Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASALAMUALAIKUM WR.WB. Perubahan konsep kebersaingan dan produktivitas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASALAMUALAIKUM WR.WB. Perubahan konsep kebersaingan dan produktivitas."— Transcript presentasi:

1 ASALAMUALAIKUM WR.WB

2 Perubahan konsep kebersaingan dan produktivitas

3 Daya saing adalah isu hangat dalam globalisasi di banyak negara dan perusahaan.OECD3 3 mendefinisikan daya saing sebagai “Batas tingkatan dimana sebuah negara bisa, dengan persyaratan pasar bebas dan adil, memproduksi barang dan jasa yang lulus dari ujian pasar internasional, sambil terus menerus mempertahankan dan memperluas pendapatan nyata untuk masyarakatnya dalam jangka panjang”. Hal ini hanya bisa dicapai melalui peningkatan produktivitas.

4 Faktor dan persyaratan kebersaingan Ekonomi daerah Semakin banyak persaingan yang ada dalam ekonomi daerah, semakin produktif dan semakin kompetitif lah perusahaan domestik dan semakin tinggi juga nilai tambah produktivitas dan kesejahteraan negara. Internasionalisasi Keterbukaan untuk kegiatan ekonomi internasional meningkatkan kinerja ekonomi suatu negara. Kebersaingan memimpin ekspor sering dihubungkan dengan pertumbuhan ekonomi daerah.

5 Pemerintah : Kebijakan pemerintah berkonsentrasi pada penciptaan lingkungan yang kompetitif bagi perusahaan-perusahaan dan pada penyediaan kondisi makro ekonomi dan sosial yang bisa diprediksi dan dengan demikian meminimalisir resiko eksternal bagi kegiatan ekonomi. Keuangan : Sektor keuangan yang berkembang baik, terpadu secara internasional dalam sebuah negara mendukung kebersaingan internasional negara tersebut. Infrastruktrur : yang baik mendukung kegiatan ekonomi.Infrastruktur yang baik mencakup tersedianya sumber daya alam dan sistem bisnis fungsional, teknologi informasi, transportasi, komunikasi dan pendidikan serta perlindungan lingkungan yang efisien.

6 Manajemen: Produk dan jasa yang kompetitif mencerminkan kemampuan manajerial, berorientasi jangka panjang, kemampuan untuk beradaptasi pada perubahan dalam lingkungan kompetitif, tingkat kewirausahaan dan kemampuan keterpaduan serta pembedaan kegiatan bisnis. Ilmu pengetahuan dan teknologi : Keuntungan kompetitif bisa dibangun dalam penerapan teknologi yang ada dengan inovatif dan efisien. Kualitas masyarakat : Tenaga kerja terlatih dengan sikap positif meningkatkan produktivitas dan kebersaingan sebuah negara. Pendidikan, kemampuan teknis pekerja, kualitas manajemen dan efisiensi, semuanya berkontribusi pada kebersaingan.

7 Faktor produktivitas globalisasi dan ekonomi yang terpadu. pengaruh pengembangan teknologi. kemunculan sistem kerja baru. pergeseran dari praktek pribadi secara tradisional ke Manajemen SDM internasional. Perubahan gaya kepemimpinan,dari birokrasi ke kewirausahaan.

8 Kontribusi produktivitas pada perkembangan nasional Produktivitas merupakan masalah utama bagi strategi pengembangan nasional karena pengaruhnya terhadap perkembangan sosial dan ekonomi.

9 Ciri – ciri perusahaan yang produktif kualitas kerja yang lebih baik; partisipasi; prinsip-prinsip ekonomi pasar; kreativitas dan inisiatif individu; Gaya dan praktek manajemen yang berorientasi pada manusia.

10 Tujuan produktivitas produk yang dibuat dapat diterima oleh semua pihak terkait. menjadi instrumen penting sebagai penyebaran kesejahteraan. hubungan idustri yang baik dan partisipasi demoktratis pekerja.

11 TERIMA KASIH & WASSALAM WR.WB


Download ppt "ASALAMUALAIKUM WR.WB. Perubahan konsep kebersaingan dan produktivitas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google