Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMANFAATAN APLIKASI PROGRAM KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN FISIKA Disusun Oleh: Sekar Septy H. (2014005006) Hamdan A. Rahman (20140050 Asniar (201400500 Mata.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMANFAATAN APLIKASI PROGRAM KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN FISIKA Disusun Oleh: Sekar Septy H. (2014005006) Hamdan A. Rahman (20140050 Asniar (201400500 Mata."— Transcript presentasi:

1 PEMANFAATAN APLIKASI PROGRAM KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN FISIKA Disusun Oleh: Sekar Septy H. ( ) Hamdan A. Rahman ( Asniar ( Mata Kuliah Aplikasi Program Komputer Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa 2015

2 SIMULASI DAN KOMPUTERISASI FISIKA

3 Untuk tingkat perguruan tinggi, tidak hanya simulasi yang harus ditawarkan dan dikenalkan dalam pendidikan, tapi bagaimana pengetahuan komputasi dapat dilakukan untuk menunjang teori dan riset. Jika Mahasiswa fisika mengenal lab fisika dasar, lab elektronika, lab fisika lanjut dll, namun apakah semua pelajaran dan penerapan fisika ada didalam lab-lab dapat dengan mudahnya dipahami baik secara konsep ataupun aplikasinya???? Jawabnya tentu tidak

4 Dan apakah didalam kelas pengajar dapat memperlihatkan bagaimana konsep relatifitas, gaya magnet?Lintasan elektron? Spin? mencari solusi persamaan matematis dalam konsep2 fisika? Bagaimana mengevaluasi penerapan rumus matematis dalam fisika?

5 Sistem pengajaran fisika dengan komputer telah banyak dilakukan dan diajarkan oleh Universitas diluar negeri dengan menggunakan kemampuan IT dan multimedia dalam pengajarannya dalam mengevaluasi atau menyelesaikan masalah-masalah sains terutama fisika

6 Misalnya dengan menggunakan komputer, numerik, dan alat bantu visualisasi untuk memahami masalah-masalah mekanika yang mengandung unsur matematis seperti persamaan differential, integral, eigenvalues, dan eigenvector dengan memberikan alokasi "Fisika Komputasi" lebih besar lagi dengan memfokuskan solusi numerik misalnya untuk konsep gelombang, diffusion, dan persamaan Laplace via finite difference dan metode finite element.

7 Mahasiswa juga dapat mempelajari dan memahami bagaimana melakukan pekerjaan meng evaluasi persamaan integral, penyelesaian persamaan differensial atau teori calculus lainnya dalam fisika, bagaimana mengaplikasikan matrik dalam fisika, menplot persamaan atau data penelitian yg didapat, membuat pengembangan fungsi-fungsi series, mencari dasar dari suatu persamaan,dan bekerja dengan bilangan yang lebih kompleks.

8 PERANGKAT LUNAK UNTUK MEMBANTU PEKERJAAN KOMPUTERISASI FISIKA

9 Komputer juga dapat digunakan untuk menampilkan konsep-konsep fisika yang abstrak menjadi nyata melalui visualisasi statis maupun dengan visualisasi dinamis (animasi). Melalui animasi dapat dibuat suatu konsep yang lebih menarik sehingga menambah motivasi untuk mempelajari fisika.

10 Saat ini ada beberapa bahasa pemprograman dan program aplikasi yang dapat dipergunakan untuk pembuatan program animasi, antara lain Turbo Pascal, Basic, Fortran dan lain-lain. Bahasa-bahasa pemprograman tersebut dapat dipergunakan untuk pembuatan animasi namun hasilnya kurang baik.

11 Oleh sebab itu, perlu dilakukan penyempurnaan yaitu dengan melakukan analisa dan mencari model pembuatan animasi lain. Salah satu model animasi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan adobe Flash. Namun di samping itu, flash juga mempunyai kekurangan seperti untuk membuat animasi yang kompleks tentu memerlukan waktu, untuk membuat navigasi tentu perlu memahami actionscript.

12 Pengajaran fisika berbantuan komputer dapat dibuat lebih menarik lagi dengan menggunakan program adobe flash, Microsoft office excel, photoshop, corelDRAW yang kemudian dipadukan dalam program powerpoint.

13 THE OPEN SOURCE PHYSICS (OSP) Project yang didanai oleh dana riset untuk mengembangkan suatu pustaka Java berupa framework simulasi untuk modul pengajaran fisika yang meliputi material pengajaran, mulai dari fisika klasik, fisika statistik, kuantum, mekanika, dan fisika komputasi. link:

14 MATLAB Matlab adalah suatu solusi ideal yang banyak dipakai. Matlab mempunyai lingkungan yang mudah untuk mengimplementasikan metode komputasi yang dipelajasi di kelas dan sedikit pengetahuan tentang programing. oducts/matlab/ oducts/matlab/

15 LabVIEW LabVIEW adalah sebuah aplikasi program komputer yang mencoba mengenalkan kemampuan programing ke dalam penelitian dan pengenalan fisika modern, optik dan fisika klasik.

16 ANIMASI FISIKA Sudah menjadi pendapat umum bahwa fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati. Salah satu penyebabnya adalah fisika banyak mempunyai konsep yang bersifat abstrak sehingga sukar membayangkannya. Oleh sebab itu banyak siswa yang langsung saja bekerja dengan rumus-rumus fisika tanpa mencoba berusaha untuk mempelajari latar belakang falsafah yang mendasarinya.

