Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sesar naik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sesar naik."— Transcript presentasi:

1 Sesar naik

2 Sesar Pengertian sesar : suatu bidang pecah (fracture) yang memotong suatu tubuh batuan disertai oleh adanya pergeseran yang bisa terjadi sepanjang garis lurus (translasi) atau terputar (rotasi) Sesar Naik Sesar Normal Sesar mendatar Sesar miring

3 Sesar Naik (Reverse and Thrust Fault)
4/25/2017 Pengertian : patahan hasil dari gaya tegasan kompresional horisontal pada batuan yang bersifat retas, dimana “hangingwall block” berpindah relatif kearah atas terhadap “footwall block”. Reverse fault Thrust fault Ciri-ciri sesar naik: ·          sesar naik mempunyai kemiringan landai (low-angle, <45º) (THRUST) sampai curam (high angle, ~60º) (REVERSE FAULT) ·          gerak geser dapat lebih cepat daripada erosi sehingga menghasilkan rombakan yang bersatu (bercampur) dengan breksi sesar ·          gejala seretan dan pembentukan sesar-sesar sekunder sangat umum ·          jalur sesar rumit ·          di lapangan sulit dikenal, dan rentan erosi ·          kedudukan bidang sesar sukar ditentukan ·          erat kaitannya dengan struktur lipatan. Courtesy:

4 4/25/2017 Source : (http://www.tulane.edu/~sanelson/eens1110/deform.htm) (http://recursos.cnice.mec.es/biosfera/alumno/4ESO/MedioNatural2/contenido1.htm)

5 4/25/2017 PENYEBAB SESAR NAIK Terjadi apabila hanging wall relatif bergerak naik terhadap foot wall. PENYEBAB SESAR NAIK Sesar naik atau Thrust fault, terjadi apabila hanging wall relatif bergerak naik terhadap foot wall. Berdasarkan sistem tegasan pembentuk sesarnya, posisi tegasan utama dan tegasan minimum adalah horizontal dan tegasan menengah adalah vertikal. Penyebab terjadinya Sesar Sesar atau yang biasa di sebut dengan fault adalah rekahan yang terbentuk karena mengalami pergeseran sehingga terjadi perpindahan antara bagian-bagian yang berhadapan dengan arah yang sejajar dengan bidang patahan, pergeseran ini dapat berjalan dengan cepat dan dapat juga berjalan dengan lambat. Hal ini akhirnya dapat menyebabkan pergeseran lapisan tanah , tanah longsor bahkan dapat menyebabkan gempa bumi. Pergeseran dapat berkisar dari beberapa milimeter sampai ratusan meter dan panjangnya dapat mencapai beberapa miliimeter hingga ribuan meter. sesar dapat terjadi pada segala jenis batuan. Akibat terjadinya pergeseran itu, sesar akan mengubah perkembangan topografi, mengontrol air permukaan dan bawah permukaan, merusak stratigrafi batuan dan sebagainya.

6 4/25/2017 Unsur-unsur sesar 1. Bidang sesar, 2. Hanging-wall, 3. Foot-wall, 4. Throw, 5. Heave, dan 6. Pitch. Unsur-unsur sesar dalam mengenali dan memahami sesar, para ahli geologi membuat beberapa unsur-unsur yang dimiliki oleh struktur sesar, meliputi : 1. Bidang sesar, 2. Hanging-wall, 3. Foot-wall, 4. Throw, 5. Heave, dan 6. Pitch. Courtsey: showcase.Uhi.Ac.Uk

7 Video SESAR NAIK.swf usgs.gov

8 4. DEFORMASI BATUAN TEORI ANDERSON
 Gambar 1 : Sistem tegangan utama yang terjadi di litosfera       

9 TEORI ANDERSON Distribusi Tegangan   3 1

10 4/25/2017

11 http://jurnal-geologi. blogspot. co

12 http://www. geology. cwu. edu/facstaff/charlier/courses/g360/anderson

13 http://www. bmkg. stageoflampung. com/main/index. php

14 Istilah-istilah Sesar Naik

15

16

17 4/25/2017 Posisi bidang sesar dapat relatif sejajar dengan bidang lapisan batuan yang dinamakan sebagai flat dan apabila memotong bidang lapisan dinamakan sebagai ramp

18 Posisi flat searah dengan Tectonic transport dinamakan Frontal Ramp
https://theotherofmyself.wordpress.com/2012/05/04/struktur-geologi-patahansesar-faults/

19 Posisi flat berlawanan arah dengan Tectonic transport dinamakan Back-Thrust

20 Apabila urutan pembentukan sesar naiknya makin muda ke arah bidang sesar awal dinamakan sebagai overstep dan jika terjadi sebaliknya dinamakan sebagai piggyback.

