Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Telah hampir 40 tahun sejak satelit pertama di dunia diluncurkan, sejak saat itu pula berbagai aplikasi satelit dikembangkan. Telah hampir 40 tahun sejak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Telah hampir 40 tahun sejak satelit pertama di dunia diluncurkan, sejak saat itu pula berbagai aplikasi satelit dikembangkan. Telah hampir 40 tahun sejak."— Transcript presentasi:

1

2 Telah hampir 40 tahun sejak satelit pertama di dunia diluncurkan, sejak saat itu pula berbagai aplikasi satelit dikembangkan. Telah hampir 40 tahun sejak satelit pertama di dunia diluncurkan, sejak saat itu pula berbagai aplikasi satelit dikembangkan. Dan sejak tahun 1964, hampir semua satelit komunikasi berada pada posisi Geostasionary Earth Orbit (GEO). Posisi GEO ini kira-kira berada pada ketinggian km di atas permukaan bumi. Dan sejak tahun 1964, hampir semua satelit komunikasi berada pada posisi Geostasionary Earth Orbit (GEO). Posisi GEO ini kira-kira berada pada ketinggian km di atas permukaan bumi. Orbit-orbit pada posisi ini menyederhanakan sistem- sistem operasi dan infrastruktur stasiun bumi. Tiga atau empat satelit GEO dapat menyediakan cakupan pelayanan telekomunikasi untuk seluruh dunia. Orbit-orbit pada posisi ini menyederhanakan sistem- sistem operasi dan infrastruktur stasiun bumi. Tiga atau empat satelit GEO dapat menyediakan cakupan pelayanan telekomunikasi untuk seluruh dunia. GEO menjadi sangat padat, karena kemampuan antena GEO menjadi sangat padat, karena kemampuan antena stasiun bumi untuk membeda-bedakan antara satelit- satelit tersebut dibatasi oleh ukuran antena. stasiun bumi untuk membeda-bedakan antara satelit- satelit tersebut dibatasi oleh ukuran antena.

3 CIRI-CIRI  “ Geo” merupakan singkatan kepada Geosynchronous / Geostationary Earth Orbital.  Geosynchronous orbit mula diperkenalkan oleh Arthur C. Clarke sebagai satelit komunikasi pada tahun C. Clarke sebagai satelit komunikasi pada tahun  Merupakan yang pertama dihantar ke geosynchronous orbit.  Kedudukan satelit GEO adalah km dari bumi.

4  Dengan jarak sejauh itu, satelit ini memerlukan 24 jam sehari untuk mengelilingi bumi. sehari untuk mengelilingi bumi.  Oleh kerana itu juga, maka satelit berputar seiring dengan bumi. dengan bumi.  Jadi, satelit GEO akan sentiasa berada pada tempat yang sama jika dilihat dari bumi.  Contoh satelit GEO adalah satelit telekomunikasi dan broadcast yang terkenal di dunia seperti broadcast yang terkenal di dunia seperti Thuyara dan Inmarsat. Thuyara dan Inmarsat.

5 Orbit satelit geo

6

7 Satelit Geo berputar mengelilingi bumi

8 KELEBIHAN SATELIT GEO  Kadar kos komunikasi adalah rendah. Maintenance rendah. Maintenance rendah.  Data mudah dikongsi di kalangan pengguna kerajaan.  Sesuai untuk lokasi terpencil/jauh.  Transmisi data boleh diharap memandangkan sistem disokong oleh agensi-agensi kerajaan. sistem disokong oleh agensi-agensi kerajaan.

9

10 KELEMAHAN SATELIT GEO   Jadual masa transmisi ditetapkan oleh agensi kerajaan.   Sukar mengesan gangguan.   Kebolehan membaikpulih adalah minimum.   Data boleh diguna oleh kerajaan dan orang awam.   Kos perkakasan lebih mahal berbanding kos telemetri yang lain.   Transmisi data adalah satu hala sahaja.

11 APLIKASI  Fungsi satelit GEO adalah untuk pemancar suara, tayangan gambar, dan jaringan komunikasi lainnya  Sesuai untuk aplikasi pengawasan bagi melindungi keselamatan negara dan melindungi keselamatan negara dan persekitaran persekitaran

12 Sekian Terima Kasih


Download ppt "Telah hampir 40 tahun sejak satelit pertama di dunia diluncurkan, sejak saat itu pula berbagai aplikasi satelit dikembangkan. Telah hampir 40 tahun sejak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google