Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manajemen Pemasaran “Pasar dan Bentuk-Bentuk Pasar” Prodi Manajemen STIE-Mikroskil Oleh : Hanny Siagian, SE, M.Si 6.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manajemen Pemasaran “Pasar dan Bentuk-Bentuk Pasar” Prodi Manajemen STIE-Mikroskil Oleh : Hanny Siagian, SE, M.Si 6."— Transcript presentasi:

1 Manajemen Pemasaran “Pasar dan Bentuk-Bentuk Pasar” Prodi Manajemen STIE-Mikroskil Oleh : Hanny Siagian, SE, M.Si 6

2 Pengertian Pasar Pasar bagi pengusaha adalah manusia dan kebutuhan untuk dipenuhi, memiliki uang dan bersedia mebelanjakannya. Jadi pengusaha wajib mempertimbangkan 3 ( tiga ) unsur dari pasar yang penting yaitu: Manusia dengan kebutuhannya Daya beli konsumen Motif pembelian. Dari segi pandangan Manajer Pemasaran : Pasar adalah pemenuhan akan pemuas dari kebutuhan, terdapatnya uang untuk dibelanjakan dan kemauan untuk membelanjakannya.

3 Ad.1 Manusia dengan Kebutuhannya Setiap manusia mempunyai kebutuhan. Secara umum manusia mempunyai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi yaitu: Kebutuhan akan pemenuhan rasa lapar dan haus Kebutuhan akan pemenuhan sandang Kebutuhan akan pemenuhan akan papan Kebutuhan manusia jumlahnya sangat terbatas, tetapi keinginan manusia jumlahnya tidak terbatas. Pada saat kebutuhan terpenuhi, manusia hanya mendapat sebagian dari rasa kepuasan. Tetapi pada saat keinginan terpenuhi, manusia sudah medapatkan seluruh kepuasannya.

4 Ad.2 Daya Beli Konsumen b. Hal ingin diketahui dari daya beli konsumen a.l: 1. Personal Income Pendapatan kotor yang diterima 2. Disposible Income Personal Income dikurangi Pajak. Income yang siap untuk dipakai memenuhi kebutuhan dan kewajiban tetap lainnya 3. Discretionary Income Income untuk membeli barang-barang sekunder ataupun ditabung.

5 Ad.3 Motif Pembelian 3. Hal-hal yang ingin diketahui dari motif pembelian Motif Pembelian: Dorongan untuk memperoleh kepuasan melalui pembelian. Mengetahui motif pembelian yang dominan dari para pembeli akan memudahkan pengusaha dalam menyusun kebijaksanaan promosi hasil produksi.

6 Motif Pembelian Motif Pembelian barang secara pasti sangat sulit ditentukan, hal ini disebabkan oleh: Setiap keputusan pembelian barang dan jasa biasanya didorong oleh dari 1 (satu ) macam motif. Pembeli itu sendiri ada 3 macam a.l: 1. Gol pembeli yang sadar serta bersedia mengetahui motif yang sebenarnya. 2. Gol yang sadar tetapi segan mengetahui motif pembeliannya 3. Gol pembeli yang tidak menyadari motif apa yang mendorong mereka untuk membeli sesuatu barang dan jasa.

7 Memperluas pasar Pasaran suatu barang adapat diperluas dengan 2 (dua ) cara: Horizontal Vertikal Ad.1. Horizontal: Memperluas pasar dengan jalan melipat gandakan jumlah konsumen terhadap barang yang ditawarkan ( konsumen yang diperluas )

8 Ad.2. Vertikal, Dapat dilakukan dengan 3 ( tiga ) cara yaitu: 1. Memperluas cara penggunaan barang hasil produksi ybs ( mengembangkan produk ) Mis: penggunaan lemari. 2. Memperbesar frekuensi penggunaan barang tsb ( berapa sering )---  frequency of use Mis : kosmetik, dipromosikan untuk dipakai 3x1 hari agar lebih cantik 3. Mendorong penggunaan produk yang lebih banyak untuk sekali pakai ( intensity of use ) Mis: penggunaan shampoo, odol dll. Jadi dimana perbedaan cara memperluas pasar antara horizontal dan vertikal ? Pada penggunaan reklamenya.

9 Perusahaan merupakan titik sentral antara dua pasar yaitu: pasar pembelian dan pasar penjualan. Pasar Pembelian------Perusahaan Pasar penjualan Pasar Tanah Psr brg ½ jadi Pasar Raw material alat2 produksi Pasar bahan pembantu psr brg konsumsi Pasar Alat Produksi psr jasa Pasar Tenaga Kerja Pasar Uang Pasar Modal

10 Jenis-Jenis Pasar I.Dari segi struktur pengaturannya, pasar dapat dibagi ke dalam 2 ( dua) jenis: a.Pasar yang terorganisasi dengan sempurna ( perfect market ) Semua peminta dan penawar harus mengetahui situasi pasar dengan sempurna. Mereka mengetahui harga, transaksi yang terjadi. Setiap pembeli bebas membeli dari penjual manapun dan sebaliknya.Mis: Pasar bursa efek. b.Pasar yang tidak terorganisasi dengan sempurna ( Inperfect market ) Dimana para pembeli dan penjual kurang mengetahui situasi pasar dengan baik Mis: Pasar Buku Bekas Titi gantung.

