Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI Materi Pertemuan ke dua.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI Materi Pertemuan ke dua."— Transcript presentasi:

1 PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI Materi Pertemuan ke dua

2 PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI (ACCOUNTING EQUATION) Aktiva (assets) adalah sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, seperti kas, tanah, bangunan, peralatan dll. Hak atas properti biasanya dibagi menjadi 2 (dua) jenis utama yaitu : a. Kewajiban (liabilities) adalah hak kreditor atas perusahaan atau disebut juga hutang perusahaan. Seperti hutang usaha, hutang bank dll. b. Ekuitas pemilik (equity) adalah hak pemilik atas atas kekayaan perusahaan Seperti modal Tuan Ahmad, modal Tuan Daud dll Hubungan antara aktiva, kewajiban dan ekuitas dinyatakan dalam persamaan dasar akuntansi sbb : AKTIVA=KEWAJIBAN + EKUITAS PEMILIK ( ASSETS = LIABILITIES +EQUITY ) Persamaan tersebut diatas dikenal sebagai persamaan dasar akuntansi (accounting equation). Biasanya kewajiban diletakkan sebelum ekuitas pemilik dalam persamaan akuntansi, karena kreditor mempunyai hak terlebih dahulu atas aktiva perusahaan. Klaim pemilik seringkali diberikan penekanan lebih besar dengan memindahkan kewajiban kesisi lain sehingga persamaan akuntansi tersebut dirubah menjadi : AKTIVA - KEWAJIBAN = EKUITAS PEMILIK ( ASSETS - LIABILITIES =EQUITY )

3 Sebagai contoh, jika aktiva yang dimiliki perusahaan Rp ,- dan kewajibannya adalah Rp ,- maka ekuitas pemilik adalah Rp ,- dan dapat dilihat dari persamaan berikut ini : AKTIVA - KEWAJIBAN = EKUITAS PEMILIK = TRANSAKSI BISNIS DAN PERSAMAAN AKUNTANSI Semua transaksi bisnis dapat dinyatakan dengan perubahan pada ketiga unsur persamaan akuntansi. Misalnya membeli mobil Rp ,- secara kredit melalui bank. Atas transaksi tersebut dapat dilihat pengaruhnya terhadap persamaan akuntasi adalah harta (mobil) bertambah (+) Rp ,- dan dilain pihak kewajiban (Kredit bank) juga bertambah Rp ,- Dalam setiap pencatatan transaksi perusahaan, harus diperhatikan beberpa poin dibawah ini, yang berlaku untuk setiap jenis transaksi bisnis yaitu : Dampak dari setiap transaksi adalah berupa peningkatan atau penurunan satu atau lebih unsur dalam persamaan akuntansi. Kedua sisi persamaan akuntansi harus sama jumlahnya yaitu aktiva = kewajiban + ekuitas. Ekuitas pemilik akan bertambah sebesar investasi oleh pemilik dan akan berkurang sebesar penarikan oleh pemilik. Selain itu, ekuitas pemilik akan bertambah karena pendapatan dan dan akan berkurang karena beban serta pengambilan pribadi (prive).

4 FINANCIAL STATEMENT (LAPORAN KEUANGAN) Setelah semua transaksi dicatat dan diihtisarkan, maka disiapkan laporan bagi pemakai. Laporan akuntansi yang menghasilkan informasi yang demikian disebut laporan keuangan (financial statement). Laporan keuangan yang utama bagi perusahaan perorangan adalah : Laporan Laba Rugi (income statement) yaitu suatu ihtisar pendapatan dan beban selama periode tertentu. Misalnya satu bulan, satu tahun dll. Laporan ekuitas pemilik (statement of owners equity) yaitu suatu ihtisar perubahan ekuitas pemilik yang terjadi selama periode tertentu. Misalnya satu bulan, satu tahun dll. Neraca (balance sheet) yaitu suatu daftar aktiva, kewajiban dan ekuitas pemilik pada satu saat tertentu atau pada satu tanggal tertentu.misalnya pada akhir bulan atau akhir tahun dll. Laporan arus kas (statement of cash flow) yaitu suatu ihtisar penerimaan kas dan pengeluaran kas selama periode tertentu. Misalnya satu bulan, satu tahun dll. Catatan atas laporan Keuangan (Note to Financial Statement) yaitu suatu catatan atau informasi yang perlu untuk menjelaskan infomasi keuangan, seperti kebijakan akuntansi, informasi piutang, kejadian setelah tanggal neraca yang mempengaruhi posisi keungan perusahaan.

5 Laporan Arus Kas Laporan arus kas disusun berdasarkan jenis kegiatan yang dapat dibagi menjadi : Cash flow from operating activity (Arus kas dari kegiatan operasi) : Yang berisi ringkasan dasi arus kas masuk dan araus kas keluar dari kegiatan operasi perusahaan. Cash flow from investing activity (Arus kas dari kegiatan investasi) : yang berisi akibat dari perubahan transaksi aktiva tetap dan permanen asset lainnya. Cash flow from financing activity (Arus kas dari kegiatan keuangan) : yang berisi akibat adanya perubagan kewajiban jangka panjang dan ekuitas pemilik. HUBUNGAN DAN JENIS LAPORAN KEUANGAN. Beberapa analisa laporan keungan yang dapat dihitung dan mempunyai hubungan seperti ratio hutang dengan modal pemilik dapat dihitung dengan menggunakan formula sbb: Total Hutang (Total Liabilities) Ratio Hutang dengan ekuitas pemilik = Total Ekuitas (Total Equity)

6


Download ppt "PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI Materi Pertemuan ke dua."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google