Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 3. Kuantitas yang diminta adalah jumlah barang yang ingin dan mampu dibeli oleh pembeli. 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 3. Kuantitas yang diminta adalah jumlah barang yang ingin dan mampu dibeli oleh pembeli. 2."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 3

2 Kuantitas yang diminta adalah jumlah barang yang ingin dan mampu dibeli oleh pembeli. 2

3 Hukum Permintaan menyatakan bahwa dengan menganggap hal lainnya sama, kuantitas yang diminta menurun ketika harga sebuah barang meningkat. 3

4 Skedul Permintaan adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara harga suatu barang dengan kuantitas yang diminta. 4

5 5

6 u Harga u Pendapatan Konsumen u Harga Barang Lain yang Berkaitan u Selera u Ekspektasi 6

7 Kurva Permintaan adalah sebuah grafik yang memuat hubungan antara harga sebuah barang dan kuantitas yang diminta. 7

8 $ Harga Es Krim Kuantitas Es Krim 0 8

9 Ceteris paribus adalah sebuah istilah bahasa Latin yang diartikan sebagai “hal lainnya sama”. Penurunan harga berdampak naiknya jumlah barang yang diminta!!! 9

10 Perubahan dalam Kuantitas yang Diminta u Pergerakan sepanjang kurva permintaan. u Disebabkan oleh perubahan harga suatu produk. 10

11 0 D1D1 Harga Rokok per bungkus Jumlah rokok yang dihisap per hari Pajak yang menaikkan harga berakibat pada pergerakan sepanjang kurva permintaan. A C $

12 Perubahan Permintaan u Kurva permintaan yang bergeser ke kiri atau ke kanan. u Disebabkan oleh perubahan faktor penentu permintaan selain harga. 12

13 0 D1D1 Harga Es Krim Kuantitas Es Krim D3D3 D2D2 Kenaikan Dlm Permintaan Penurunan Dlm Permintaan 13

14

15 u Sebuah barang yang jika pendapatan meningkat akan mendorong peningkatan terhadap permintaan barang tersebut. 15

16 Sebuah barang yang jika pendapatan meningkat akan menimbulkan penurunan terhadap kuantitas permintaan barang tersebut, dengan menganggap hal lainnya tetap/konstan.

17 $ Harga Es Krim Kuantitas Es Krim 0 Kenaikan dlm Permintaan Suatu kenaikan dlm Permintaan... D1D1 D2D2 17

18 $ Harga Es Krim Kuantitas Es Krim 0 Penurunan dlm Permintaan Suatu Kenaikan dalam Permintaan... D1D1 D2D2 18

19 u Substitusi adalah dua barang ketika peningkatan harga barang pertama mendorong peningkatan dalam permintaan terhadap barang kedua. u Komplemen adalah dua barang yang jika peningkatan harga barang pertama mendorong penurunan dalam permintaan barang lainnya. 19

20 20 Kuantitas yang ditawarkan adalah jumlah barang yang tersedia dan dapat dijual oleh para penjual.

21 21 Hukum Penawaran menyatakan bahwa dengan menganggap hal lainnya sama, kuantitas yang ditawarkan akan meningkat ketika harga barang tersebut meningkat; terdapat hubungan yang positif antara harga dengan kuantitas yang ditawarkan.

22 22 u Harga barang itu sendiri u Harga barang lain u Biaya produksi u Tujuan perusahaan u Teknologi

23 23 Skedul Penawaran adalah sebuah tabel yang memperlihatkan hubungan antara harga sebuah barang dan kuantitas yang ditawarkannya.

24 24

25 25 Kurva Penawaran adalah kurva yang menghubungkan harga dan kuantitas yang ditawarkan.

26 26 $ Harga Es Krim Kuantitas Es Krim 0

27 27 Perubahan dlm Kuantitas yang Ditawarkan u Pergerakan sepanjang kurva penawaran. u Disebabkan oleh perubahan harga suatu produk.

28 Harga Es Krim Kuantitas Es Krim 0 S 1.00 A C $3.00 Kenaikan suatu harga dapat menghasilkan pergerakan sepanjang kurva penawaran.

29 29 Perubahan Dalam Penawaran u Pergeseran dalam kurva penawaran, ke kanan atau ke kiri. u Disebabkan oleh perubahan faktor penentu penawaran selain faktor harga.

30 30 Harga Es Krim Kuantitas Es Krim 0 S1S1 S2S2 S3S3 Kenaikan Dlm Penawaran Penurunan Dlm Penawaran

31 31 Harga Keseimbangan u Adalah harga yang menyeimbangkan penawaran dan permintaan. Kuantitas Keseimbangan  Adalah kuantitas yang menyeimbangkan penawaran dan permintaan.

32 32 Skedul PermintaanSkedul Penawaran Pada $2.00, kuantitas yang diminta adalah sama dengan kuantitas yang ditawarkan!

33 33 Penawaran Permintaan Harga Es Krim Permintaan Es Krim $ Equilibrium

34 34 Harga Es Krim Kuantitas Es Krim $ Penawaran Permintaan Surplus

35 35 Ketika harga di atas harga keseimbangan, kuantitas yang ditawarkan melebihi kuantitas yang diminta. Terdapat kelebihan penawaran atau surplus. Suppliers akan menurunkan harga untuk menaikkan penjualan, hal ini akan menggerakkan ke arah equilibrium.

36 36 Kuantitas Es Krim Harga Es Krim $ Penawaran Permintaan $1.50 Shortage

37 37 Ketika harga di bawah harga keseimbangan, kuantitas yang diminta melebihi kuantitas yang ditawarkan. Jadi terdapat excess demand atau shortage.

38 38 u Putuskan apakah sebuah peristiwa mengeser kurva penawaran atau kurva permintaan (atau mungkin keduanya). u Putuskan ke arah mana kurva bergeser. u Gunakan diagram penawaran dan permintaan untuk melihat bagaimana pergeseran tersebut mengubah keseimbangan.

39 Harga Es Krim Kuantitas Es Krim Penawaran Keseimbangan Awal D1D1 1.Udara panas menaikkan permintaan terhadap es krim... D2D mengakibatkan harga yg lebih tinggi... $ dan kuantitas yang dijual lebih tinggi. Keseimbangan Baru 39

40 40 u Pergeseran dalam kurva penawaran disebut perubahan dalam penawaran. u Pergerakan sepanjang kurva penawaran yang tetap disebut perubahan dalam kuantitas yang ditawarkan. u Pergeseran dalam kurva permintaan disebut perubahan dalam permintaan. u Pergerakan sepanjang kurva permintaan yang tetap disebut perubahan dalam kuantitas yang diminta.

41 41 S2S2 Harga Es Krim Kuantitas Es Krim 13 Permintaan Keseimbangan Awal S1S Sebuah Gempa Bumi menurunkan penawaran... Keseimbangan Baru 2....menimbulkan harga yg lebih tinggi... $ dan kuantitas yg dijual lebih rendah.


Download ppt "Pertemuan 3. Kuantitas yang diminta adalah jumlah barang yang ingin dan mampu dibeli oleh pembeli. 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google