Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dr.Drs.SUHARTO,SH,M.Hum Brigjen.Pol (Purn). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENGERTIAN TUJUAN PARADIGMA EMBRIO PENDEKATAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dr.Drs.SUHARTO,SH,M.Hum Brigjen.Pol (Purn). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENGERTIAN TUJUAN PARADIGMA EMBRIO PENDEKATAN."— Transcript presentasi:

1 Dr.Drs.SUHARTO,SH,M.Hum Brigjen.Pol (Purn)

2 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENGERTIAN TUJUAN PARADIGMA EMBRIO PENDEKATAN

3 Pendidikan Kewarganegaraan Secara Akademik : Program pendidikan yang berfungsi untuk membina kesadaran warga negara dalam melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan jiwa dan nilai konstitusi yang berlaku (UUD 1945). Dalam penjelasan Pasal 37 (2) UU Nomor 20 Th 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, bahwa Pendidikan Kewarganegaraan, dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

4 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENGERTIAN TUJUAN PARADIGMA EMBRIO PENDEKATAN

5 Apa tujuan adanya Pendidikan Kewarganegaraan? Yaitu, Pembentukan warga negara yang baik (good citizen/good citizenship) sesuai dengan jiwa pancasila dan UUD Rasionalnya : Pancasila dan UUD 1945 sebagai norma dan parametrik kehidupan nasional Indonesia dalam wadah (NKRI) Pendidikan kewarganegaraan sebagai pembentuk kualitas kepribadian (desirable personal qualitity) bagi warga negara baik.

6 Kriteria Warga Negara Baik (Stanley E.Dimond) Loyal Orang yang selalu belajar Seorang Pemikir Bersikap Demokratis Gemar melakukan tindakan Kemanusiaan Pandai mengatur diri Seorang Pelaksana

7 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENGERTIAN TUJUAN PARADIGMA EMBRIO PENDEKATAN

8 Embrio Materi Berkaitan dengan Hak dan Kewajiban warga negara dan negara. Analisis materi melalui Kajian Kronologis dan Kajian bidang kehidupan. Kronologis :  Pengertian Hak dan Kewajiban  Latar Belakang timbulnya hak dan kewajiban  Pelaksanaan dan hambatan dalam pelaksanaan hak dan kewajiban Bidang Kehidupan : Ideologi, Politik, ekonomi, sosial- budaya dan pertahanan keamanan. (Ipolek- sosbudhankam).

9 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENGERTIAN TUJUAN PARADIGMA EMBRIO PENDEKATAN

10 Ada 3 Paradigma baru bagi Pendidikan Kewarganegaraan : 1. Paradigma Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi serta Globalisasi 2. Paradigma Reformasi 3. Paradigma nation and character building

11 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENGERTIAN TUJUAN PARADIGMA EMBRIO PENDEKATAN

12 Pendekatan Yuridis : Mengantarkan warga negara untuk memahami norma-norma formal yang selanjutnya dengan norma itu, akan memiliki sikap loyal terhadap konstitusi. Struktural-fungsional : dielaborasi dari tradisi teori sosiologi. Terutama tentang pembinaan warga negara, agar mampu berpartisipasi dalam membentuk bangunan struktur politik. Etika-moral : dengan pendekatan ini, pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai kristalisasi tindakan moral, etika digunakan sebagai parametik. Psikologis-pedagogis : Latar dunia belajar dan lingkungan dimana peserta didik melakukan kegiatan itu

13 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KEWARGANEGARAAN PENGERTIAN TUJUAN PARADIGMA EMBRIO PENDEKATAN

14 Diskusikan!! Sebagai Program pendidikan, Pendidikan Kewarganegaraan Menekankan pada Proses pembentukan manusia. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan pernyataan tersebut? Berikan rasional, mengapa hak dan kewajiban sebagai parameter sekaligus embrio materi garapan pendidikan kewarganegaraan? Sebutkan beberapa pendekatan yang digunakan dalam pendidikan kewarganegaraan! Selanjutnya, apakah kontribusi pendekatan-pendekatan yang dimaksud bagi penyelenggara program pendidikan kewarganegaraan? Mengapa dalam dunia pendidikan di Indonesia perlu paradigm baru pendidikan kewarganegaraan.


Download ppt "Dr.Drs.SUHARTO,SH,M.Hum Brigjen.Pol (Purn). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENGERTIAN TUJUAN PARADIGMA EMBRIO PENDEKATAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google