Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama: Alya Aska Equila Gika Viskano Faiz Rizqullah Ghia Sakanti Nadia Marsha Salsabila Kintan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama: Alya Aska Equila Gika Viskano Faiz Rizqullah Ghia Sakanti Nadia Marsha Salsabila Kintan."— Transcript presentasi:

1 Nama: Alya Aska Equila Gika Viskano Faiz Rizqullah Ghia Sakanti Nadia Marsha Salsabila Kintan

2 Martha christina tiahahu adalah seorang gadis dari desa abubu di pulau nusalaut. Lahir sekitar tahun 1800 dan pada waktu mengangkat senjata melawan penjajah belanda berumur 17 tahun. Ayahnya adalah kapitan paulus tiahahu, seorang kapitan dari negeri abubu yang juga pembantu thomas matulessy dalam perang pattimura tahun 1817 melawan belanda. MARTHA CHISTINA TIAHAHU

3 Martha Christina di kalangan para pejuang dan masyarakat sampai di kalangan musuh, ia dikenal sebagai gadis pemberani dan konsekwen terhadap cita-cita perjuangannya. Sejak awal perjuangan, ia tetap mendampingi ayahnya dalam setiap pertempuran baik di Pulau Nusalaut maupun di Pulau Saparua. Ia bukan saja mengangkat senjata, tetapi juga memberi semangat kepada kaum wanita di negeri-negeri agar ikut membantu kaum pria di setiap medan pertempuran sehingga Belanda kewalahan menghadapi kaum wanita yang ikut berjuang.

4 Di dalam pertempuran yang sengit di Desa Ouw – Ullath jasirah Tenggara Pulau Saparua betapa hebat srikandi ini menggempur musuh bersama para pejuang rakyat. Karena tidak seimbang dalam persenjataan, tipu daya musuh dan pengkhianatan, para tokoh pejuang dapat ditangkap dan menjalani hukuman. Kapitan Paulus Tiahahu divonis hukum mati tembak. Martha Christina berjuang untuk melepaskan ayahnya dari hukuman mati.

5 Namun ia tidak berdaya dan meneruskan bergerilyanya di hutan, tetapi akhirnya tertangkap dan diasingkan ke Pulau Jawa. Di Kapal Perang Eversten, Martha Christina Tiahahu menemui ajalnya dan dengan penghormatan militer jasadnya diluncurkan di Laut Banda. menjelang tanggal 2 Januari Menghargai jasa dan pengorbanan, Martha Christina dikukuhkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia.

6 Berkas:Martha Christina Tiahahu Lahir 4 Januari 1800 Abubu, Nusa Laut, Maluku, Hindia Belanda Meninggal 2 Januari 1818 (umur 17) Laut Banda, Maluku, Indonesia Monumen patung di Ambon, Maluku; patung di Abubu PekerjaanGerilyawan Tahun aktif1817 PenghargaanPahlawan Nasional Indonesia

7 GAMBAR MARTHA CHISTINA TIAHAHU


Download ppt "Nama: Alya Aska Equila Gika Viskano Faiz Rizqullah Ghia Sakanti Nadia Marsha Salsabila Kintan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google