Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUPPLY and DEMAND. Ahli ekonomi menggunakan model untuk memahami apa yang terjadi dalam ekonomi. Harga Permintaan Q * P Penawaran Kuantitas * Ini adalah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUPPLY and DEMAND. Ahli ekonomi menggunakan model untuk memahami apa yang terjadi dalam ekonomi. Harga Permintaan Q * P Penawaran Kuantitas * Ini adalah."— Transcript presentasi:

1 SUPPLY and DEMAND

2 Ahli ekonomi menggunakan model untuk memahami apa yang terjadi dalam ekonomi. Harga Permintaan Q * P Penawaran Kuantitas * Ini adalah model ekonomi paling terkenal. Model ini menggambarkan hubungan antara pembeli dan penjual di pasar. Titik potongnya disebut ekuilibrium.

3 Guna, Konsumsi, dan Permintaan Manusia memerlukan barang dan jasa, karena barang dan jasa memberi kepuasan hati, manfaat, atau guna langsung atau tidak langsung. Guna suatu benda tergantung pada persediaannya. Sebuah botol berisi air minum mempunyai kegunaan yang tinggi bagi orang yang sedang haus. Botol berisi air kedua masih memberikan kegunaan/kepuasan, tetapi sudah tidak sebesar botol pertama. Guna yang diberikan oleh sejumlah botol berisi air minum berturut - turut makin mengecil. Guna marginal semakin berkurang.

4 Karena kepuasan atau guna tak dapat dihitung atau diukur, para ahli ekonomi mencari jalan lain dengan membandingkannya dengan uang. Jadi bukannya berapa banyak kepuasannya, tetapi berapa nilai kepuasannya itu. Seorang pegawai dengan pendapatan tertentu harus berhati-hati dalam membelanjakan uangnya untuk membeli barang yang diperlukan. Dia harus membagi sesuai dengan prioritas keperluan akan barang tersebut.

5 Misal saja, ada seorang pegawai yang membawa uang bagian gajinya untuk membeli durian. Di sudut jalan ada setumpuk durian dengan harga Rp per butir. Berapa butirkah pegawai itu akan membeli durian? Dia tidak dapat mengukur besarnya kepuasan dari tiap butir durian. Dia akan membandingkan uang yang dimilikinya dengan durian yang akan dibelinya. Bila dia memutuskan untuk membeli 4 buah durian. Kepuasan yang akan diperoleh dari 4 buah durian seimbang dengan nilai uang Rp

6 Mengapa ia tidak membeli 5 buah atau 3 buah saja? 1. Karena durian yang ke 5 dirasa tidak akan menambah kepuasan yang sama dengan butir durian jika hanya membeli 4 buah. Atau kepuasan durian ke 5 lebih rendah nilainya dari pada uang Rp Karena butir yang ke 4 masih akan memberi kepuasan yang lebih besar dari pada uang Rp

7 Perbedaan antara kepuasan dari butir ke 3 dengan ke 4, dan antara butir ke 4 dengan ke 5 itu sangat diperhatikan oleh ahli ekonomi. Perbedaan kepuasan ini dinamai Kepuasan Marginal atau Guna Marginal. Dapat dikatakan bahwa makin banyak suatu barang itu dikonsumsi, akan semakin kecil tambahan kepuasan ini. Atau bahkan akan merusak.

8 Kenikmatan durian ke 1 masih demikian besarnya hingga orang tadi sebenarnya berani membeli dengan harga (kepuasan senilai dengan uang) Rp Kenikmatan durian ke 2 senilai dengan uang Rp , dan yang ke 3 senilai Rp dan seterusnya. Pengurangan kepuasan seperti pada kasus durian, dinamai “hukum tambahan kepuasan yang makin berkurang” (the law of diminishing marginal satisfaction).

