Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modul ke: Fakultas Program Studi Akuntansi Biaya Cost Accounting, Cost Concept Dan Cost Information System Diah Iskandar SE., M.Si Nurul Hidayah, SE,Ak,MSi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modul ke: Fakultas Program Studi Akuntansi Biaya Cost Accounting, Cost Concept Dan Cost Information System Diah Iskandar SE., M.Si Nurul Hidayah, SE,Ak,MSi."— Transcript presentasi:

1 Modul ke: Fakultas Program Studi Akuntansi Biaya Cost Accounting, Cost Concept Dan Cost Information System Diah Iskandar SE., M.Si Nurul Hidayah, SE,Ak,MSi 01 FEB Akuntansi

2 Cost Accounting dan Cost Concept PERANAN AKUNTANSI BIAYA BAGI MANAJEMEN Pengumpulan, dan analisis dari informasi mengenai biaya dan keuntungan membantu manajemen menyelesaikan tugas- tugas berikut : Membuat dan melaksanakan rencana dan anggaran untuk operasi dalam kondisi-kondisi kompetitif dan ekonomi yang telah diprediksikan sebelumnya. Menetapkan metode perhitungan biaya yang memungkinkan pengendalian aktivitas, mengurangi biaya, dan memperbaiki kualitas. Mengendalikan kuantitas fisik dari persediaan, dan menentukan biaya dari setiap produk dan jasa yang dihasilkan, untuk tujuan penetapan harga dan evaluasi kinerja dari suatu produk, departemen, atau divisi.

3 Cost Accounting dan Cost Concept Cost Accounting dan Cost Concept Kelompok manajemen eksekutif (TOP MANAGEMENT) atau tingkatanya meliputi Direktur atau Direksi Perusahaan. Kelompok manajemen menengah (Midle Management) meliputi Manager Cabang, Kepala Departemen, Kepala Devisi atau yang setingkat. Kelompok manajemen operasi (Lower Management) meliputi Mandor (supervisor). Semua kelompok manajemen tersebut di atas memerlukan data biaya yang harus di sajikan secara sistematis dalam melaksanakan fungsi manajemen yaitu untuk menentukan tujuan perusahaan dan merealisasi atau mencapai tujuan tersebut dengan efektif dan efisien.

4 Cost Accounting dan Cost Concept Wewenang, Tanggungjawab, dan Akuntabilitas Wewenang adalah kekuasaan untuk mengarahkan orang lain guna melakukan atau tidak melakukan suatu aktivitas. Tanggungjawab (kewajiban) : kewajiban sangan berkaitan dengan wewenang. Tanggung jawab pada prinsipnya berasal dari hubungan atasan bawahan, dimana atasan memiliki wewenang untuk meminta orang lain melakukan suatu pekerjaan tertentu. Jika seorang bawahan melakukan pekerjaan itu, maka mereka menciptakan tanggung jawab mereka sendiri. Tangung jawab berkaitan dengan otoritas dan berasal dari hubungan atasan-bawahan Akuntabilitas :Pelaporan hasil kepada wewenang yang lebih tinggi. Pelaporan adalah penting karena memungkinkan dilakukannya pengukuran atas seberapa jauh tujuan telah dicapai.

5 Cost Accounting dan Cost Concept Cost Accounting dan Cost Concept Pengertian Akuntansi Biaya Akuntansi Biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen dalam memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis, serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

6 Cost Accounting dan Cost Concept Pengertian Cost Accounting adalah Akuntansi yang membicarakan tentang penentuan harga pokok ( Cost ) dari sesuatu produk yang diproduksi atau dijual di pasar baik untuk memenuhi pesanan maupun untuk menjadi persedian barang dagangan yang akan dijual. Tujuan Cost Accounting : adalah menyediakan satu informasi yang diperlukan manajemen dalam mengelola perusahaan yaitu informasi biaya yang bermanfaat untuk : Perencanaan dan pengendalian biaya Penentuan harga pokok produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan pengambilan keputusan oleh manajemen

7 Cost Accounting dan Cost Concept Cost Accounting dan Cost Concept Pengertian Biaya Biaya dalam pengertian yang luas merupakan pengorbanan sumber ekonomi yang dilakukan memeperoleh manfaat Pengorbanan tersebut pada tanggal perolehan dinyatakan dengan pengurangan kas atau aktival lainnya pada saat ini atau dimasa mendatang.

8 COST CONCEPT COST CONCEPT Berikut ini akan dibahas beberapa konsep yang sering dipakai : Harga perolehan ( Cost ) Harga perolehan adalah harga pokok dari suatu barang dengan jumlah yang dapat diukur dalam satuan uang, dalam bentuk – Kas yang dibayarkan – Nilai aktiva lainnya yang dikorbankan, – Nilai jasa yang dikorbankan – Atau hutang yang ditimbul dalam rangka memperoleh barang atau jasa.

9 COST CONCEPT Beban ( Expenses ) Expenses adalah harga perolehan yang dikorbankan dalam rangka memperoleh pengasilan ( revenues ) dan akan dipakai sebagai pengurang penghasilan. Beban (expenses) digolongkan kedalam harga pokok penjualan, biaya penjualan, biaya administrasi dan umum, biaya bunga, dan lain – lain.

