Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DARAH DAN HEMOSTATIS DARAH Medium transpor dari sistem sirkulasi adalah darah. Darah tidak hanya mengangkut oksigen dan karbondioksida ke dan dari jaringan-jaringan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DARAH DAN HEMOSTATIS DARAH Medium transpor dari sistem sirkulasi adalah darah. Darah tidak hanya mengangkut oksigen dan karbondioksida ke dan dari jaringan-jaringan."— Transcript presentasi:

1

2 DARAH DAN HEMOSTATIS

3 DARAH Medium transpor dari sistem sirkulasi adalah darah. Darah tidak hanya mengangkut oksigen dan karbondioksida ke dan dari jaringan-jaringan dan paru-paru

4 FUNGSI DARAH 1. Transport : - gas pernafasan : O2, CO2 - sari makanan dr usus - hasil samping metabolisme - hormon - obat-obatan 2. Pertahanan tubuh 3. Hemostasis dan Koagulasi 4. Keseimbangan asam basa

5 DARAH MANUSIA TERDIRI ATAS DUA KOMPONEN  sel-sel darah yang berbentuk padatan  plasma darah yang berbentuk cairan

6 Sel-sel darah Sel-sel darah dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu  sel darah merah,  sel darah putih,  dan keping-keping darah.

7 Sel darah merah

8 Sel darah putih

9

10 PLASMA DARAH cairan berwarna kekuning-kuningan dan terdapat sel-sel darah. Komponen terbesar dari plasma darah adalah air.

11 Darah manusia dapat digolongkan berdasarkan komposisi  aglutinogen  aglutinin

12 Bagan tranfusi darah

13 Transfusi darah pemberian darah dari seseorang kepada orang yang memerlukan. Orang yang memberi darah disebut donor, sedangkan orang yang menerima darah disebut resipien

14 PENYAKIT PADA DARAH 1. ANEMIA Penyebab

15 2. HIPERTENSI Penyebab

16 3. Leukimia Penyebab

17 HEMOSTATIS Hemostasis merupakan peristiwa penghentian perdarahan akibat putusnya atau robeknya pembuluh darah.

18 Mekanisme hemostatis :

19 Skema pembekuan darah :

20 FAKTOR FAKTOR PEMBEKUAN DARAH Fibrinogen Prothrombin Jaringan Tromboplastin Kalsium Proconvertin Antihemophilic faktor Tromboplastin Plasma komponen Hageman faktor

21 Pengontrolan konsentrasi thrombin aktif yang terbentuk dalam proses hemostasis atau thrombosis, ini dilakukan melalui 2 cara yaitu: 1. Thrombin beredar dalam darah sebagai prekorsor inaktif, yaitu protrombin. Pada setiap reaksinya, terdapat mekanisme umpan balik yang akan menghasilkan keseimbangan antara aktivasi dan inhibisi. 2. Inaktivasi setiap thrombin yang terbentuk oleh zat inhibitor dalam darah.

22

23 PENYAKIT PADA HEMOSTATIS 1. HEMOFILIA Penyebab


Download ppt "DARAH DAN HEMOSTATIS DARAH Medium transpor dari sistem sirkulasi adalah darah. Darah tidak hanya mengangkut oksigen dan karbondioksida ke dan dari jaringan-jaringan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google