –MENENTUKAN MINIMUM LOSS –MENENTUKAN BEP ( BREAK EVENT POINT )

23 0 Q Cost PENDEKATAN TOTAL R C TC TR Qa MAXIMUM PROFIT BEP LOSS

24 MR AR AC MC 0Q COST MAX PROFIT R C PENDEKATAN MARGINAL MAXIMUM PROFIT

25 MR AR AC MC 0Q COST PENDEKATAN MARGINAL MINIMUM LOSS C R Q a MINIMUM LOSS

26 MR AR AC MC 0Q COST PENDEKATAN MARGINAL BREAK EVEN POINT R & C Q a

27 DISKRIMINASI HARGA Terbuka kemungkinan pada perusahaan Monopoli untuk menjual barangnya di DUA PASAR ( dalam negeri & luar negeri ) yang sangat berbeda sifatnya, sehingga PERMINTAAN nya juga berbeda. Untuk memaksimumkan keuntungannya, maka perusahaan Monopoli dapat menjalankan kebijakan DISKRIMINASI HARGA

28 . Persoalan intinya : “Berapa harga yang akan ditetapkan di tiap-tiap pasar supaya keuntungannya dapat dimaksimumkan ?.”

29 Kurva Kebijakan Diskriminasi Harga Pasaran didalam negeri Pasaran diluar negeri Biaya Produksi

30 PENGANTAR EKONOMI KELAS KHUSUS KULIAH SETELAH LEBARAN : TANGGAL 8,9,10,11,13,14,15 Oktober 2008 (setiap hari) Jam – wib Hari tenang tanggal 16 oktober 2008 Ujian akhir semester tanggal 17 oktober 2008


Download ppt "STRUKTUR PASAR PENENTUAN KESEIMBANGAN PERFECT COMPETITION MARKET IN-PERFECT COMPETITION MARKET (MONOPOLI) PREPARED BY : H. MUSTIKA LUKMAN ARIEF, SE.,MBA.,MM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google