9 Uang Rp bagi orang kaya mempunyai guna/kepuasan yang lebih kecil dari pada bagI orang miskin. Apabila orang kaya memberi sedekah Rp kepada orang miskin, maka tambahan kepuasan bagi si miskin akan lebih besar dari pada pengurangan kepuasan bagi orang kaya si pemberi. Dari pembelian durian, ada hal lain yang menarik. Untuk durian pertama, karena kepuasannya masih tinggi, orang tersebut bersedia membayar Rp padahal harganya hanya Rp Jadi ada selisih Rp Untuk durian ke dua dia bersedia membayar Rp jadi ada selisih Rp dan seterusnya.

10 Rp Butir Durian

11 PERMINTAAN

12 Permintaan Definisi Permintaan Banyaknya jumlah barang yg diminta di suatu pasar dg tingkat harga, dlm periode dan tempat tertentu Hukum Permintaan Bila harga barang naik, permintaan barang tsb akan turun,dan sebaliknya

13 Faktor2 yang memengaruhi permintaan: 1.Harga barang 2.Tingkat pendapatan 3.Jumlah penduduk 4.Selera dan prediksi masa depan 5.Harga barang subtitusi Teori Permintaan Perbandingan lurus antara permintaan terhadap harganya, yaitu apabila permintaan naik maka harga relatif naik, dan sebaliknya

14 Q naik maka P Turun, Q turun maka P naik

15 Selisih tersebut dinamai “surplus konsumen” yaitu selisih antara harga yang konsumen bersedia untuk membayarkannya dengan harga yang sesungguhnya. Makin kaya seseorang, makin besar surplus konsumennya. Dari gambar di atas juga dapat ditelaah lebih lanjut lagi. Apabila titik-titik yang menggambarkan kepuasan orang tersebut dihubungkan, terlihat sebuah kurve dari kiri atas ke kanan bawah. Kurve ini diartikan: kalau harga durian Rp maka orang tsb hanya bersedia membeli 1 buah. Kalau harganya Rp , dia hanya membeli 2 buah, dan seterusnya. Kurve semacam ini disebut Kurva Permintaan.

16 Kurva Permintaan adalah berbagai jumlah barang yang akan dibeli seseorang pada berbagai kemungkinan tingkat harga dalam jangka waktu tertentu.

17 Permintaan Dalam kehidupan sehari-hari seseorang akan membeli barang dengan jumlah yang lebih sedikit kalau harga barang itu naik. Demikian pula kalau harga barang turun, orang akan membeli dengan jumlah yang lebih banyak. Bentuk umum kurve permintaan adalah dari kiri atas ke kanan bawah, seringkali tidak lurus melainkan lengkung. Asumsinya adalah bahwa yang berubah-ubah itu hanyalah harga barang yang bersangkutan, sedang yang lain-lain: pendapatan, selera, harga barang lain tidak berubah.

18 Keadaan lain-lain tidak berubah ini dalam ekonomika disebut “Ceteris paribus”. Dalam kenyataannya, perubahan jumlah suatu barang yang dibeli tidak hanya dipengaruhi oleh harga barang yang bersangkutan saja, tetapi juga oleh: Harga barang-barang lain, terutama yang bersaingan. Pendapatan konsumen. Selera. Faktor-faktor non-ekonomi lain seperti jumlah penduduk, sosial, dan politik.

19 Permintaan dan Harga Suatu hipotesis dasar ekonomi adalah bahwa semakin rendah harga suatu komoditi, semakin banyak jumlah yang akan diminta, kalau hal lain tetap sama. Dengan naiknya harga, Konsumen akan mengurangi jumlah yang dibeli atau berhenti membeli Ditunjukkan dengan tabel atau grafik

20 Skedul Permintaan dan Kurva Permintaan Skedul permintaan merupakan gambaran hubungan antara harga dan jumlah yang diminta. Skedul ini adalah tabulasi angka yang memperlihatkan jumlah komoditi yang diminta pada harga tertentu.