21 Contoh Sesar Naik Sesar Glarus Di Switzerland
Sumber: Wikipedia.com/Listoffaultzone

22 Longsmen Fault di Sichuan China
Sumber: Wikipedia.com/Listoffaultzone

23 Tacoma Fault di Washington,USA
San Ramon Fault terletak di Chile Sumber: Wikipedia.com/Listoffaultzone

24 Penamaan dan geometri sesar naik

25 REVERSE / THRUST FAULT

26 REVERSE FAULT Thrust dan reverse fault terbentuk oleh kompresif stress horizontal yang mengakibatkan kerak bumi berkontraksi . Jika kemiringan lebih kecil dari 45 derajat disebut thrust fault. Hangingwall bergerak keatas relatif terhadap footwall, sehingga menempatkan batuan yang lebih tua diatas batuan yang lebih muda.

27 4/25/2017 Contoh Reverse Faults

28 4/25/2017 Contoh Thrust Faults Jika sudut kemiringan bidang sesar kecil (umumnya 20 dari horizontal) dan jika pergerakan dari hanging wall sangat besar , maka sesarnya disebut overthrust. Hangingwall pada thrust biasanya sangat tipis dibandingkan dengan panjang dan lebarnya sehingga biasanya disebut dengan thrust sheet atau nappe. Ramp ialah bagian dari Fault yang biasanya memotong perlapisan. Flat ialah bagian dari Fault yang paralel terhadap perlapisan. Ramp-falt merupakan bagian yang penting karena biasanya pada struktur hangingwallnya dapat terperangkap hidrokarbon ( minyak dan gas )

29 http://www. google. co. id/imgres. imgurl=http://www. minimegeology

30 Blind Thurst Fault

31 Sesar naik yang bidang sesarnya tidak menembus permukaan
4/25/2017 Sesar naik yang bidang sesarnya tidak menembus permukaan Suatu jenis patahan, yang tidak muncul di permukaan, yang benar-benar tersembunyi di bawah lapisan batuan permukaan . blind thrust fault memiliki bidang sesarnya berhenti sebelum sampai permukaan bumi contohnya gempa di northbridge, CA, tahun 1994 diketahui disebabkan oleh jenis thrust fault ini. Karena kurangnya bukti permukaan, blind thrust fault sulit untuk dideteksi sampai mereka pecah.

32 VIDEO Blind Thrust Fault.swf usgs.gov

33 Faults Bend Folds

34 Fault Bend Folds Terjadi pada zona lemah lapisan sedimen seperti mudstone Membentuk antiklin pada bagian atas Flat-ramp-flat geometry for fault surface Fault surface exists across entire cross-section Fold develops above ramp where limb angles related to fault dip

35 Shear in hangingwall can affect limb width and fold geometry
4/25/2017 Shear in hangingwall can affect limb width and fold geometry

36 VIDEO Fault Bend Folds.mov usgs.gov

37 Faults PROPAGATION FOLD

38 Fault Propagation Fold
Terjadi ketika terjadi slip pada penjalaran thrust fault sehingga memotong bagian atasnya dan mengubah pemendekannya menjadi sebuah lipatan yang berkembang pada ujung patahan di atas lereng dengan sudut sayap bagian depan yang seragam. 4/25/2017 Fault Propagation Fold Terjadi ketika terjadi slip pada penjalaran thrust fault sehingga memotong bagian atasnya dan mengubah pemendekannya menjadi sebuah lipatan yang berkembang pada ujung patahan di atas lereng dengan sudut sayap bagian depan yang seragam. Geometri dari fault-propagation fold dapat termodifikasi oleh perubahan dalam penjalaran thrust. Lipatan yang terbentuk pada pada ujung thrust fault Terdiri dari patahan-patahan Memiliki pasangan sinklin dan antiklin homepage.ufp.pt//WebBasPrinTectonics/images/Fig.415-FaultPropagation.jpg

39 Proses Terjadinya Fault-Propagation Fold
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/bc/Thrust_with_fault_propagation_fold.svg

40 Contoh Fault-Propagation Fold

41 Duplex Thrust

42 Duplex adalah sebuah sistem sesar sungkup imbricated yang bercabang dari floor thrust kemudian berbelok ke atas kemudian menyatu dengan roof thrust pada roof thrust. Struktur duplex memiliki berbagai bentuk tergantung pada besarnya displacement dari tiap horst.

43 Jenis Thrust Duplex Hinterland dipping : thrust yang terbentuk akibat dari sesar naik yang memotong footwall sehingga membentuk rangkaian undakan.

44 Hinterland Dipping Duplex

45 Hinterland Dipping Duplex

46 Hinterland Dipping Duplex

47 Hinterland Dipping Duplex

48 Jenis Thrust Duplex Antiformal Stack : Sama seperti Hinterland Dipping, hanya saja memiliki displacement yang lebih besar antara patahan baru dengan patahan yang ada sebelumnya.

49 Antiformal Stack

50 Antiformal Stack

51 Antiformal Stack

52 Antiformal Stack

53 Antiformal Stack

54 Jenis Thrust Duplex Foreland Dipping : Mirip seperti Hinterland Dipping dan Antiformal Stack, namun memiliki displacement terbesar diantara ketiganya, sehingga patahan yang termuda dapat meng- overlap patahan yang baru akan terbentuk.

55 Terima Kasih


Download ppt "Sesar naik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google