Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konsep Struktur Bangunan Pertemuan 1 Matakuliah: R0474/Teknologi Bangunan I Tahun: 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konsep Struktur Bangunan Pertemuan 1 Matakuliah: R0474/Teknologi Bangunan I Tahun: 2007."— Transcript presentasi:

1 Konsep Struktur Bangunan Pertemuan 1 Matakuliah: R0474/Teknologi Bangunan I Tahun: 2007

2 Bina Nusantara KONSEP STRUKTUR BANGUNAN Pertemuan 1 Semua benda yang ada dimuka bumi dipengaruhi daya tarik Gravitasi, yang berarti setiap benda yang ada akan menekan pada permukaan Bumi. Kestabilan pada alas benda berada tergantung dari bobot benda dan dimana alas benda tersebut berada.

3 Bina Nusantara Agar benda tersebut tetap berdiri dengan stabil, maka diperlukan adanya cara untuk menyeimbangkan antara beban dan daya kekuatan tanah pada tempat alas bendanya. Ada 3 hal yang menjadi dasar untuk menentukan sistem struktur : a. Apakah konstruksi itu cukup kuat b. Apakah konstruksi itu cukup kaku c. Apakah konstruksi itu cukup lentur ( elastis ).

4 Bina Nusantara 1.1. Pengertian Struktur Bangunan, suatu cara penyaluran gaya-gaya yang berasal dari beban Bangunan ( atap, balok, kolom dan dinding dsb. ) dapat diteruskan ke Tanah melalui Pondasi tanpa adanya perubahan baik bentuk maupun posisi Bangunan.

5 Bina Nusantara 1.2. Perbedaan Struktur dan Konstruksi : Struktur, adalah suatu cara penyaluran Gaya dengan metode tertentu agar Gaya selalu dalam keadaan seimbang pada tiap tumpuan sampai pada tumpuan terakhir yaitu Tanah. Konstruksi, adalah suatu cara pelaksanaan dalam pembangunan dengan penggunaan bahan tertentu untuk menjadi sebuah Bangunan, dimana bahan bangunan yang digunakan bisa lebih dari satu jenis.

6 Bina Nusantara

7 Penyaluran gaya Pada gambar sebelah kiri terlihat beban dari atap langsung jatuh pada kolom dan bagian tengahnya karena hanya merupakan dinding partisi tidak menyalurkan beban/ gaya. Pada gambar bagian janan terlihat kolomnya makin kebaeah makin besar, karena kolom setiap bagian bawah akan menerima beban yang ada diatasnya sehingga pada kolom terbawah dengan sendirinya yang paling banyak menerima beban, sehingga memerlukan penampang yang lebih besar dibanding yang ada diatasnya.

8 Bina Nusantara


Download ppt "Konsep Struktur Bangunan Pertemuan 1 Matakuliah: R0474/Teknologi Bangunan I Tahun: 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google