21 Tabel 1: Skedul permintaan wortel Harga per unit p Jumlah permintaan D UVWXYZUVWXYZ ,5 67,5 62,5 60

22 Cara kedua untuk memperlihatkan hubungan antara jumlah yang diminta dan harga adalah dengan membuat sebuah grafik. Harga pada sumbu vertical, dan jumlah permintaan pada sumbu datar. P Q

23 Pergeseran Kurva Permintaan Skedul permintaan dan kurva permintaan dibuat berdasarkan asumsi ceteris paribus. Bagaimana jika faktor yang lain berubah? Misal jika pendapatan bertambah, mereka akan membeli jumlah tambahan dari komoditi tersebut walaupun harganya tidak berubah. Atau walaupun harga komoditi naik, jumlah yang diminta tetap. Jika lebih banyak yang dibeli pada setiap harga, kurva permintaan bergeser ke kanan. Jika lebih sedikit yang dibeli pada setiap harga, kurva permintaan bergeser ke kiri

24 Q P D D D D D D PROFIT

25 PENAWARAN

26 Definisi Penawaran Banyaknya barang yg ditawarkan produsen di pasar dlm periode dan tingkat harga tertentu Hukum Penawaran Perbandingan lurus antara harga thdp jumlah barang yg ditawarkan, yaitu apabila harga naik maka penawaran akan meningkat, dan sebaliknya

27 Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran: 1.Harga barang tersebut 2.Harga barang lain 3.Ongkos dan biaya produksi 4.Tujuan produksi dari perusahaan 5.Teknologi yg digunakan Teori Penawaran Perbandingan terbalik antara penawaran terhadap harga, yaitu apabila penawaran naik maka maka harga relatif turun, dan sebaliknya

28 P naik maka Q naik, P turun maka Q turun

29 Penawaran Penawaran barang dipengaruhi oleh: * Harga barang yang bersangkutan * Harga barang lain * Biaya faktor produksi * Sasaran perusahaan * Tingkat teknologi. Penawaran dan harga Suatu hipotesis dasar ekonomi adalah bahwa untuk banyak komoditi, semakin tinggi harganya, semakin besar jumlah yang ditawarkan, dengan syarat hal lain tetap.

30 Skedul Penawaran dan Kurva Penawaran Skedul Penawaran; Kurva Penawaran, merupakan penyajian skedul penawaran secara grafis. Setiap titik pada kurva penawaran merupakan suatu kombinasi harga dan jumlah tertentu. Kurva penawaran keseluruhan menggambarkan hubungan lengkap antara jumlah yang ditawarkan dengan harga, hal lain dianggap sama.

31 Skedul pernawaran wortel Harga per unit p Jumlah penawaran S UVWXYZUVWXYZ ,0 77,5 100,0 115,0 122,5

32 S S S S S S Q O P

33 Pergeseran Kurva Penawaran Suatu pergeseran berarti pada setiap harga, jumlah yang ditawarkan berlainan. Kenaikan jumlah yang ditawarkan pada setiap harga, akan menggeser kurva penawaran ke kanan. Sebaliknya, penurunan jumlah yang ditawarkan pada setiap harga, terlihat sebagai pergeseran ke kiri.

34 Harga-harga lain Perubahan harga barang substitusi dapat menggeser kurva penawaran. Suatu penurunan harga suatu komoditi dapat menggeser kurva komoditi lain ke kanan Harga Faktor Produksi Suatu kenaikan biaya faktor produksi menggeser ke kiri kurva penawaran suatu komoditi tersebut, dan sebaliknya. Teknologi Suatu perubahan teknologi yang mengurangi biaya produksi akan menggeser kurva penawaran ke kanan.

35 Penentuan harga oleh Permintaan dan Penawaran Menggabungkan skedul permintaan dan Penawaran wortel, kita dapati bahwa hanya terdapat satu harga, $60 per ton, dimana jumlah wortel yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. Pada harga kurang dari $60 per ton terdapat kekurangan wortel, karena jumlah yang diminta lebih besar dari yang ditawarkan. Pada harga yang lebih tinggi dari $60 per ton, terdapat suatu kelebihan penawaran dari jumlah yang diminta.