11 Bentuk-Bentuk Pasar Secara Umum 1. Pasar Persaingan Sempurna ( Perfect Competition, kriterianya a.l: Sasaran Tunggal perusahaan : Memaksimalisasi laba Penjual dan pembeli mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan lengkap tentang semua Informasi yang relevan. Industri-Industri bebas masuk atau keluar ( Freedom of entry and exit ). Tidak terdapat penghalang bagi perusahaan baru untuk memasuki industri ybs, tidak ada penghalang bagi perusahaan yang ada untuk meninggalkan industri ybs. Terdapat banyak perusahaan dalam pasar Setiap perusahaan adalah price taker ( menerima harga yang berlaku di pasar ) Setiap perusahaan menghasilkan barang yang sama atau substitusi.

12 2. Pasar monopoli: Hanya ada satu perusahaan penawar Tidak mempunyai barang pengganti yang mirip ( closed substitute ) Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk dalam industri Promosi kurang diperlukan

13 3. Pasar Persaingan Monopolistis ( Tidak sempurna ) Terdapat banyak penjual Barang produksinya berbeda corak ( differentiated product ) Penjual hanya sedikit mempunyai kuasa dalam menentukan dan mempengaruhi harga Memasuki industri tsb relatif mudah Persaingan promosi gencar

14 4. Pasar Oligopoli Jumlah penjual sedikit Barang yang diproduksi adalah barang standard ( berbeda corak ) Kekuasaan menentukan harga adakalanya lemah, adakalanya dominan. Hambatan memasuki Industri ybs cukup tinggi Usaha promosi sangat diperlukan.

15 Pembagian pasar berdasarkan atas peranan serta motivasi pembeliannya 1.Pasar Konsumen ( Consumers Market ) Yaitu: pasar yang terdiri perorangan atau rumah tangga yang membeli produk ( barang/jasa) untuk dikonsumsi atau dipakai sendiri, tidak untuk diperdagangkan. Pertimbangan konsumen dalam membeli, secara rasional: a.Kualitas (dipakai nyaman, efisiensi tinggi, harga rendah) b.Loyalitas terhadap merk Pertimbangan secara emosional: a.Pembelian karena ada hubungan baik b.Kepercayaan pada si penjual c.Rasa harga diri d.Ikut-ikutan

16 Ciri-Ciri Pasar Konsumen: Individu dan Rumah tangga yang membeli atau menginginkan barang dan jasa untuk dikonsumsi Membeli dalam jumlah yang relatif kecil Frekuensi sering Barang yang dibeli adalah barang konsumsi. 2. Pasar Produsen ( Producer Market ) Yaitu: pasar yang terdiri dari perorangan atau organisasi, yang membeli produk untuk digunakan dalam proses produksi atau operasi lebih lanjut, untuk kemudian dijual kembali kepada pihak lain. Motif pembelian sebagian besar bersifat rasional. Sebab pembelian biasanya dalam jumlah besar dan bertujuan untuk memperoleh laba ( keuntungan )

17 Ciri-ciri Pasar Produsen Pasar yang menghasilkan barang Terdiri dari Individu dalam organisasi. Barang yang diminta adalah barang untuk dimasukkan dalam proses produksi dan menghasilkan produk baru. Pembelian dalam jumlah relatif besar. Syarat-syarat pembelian banyak 3. Pasar Pedagang ( Reseller Market) Yaitu: Pasar yang terdiri dari Perorangan atau Organisasi biasa disebut: “ Pedagang Perantara”, Dealer, (distributor) disebut juga “Pedagang Besar ( Wholeseller)”, Pengecer ( retailer ), dll

18 Ciri-cirinya: Pembelian dilakukan untuk dijual kembali kepada produsen, pedagang lainnya atau konsumen akhir. Barang yang dijual biasanya: Bahan Baku Bahan jadi Spare part Pelayanan Tujuan pembelian adalah untuk mendapatkan laba ( keuntungan) dari sebuah proses pembelian. Yang harus diperhatikan untuk mendapatkan penghasilan yang memuaskan adalah: Syarat pembayaran Waktu Pembayaran Potongan Harga.

19 4. Pasar Pemerintah Yaitu: Pasar yang terdiri dari Instansi pemerintah yang membeli suatu produk untuk operasional di dalam pemerintahan Mis: Instansi pemerintah pusat, Pemerintah daerah tingkat I,II, Kecamatan dll


Download ppt "Manajemen Pemasaran “Pasar dan Bentuk-Bentuk Pasar” Prodi Manajemen STIE-Mikroskil Oleh : Hanny Siagian, SE, M.Si 6."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google