10 COST CONCEPT Pengahasilan ( Revenues ) Penghasilan adalah jumlah yang dapat diukur dalam satuan uang dalam bentuk, kas yang diterima, piutang yang timbul, dalam rangka penjualan dagang atau yang diterima, piutang yang, dalam rangka penjualan barang dagang atau jasa yang di lakukan oleh perusahaan kepada pihak lain secara kredit.

11 COST CONCEPT. Rugi dan laba ( profit and loss ) Rugi dan laba adalah hasil dari proses mempertemukan secara wajar antara semua penghasilan dengan semua biaya dalam periode akuntansi yang sama. Apabila semua penghasilan lebih besar di bandingkan biaya maka selisihnya adalah laba bersih. akan tetapi apabila semua penghasilan lebih kecil di bandingkan dengan biaya, selisihnya adalah rugi.

12 COST OBJECT Objek biaya adalah segala hal seperti produk, proyek, dan lain- lain kemana biaya- biaya diukur dan dibebakan. Contoh : menghitung berapa biaya untuk memeproduksi sepeda, maka objek biaya adalah sepeda. Jika tujuannya adalah menentukan biaya pengembangan produk maka objek biaya adalah proyek mengembangkan produk.

13 COST CLASIFICATION 1. Biaya dapat diklafisikasikan sesuai dengan hubungannya dengan produk.. Proses klasifikasi biaya dan beban dapat dimulai dengan menghubungkan biaya ke tahapan yang berbeda dalam operasi suatu bisnis. Dalam perusahaan manufaktur biaya dapat digolongkan kedalam: biaya manufaktur dan biaya komersial

14 COST CLASIFICATION Biaya manufaktur (manufacturing cost) disebut juga biaya produksi, yaitu yang berhubungan dengan kegitan pengolahan bahan baku menjadi barang jadi, biayanya disebut biaya produksi dapat didefinisikan jumlah dari ketiga elemen biaya terdiri dari biaya bahan baku ( direct material ), biaya tenaga kerja langsung (direct labor ), biaya overhead pabrik (factory overhead cost ).

15 COST CLASIFICATION Direct material adalah semua bahan baku yang membentuk barang jadi dan dimasukkan dalam perhitungan biaya produk. Contoh dari biaya bahan baku adalah kayu yang digunakan untuk membuat furniture.

16 COST CLASIFICATION Direct labor adalah tenaga kerja yang melakukan konversi bahan baku langsung menjadi barang jadi. Pekerja yang langsung berhubungan langsung dalam proses produksi mengolah bahan mentah menjadi barang jadi disebut direct labor.

17 COST CLASIFICATION Factory overhead (FOH) disebut juga overhead manufaktur, beban manufaktur atau beban pabrik terdiri dari semua biaya produksi yang dikeluarkan untuk memproses produksi selain dari direct material dan direct labor yaitu bahan penolong, tenaga kerja tidak langsung, dan lain-lain.

18 COST CLASIFICATION Biaya produksi dapat dikelompokkan menjadi prime cost dan conversion cost. Biaya utama (prime cost) adalah biaya produksi yang utama dalam proses mengolah bahan mentah menjadi barang jadi, seperti: direct material dan direct labor.

19 COST CLASIFICATION Biaya konversi (conversion cost) adalah biaya produksi yang digunakan untuk mengkonversi bahan baku langsung menjadi barang jadi, seperti: direct labor dan factory overhead.

20 COST CLASIFICATION Beban Komersial(commercial expenses) terdiri atas dua klasifikasi umum: beban pemasaran dan beban administrasi. Beban pemasaran, yaitu beban yang berhubungan dengan fungsi kegitan penjualan produk selesai yang siap untuk dijual. Biaya penjualan, biaya pengiriman barang, biaya iklan

21 COST CLASIFICATION Beban administrasi dan umum, adalah fungsi yang berhubungan secara keseluruhan, biayanya disebut biaya administrasi dan umum

22 COST CLASIFICATION Klasifikasi berdasarkan dengan hubungan terhadap kegiatan atau volume produksi, maka biaya dapat dikelompokkan; a. Biaya tetap (Fixed Cost) b.biaya variabel, c. biaya semivariabel.

23 COST CLASIFICATION Klasifikasi biaya dalam hubungannya dengan departemen produksi atau segmen lainnya. Suatu bisnis dapat dibagi menjadi segmen- segmen yang memiliki berbagai nama menjadi departemen, proses, unit kerja, pusat biaya, yaitu biaya langsung (direct material)dan biaya tidak langsung (indirect material).

24 COST CLASIFICATION Klasifikasi sesuai dengan periode akuntansi dimana biaya akan dibebankan, dapat digolongkan sebagai Capital Expenditure adalah pengeluaran yang akan memberikan manfaat pada beberapa periode akuntansi dan sebagai pengeluaran penghasilan (Revenue Expenditures) adalah pengeluaran yang akan memberikan manfaat hanya pada periode akuntansi.

25 COST CLASIFICATION Klasifikasi biaya sesuai dengan tujuan pengambilan keputusan yaitu; biaya relevan dan biaya tidak relevan. Biaya diferensial adalah salah satu nama dari biaya relevan untuk satu pilihan di antara banyak alternatif lainnya, contoh biaya relevan adalah biaya variabel.

26 Terima Kasih Diah Iskandar, SE., M.Si Nurul Hidayah,SE,Ak,MSi


Download ppt "Modul ke: Fakultas Program Studi Akuntansi Biaya Cost Accounting, Cost Concept Dan Cost Information System Diah Iskandar SE., M.Si Nurul Hidayah, SE,Ak,MSi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google