36 Pada harga $60 per ton, produsen ingin menjual 77,5 ton, dan pembeli ingin membeli jumlah ini. Suatu keseimbangan antara kekuatan yang berlawanan, suatu keadaan berhenti, atau equilibrium. Harga equilibrium adalah harga yang dicapai oleh pasar, yaitu harga dimana jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta. Setiap harga lain disebut harga disequilibrium.

37 P D DS S O Q

38 Kliring pasar (market clearing) adalah proses penyesuaian di mana keputusan antara pemasok dan pencari barang/jasa mencapai ekuilibrium. Berikut cara kerjanya. Ingat kurva permintaan miring ke bawah berarti ketika Anda menaikkan harga (dengan bergerak sepanjang kurva permintaan), kuantitas yang diminta menurun. Sebaliknya, kurva penawaran miring ke atas supply menandakan bahwa ketika harga naik (dengan bergerak sepanjang kurva penawaran), jumlah yang ditawarkan akan meningkat. Mulai dengan kurva permintaan dan penawaran JAM TANGAN. P Q DS Sekarang, misalkan ada peningkatan tiba- tiba dalam permintaan akan JAM TANGAN. Permintaan akan bergeser dari D ke D´. Titik pusat A adalah di mana keputusan- keputusan pasar mencapai ekuilibrium. Q* P* A D´ Q´ P´ B Peningkatan permintaan membuat tekanan ke atas pada harga ke titik B karena harga asal, P* tak lagi berlaku di pasar. Perhatikan “kekurangan.” Kekurangan

39 Pergeseran Permintaan : Misalnya, pendapatan Anda meningkat? Permintaan Anda akan produk tertentu, misalnya LAPIS BOGOR, akan meningkat juga. Hal ini berarti pergeseran ke kanan pada ' kurva permintaan dari D ke D '. Hasilnya : baik harga (P) dan kuantitas (Q) meninggi. P DSQ D'D'D'D' Pergeseran Penawaran : Turunnya harga bahan baku meningkatkan penawaran LAPIS BOGOR pada semua harga, penjual menyadari penjualan LAPIS BOGOR lebih menguntungkan, sehingga penawaran LAPIS BOGOR meningkat. Hal ini berarti pergeseran ke kanan pada '. Hasilnya : harga (P) penawaran dari S ke S '. Hasilnya : harga (P) turun, kuantitas (Q) naik. P DSQ S'S'S'S' DASAR-DASAR PERMINTAAN DAN PENAWARAN

40 Ekonom biasa mengasumsikan pasar akan mencapai ekuilibrium penawaran dan permintaan, yang disebut proses kliring pasar (market clearing process). Asumsi ini adalah pusat contoh lapis bogor pada slide sebelumnya. Tapi, mengasumsikan pasar clear terus- menerus, adalah tidak realistis. Agar pasar clear secara kontinyu, harga harus menyesuaikan seketika terhadap perubahan penawaran dan permintaan. Tapi, bukti menyatakan bahwa harga dan upah sering menyesuaikan dengan lambat. Jadi, ingat meskipun model kliring pasar mengasumsikan upah dan harga fleksibel, kenyataannya, sebagian upah dan harga adalah kaku. Model kliring pasar mungkin tidak mendeskripsikan setiap kejadian instan dalam perekonomian, tapi model ini menggambarkan ekuilibrium yang di mana perekonomian berkisar. HARGA: ANTARA FLEKSIBEL DAN KAKU

41 LATIHAN SOAL

42 Referensi  N. Gregory Mankiw Principles of Economics, 2nd ed. Diterjemahkan: Haris Mundandar, Pengantar Ekonomi Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta,  Sadono Sukirno, Pengantar Teori Mikro Ekonomi, Edisi Ketiga, Penerbit PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2002


Download ppt "SUPPLY and DEMAND. Ahli ekonomi menggunakan model untuk memahami apa yang terjadi dalam ekonomi. Harga Permintaan Q * P Penawaran Kuantitas * Ini adalah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google