17 ANIMASI FISIKA

18 Bila saja konsep-konsep yang bersifat abstrak itu dapat di- buat menjadi nyata sehingga mudah ditangkap oleh pancaindera, maka masalahnya akan sangat berbeda. Dalam usaha ke arah itu, maka mata pelajaran fisika didampingi dengan praktikum fisika, namun tidak semua masalah fisika dapat disimulasikan di laboratorium, lebih lagi penggunaan laboratorium terbatas hanya di sekolah.

19 Dalam fisika ada dua gejala yang dapat divisualisasikan, yaitu (1)yang berkaitan dengan gerak seperti gejala gelombang, gerak elektron- elektron di dalam atom, gerak molekul- molekul gas dalam wadah ketika dipanaskan, dan lain sebagainya; (2) yang berkaitan dengan gerak seperti garis gaya listrik, pola interferensi, difraksi, dan lain sebagainya (Soegeng: 1994).

20 Mengingat fisika merupakan konsep yang relatif abstrak, maka animasi terhadap konsep yang abstrak dapat membantu memudahkan penyerapan fisika oleh pengguna.

21 Program-program ini yang dapat memberi kesan gambar tiga dimensi, warna yang lebih tajam, animasi dan simulasi yang dipadukan dengan teks dan suara. Sehingga gejala-gejala fisis dapat ditampilkan dengan lebih menarik dan berkesan.

22 Penggunaan komputer ini diharapkan dapat menjadi salah satu alat untuk menyusun dan mengembangkan bahan ajar yang menarik, inovatif dan merangsang serta menantang rasa ingin tahu siswa yang kemudian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

23 JENIS PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS APLIKASI PROGRAM KOMPUTER 1. Media Presentasi Pembelajaran (MPP) MPP adalah alat bantu guru dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Media ini berisi pokok-pokok materi yang diajarkan. Dalam penggunaannya diperlukan improvisasi dari guru dalam transformasi materi ke siswa. Supaya media ini dapat dipelajari oleh pengguna lain, perlu disertakan bahan/uraian materi yang disajikan secara terpisah dari karya MPP.

24 2. VCD Media Pembelajaran (VMP) VMP adalah materi pelajaran yang dikemas secara audio-visual yang merupakan hasil proses kreatif (shooting) 3. Software Pembelajaran Mandiri (SPM) ) SPM adalah bahan belajar yang dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran secara mandiri sehingga peran guru tidak dominan. Dalam media ini kedalaman materi dan interaktivitas media diharapkan mampu memunculkan stimulus dan respon siswa

25 Dengan menggunakan perangkat lunak, komputer dapat digunakan untuk membuat program belajar-mengajar yang memungkinkan dilaksanakannya berbagai kegiatan seperti presentase informasi dalam bentuk teks, grafik, simulasi, animasi, latihan- latihan, umpan balik langsung, instruksi yang bersifat individual sesuai dengan kemajuan belajarnya, dan lain-lain.

26 Mahasiswa harus memiliki paradigma baru tentang konsep fisika di abad 21 ini, bagaimana hubungan antara Teori, Riset, dan Komputasi, dimana ketiga nya ini haruslah sama derajatnya.

27 Dunia perguruan tinggi bertanggung jawab untuk mengenalkannya agar tercapai hubungan sinergy antar ketiganya tidak hanya sebatas pemahaman teori namun juga penggunaan komputasi untuk menyelesaikan persoalan fisika dalam riset dan yang nantinya dapat disinkronkan dengan dunia industri.

28 Selain memfokuskan bagaimana menggunakan komputer dalam fisika, tujuan akhirnya adalah memastikan bahwa mahasiswa dapat memperoleh suatu level minimum akan komputasi fisika untuk membangun pondasi dasar dalam menyiapkan mahasiswa memasuki gerbang pintu dunia kerja.

29 DAFTAR PUSTAKA Arsyad, Azhar Media Pembelajaran. Edisi 1, Cetakan Ke-5. Jakarta: PT Grafindo Persada. Jakarta. Astuti, Dwi Teknik Membuat Animasi Professional Menggunakan Macromedia Flash 8. Yogyakarta: ANDI Offset. Ishaq Pembuatan Bahan Ajar Fisika SMU Unit Dinamika Gerak Lurus Dengan Bahasa Pemprograman Turbo Pascal. Skripsi. UNM. Makassar.

30 DAFTAR PUSTAKA Tim Peneliti dan Pengembang Wahana Komputer Pembuatan Animasi Dengan Macromedia Flash Professional 8. Jakarta: Salemba Infotek. https://belalangtue.wordpress.com/2010/07/01/ komputer-sebagai-media-pembelajaran-fisika/ https://belalangtue.wordpress.com/2010/07/01/ komputer-sebagai-media-pembelajaran-fisika/ https://www.google.com/search?q=turbo+pascal &source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=8e0pVfHNOs qRuASsvIGIBA&ved=0CAgQ_AUoAg&biw=1304& bih=637#tbm=isch&q=LabVIEW https://www.google.com/search?q=turbo+pascal &source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=8e0pVfHNOs qRuASsvIGIBA&ved=0CAgQ_AUoAg&biw=1304& bih=637#tbm=isch&q=LabVIEW


Download ppt "PEMANFAATAN APLIKASI PROGRAM KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN FISIKA Disusun Oleh: Sekar Septy H. (2014005006) Hamdan A. Rahman (20140050 Asniar (201400500 Mata."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google