Jaringan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

PENGENALAN INTERNET M. Masrur, SKom.
KONSEP DASAR WEB DAN INTERNET
NAMA : Amirul mu’minin jurusan :Perikanan NIM :
Bab 8 Aplikasi Internet.
Web Service.
Kelas A & B Jonh Fredrik Ulysses STMIK PALANGKARAYA - JFU
JAVA Network Programming. Apa itu JAVA? ● Bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun ● Dikembangkan.
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Jaringan Socket Programming Aurelio Rahmadian.
Konsep Dasar Protokol Jaringan
Komunikasi antar Proses
Sistem Komunikasi.
Pemrograman Client Server
Pengenalan Pemrograman Jaringan Materi 1 Pemrograman Jaringan Dosen: Eko Prasetyo Teknik Informatika UMG 2012.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Socket Programming Hernando Ivan Teddy S.Kom. Pertemuan 6 Pemrograman Jaringan STMIK GI MDP PALEMBANG 2013.
Network Software (Perangkat Lunak Jaringan)
Internet dan Pemanfaatannya
Socket Programming Isbat Uzzin.
Pengembang aplikasi memiliki kemampuan untuk memperbaiki beberapa parameter TCP, seperti buffer dan maksimum ukuran segmen maksimum Socket Programming.
PEMROGRAMAN WEB DASAR Humisar Hasugian, S.Kom.
UDP.
DASAR SOCKET PROGRAMMING
- PERTEMUAN 8- NETWORK PBO. Pengantar Java mengijinkan anda untuk mempermudah mengembangkan aplikasi yang mengerjakan berbagai pekerjaan melalui jaringan.
TCP/IP SOCKET Sujoko.
Pertemuan ke-10 perkuliahan komunikasi data
Modul 2 : Teknologi Informasi Lecture Note: Inayatullah, S.Kom., M.Si. Yoannita, S.Kom Hardware Komputer Software Komputer Manajemen Sumber Daya Data Telekomunikasi.
Bab 12 Application Layer Abdillah, MIT.
Overview Teknologi Internet
Pertemuan 1 Pengenalan Dasar Web.
Mendapatkan input dari keyboard
Socket Programming - 1 (TCP)
Java Remote Object Invocation (RMI)
Input/output dan Kelas File
Fakultas Ilmu Komputer Informatika Universitas Bina Darma
PENGENALAN INTERNET & PENGANTAR E-BISNIS
Yuliana Setiowati Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Networking Belajar bagaimana menerapkan sebuah MIDlet yang mempunyai kemampuan koneksi ke dalam jaringan Membuat koneksi HTTP, HTTP Redirects, HTTPS,
MENDAPATKAN INPUT DARI KEYBOARD.
Aplikasi berbasis teks
Application Layer Abdillah, MIT.
Pertemuan 3 Khairul Anwar Hafizd
PENEGENALAN INTERNET & PENGANTAR E-BISANIS
Input/output dan Kelas File
Mendapatkan Input dari Keyboard
INPUT DATA, PERCABANGAN & PERULANGAN DENGAN JAVA
Pengaksesan Jaringan (Connection)
BAB XI EXCEPTION HANDLING.
Dosen : Bella Hardiyana, S. Kom
Mendapatkan input dari keyboard
Tugas Minggu Ke 9 PBO Siti Halisah
Method.
Bab 12 Application Layer Abdillah, MIT.
Socket Programming - 1 (TCP)
Socket Programming - 2 (UDP)
Erizal, S.Si, M.Kom Internet dan Web Erizal, S.Si, M.Kom
PENGENALAN INTERNET PTKI 1C______ Materi Minggu ke - 5.
Aplikasi Berbasis Teks
Model Referensi OSI.
Internet dan Web Erizal, S.Si, M.Kom.
BERBAGAI APLIKASI DI INTERNET
Komunikasi antar Proses
Mendapatkan input dari keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pertemuan 2.
Transcript presentasi:

Jaringan

Topik Konsep Dasar Jaringan Package Jaringan Java IP Address Protocol Port Paradigma Client dan Server Socket Package Jaringan Java ServerSocket dan Class Socket MulticastSocket dan Class DatagramPacket

Konsep dasar Jaringan Internet Sebuah jaringan global dari banyak komputer yang dihubungkan bersama dalam banyak jalan atau cara. Memiliki fungsi yang sama walaupun dihubungkan bersama dengan berbagai macam hardware dan software Dimungkinkan melalui komunikasi standard yang dibuat dan dikonfirmasikan Menjamin keseimbangan dan kehandalan komunikasi

Konsep dasar Jaringan : IP Address Secara logika serupa dengan alamat pengeposan tradisional Sebuah alamat dibuat unik untuk mengidentifikasi object khusus. Setiap komputer yang terhubung ke internet memiliki IP address unik. Sebuah nomor 32-bit digunakan secara unik untuk mengidentifikasi tiap komputer yang terhubung ke internet 192.1.1.1 docs.rinet.ru

Konsep dasar Jaringan : Protocol Mengapa protocol? Jenis komunikasi yang berbeda yang melalui internet Masing-masing jenis komunikasi memerlukan sebuah protocol yang spesifik dan unik Definisi Seperangkat peraturan dan standard yang menggambarkan jenis tertentu dari komunikasi internet Menjelaskan informasi berikut : Bentuk data yang dikirim melalui internet Bagaimana data tersebut dikirim Kapan data tersebut dikirim

Konsep dasar Jaringan : Protocol Bukan hal baru lagi untuk kita. Perhatikan jenis pembicaraan ini : "Halo." "Halo. Selamat Siang. Bolehkah saya berbicara dengan Joan?" "Okay, tunggu sebentar." "Terima kasih." ... Protocol sosial digunakan dalam pembicaraan melalui telepon. Memberikan kita keyakinan dan keakraban untuk mengetahui harus berbuat apa.

