Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Permintaan adalah jumlah barang/jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat, harga, waktu, dan tempat tertentu. Permintaan akan barang dan jasa setiap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Permintaan adalah jumlah barang/jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat, harga, waktu, dan tempat tertentu. Permintaan akan barang dan jasa setiap."— Transcript presentasi:

1

2 Permintaan adalah jumlah barang/jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat, harga, waktu, dan tempat tertentu. Permintaan akan barang dan jasa setiap orang tidaklah sama, karena masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

3  Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan antara lain: Harga barang ; Jika harga makin tinggi maka permintaan makin rendah dan begitu sebaliknya jika harga barang rendah maka permintaan akan barang tersebut makin tinggi.  Pendapatan masyarakat ; Makin tinggi pendapatan seseorang maka makin besar daya beli yang ia miliki, sehingga permintaan akan barang dan jasa pun meningkat, dan begitu sebaliknya jika orang berpenghasilan rendah maka pemintaan akan barang dan jasa pun akan menurun.  Selera masyarakat ; Jika selera masyarakat meningkat maka permintaan pun meningkat pula, dan sebaliknya. Selera masyarakat sering disebut mode atau tren.  Kualitas barang ; Makin tinggi kualitas suatu barang maka keinginan (permintaan) orang untuk dapat memiliki barang tersebut makin besar.  Harga barang lain yang berkaitan ; Harga barang lain yang dimaksud ini adalah barang substitusi. Yaitu barang pengganti yang sama fungsinya dengan barang yang dibutuhkan.  Waktu ; Pada waktu-waktu tertentu permintaan terhadap barang dan jasa bisa meningkat dari pada hari-hari bisa, seperti pada saat lebaran atau hari-hari besar/istimewa yang lain.  Jumlah penduduk ; Makin besar jumlah penduduk maka makin besar pula permintaan terhadap barang dan jasa, dan sebaliknya.  Kejadian yang akan datang ; Isu sering kali dikembangkan untuk mempengaruhi permintaan agar dapat meningkat, seperti adanya berita tentang kenaikan BBM, kenaikan sembako dll.

4  Kurva Permintaan  Adlh suatu kurva yg menggambarkan sifat hub. antara harga suatu barang tertentu dng jumlah barang tsb yg diminta  Pd umumnya menurun dari kiri atas ke kanan bawah  hub antara harga & jumlah barang yg diminta memp. hubungan terbalik atau berlawanan arah  Jumlah barang yg diminta merupakan fungsi dari harga bukan sebaliknya Q = f (P), dimana P : variabel bebas dan Q : variabel tdk bebas. P bergerak kmd diikuti dng gerakan Q

5  Bila terjadi penurunan harga, maka :  Jumlah pembeli bertambah, krn yg sebelumnya tdk dapat membeli barang tsb jadi mampu membeli saat harga turun. Banyaknya jumlah pembeli akan menambah jumlah barang yang diminta.  Orang cenderung untuk membeli lebih banyak  Bila terjadi kenaikan harga, maka :  Setiap orang yg tdk mampu menurut ukuran harga barang tsb akan mengurangi permintaannya dan mengganti dng barang lain yg setara.

6  Pergerakan sepanjang kurva permintaan (movement along demand curve)  Perubahan harga menyebabkan perubahan jumlah barang yg diminta  perubahan terjadi dalam satu kurva yg sama. Jumlah barang harga

7  Pergeseran (shifting) kurva permintaan  Jika yg berubah faktor non harga  terjadi pergeseran kurva permintaan misal : pendapatan naik  kurva permintaan bergeser sejajar ke kanan pendapatan turun  kurva bergeser ke kiri harga jumlah barang

8  Pergeseran seluruh kurva permintaan disebut perubahan permintaan.  Penyebab dominan perubahan permintaan adalah :  Tingkat pendapatan masyarakat (income)  Selera masyarakat  Harga barang lain khususnya barang pelengkap dan barang pengganti • Permintaan dikatakan naik, jika :  Masyarakat bersedia membeli dalam jumlah banyak meskipun harga barang tetap.  Bersedia untuk membeli barang dalam jumlah tetap meskipun harga barang tsb naik.

9  Permintaan dikatakan turun, jika :  Masyarakat membeli dalam jumlah yg lebih sedikit meskipun harga barang tdk berubah  Membeli dalan jumlah yg tetap meskipun harga barang tsb turun. • Jika yg dimaksud perubahan satu variabel saja sedangkan semua variabel lain tetap  harus dinyatakan ceteris paribus artinya semua hal yg lain tetap. misal : jika terjadi kenaikan pendapatan masy, ceteris paribus maka permintaan naik.


Download ppt "Permintaan adalah jumlah barang/jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat, harga, waktu, dan tempat tertentu. Permintaan akan barang dan jasa setiap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google