Konsep dasar Jaringan : Protocol Beberapa protocol penting yang melalui internet: Hypertext Transfer Protocol (HTTP) Digunakan untuk mentransfer dokumen HTML di Web File Transfer Protocol (FTP) Lebih umum dibandingkan dengan HTTP Mengijinkan Anda untuk mentransfer data binary melalui internet Kedua protocol memiliki aturan dan standard mereka sendiri dalam hal bagaimana data ditransfer Java menyediakan fasilitas untuk kedua protocol tersebut

Konsep dasar Jaringan : Port Protocol hanya bisa dipahami ketika digunakan dalam konteks sebuah layanan. Protocol HTTP digunakan ketika Anda menyediakan isi Web melalui layanan HTTP Masing-masing komputer di internet dapat menyediakan berbagai macam layanan. Mengapa Port? Jenis dari suatu layanan harus dikenal terlebih dahulu sebelum sebuah informasi dapat ditransfer

Konsep dasar Jaringan : Port Definisi : Sebuah nomor 16-bit yang mengidentifikasikan setiap layanan yang ditawarkan oleh sebuah server jaringan. Menggunakan layanan tertentu untuk menetapkan sebuah jalur komunikasi melalui sebuah protocol yang spesifik Memerlukan koneksi kepada port yang sesuai

Konsep dasar Jaringan : Port Port standard Bilangan yang spesifik yang dihubungkan dengan jenis layanan tertentu Contoh: Layanan FTP terletak pada port 21 Layanan HTTP terletak pada port 80 Dengan nilai port di bawah 1024 Nilai port di atas 1024 Disediakan untuk komunikasi custom Jika telah digunakan oleh komunikasi custom, Anda harus mencari nilai-nilai yang belum digunakan

Konsep dasar Jaringan : Paradigma Client/Server Dasar untuk framework jaringan Java Melibatkan dua unsur utama : Client Sebuah mesin yang membutuhkan informasi Server Sebuah mesin yang menyimpan informasi dan menunggu untuk memberikannya Skenario: Client terhubung ke sebuah server dan meminta informasi tertentu Server menanggapi permintaan dan mengembalikan informasi kepada client.

Konsep dasar Jaringan : Paradigma Client/Server

Konsep dasar Jaringan : Socket Definisi : Software abstrak untuk media input atau output dari komunikasi Saluran komunikasi yang memungkinkan Anda untuk mentransfer data melalui sebuah port tertentu Sebuah titik akhir untuk komunikasi antara dua mesin Jenis tertentu dari jaringan komunikasi yang sering digunakan dalam pemrograman jaringan Java Java melakukan semua jaringan low-level melaui socket

Package Jaringan Java package java.net Menyediakan banyak class yang berguna untuk mengembangkan aplikasi jaringan Beberapa class dalam package : ServerSocket Socket MulticastSocket DatagramPacket

Class ServerSocket Menyediakan fungsi dasar sebuah server Memiliki empat konstruktor

Class ServerSocket : Method

Class ServerSocket : Contoh import java.net.*; import java.io.*; public class EchoingServer { public static void main(String [] args) { ServerSocket server = null; Socket client; try { server = new ServerSocket(1234); //1234 adalah port yang tidak digunakan } catch (IOException ie) { System.out.println("Cannot open socket."); System.exit(1); } //bersambung...

Class ServerSocket : Contoh while(true) { try { client = server.accept(); OutputStream clientOut = client.getOutputStream(); PrintWriter pw = new PrintWriter(clientOut, true); InputStream clientIn = client.getInputStream(); BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(clientIn)); pw.println(br.readLine()); } catch (IOException ie) {}}} }

Class Socket Mengimplementasikan sebuah socket client Memiliki delapan konstruktor Dua diantaranya adalah sebagai berikut:

Class Socket : Method

Class Socket : Contoh import java.io.*; import java.net.*; public class MyClient { public static void main(String args[]) { try { /* Socket client = new Socket("133.0.0.1", 1234); */ Socket client = new Socket(InetAddress.getLocalHost(), 1234); //bersambung...

Class Socket : Contoh InputStream clientIn = client.getInputStream(); OutputStream clientOut = client.getOutputStream(); PrintWriter pw = new PrintWriter(clientOut, true); BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(clientIn)); BufferedReader stdIn = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); System.out.println("Type a message for the server: "); //bersambung...

Class Socket : Contoh pw.println(stdIn.readLine()); System.out.println("Server message: "); System.out.println(br.readLine()); pw.close(); br.close(); client.close(); } catch (ConnectException ce) { System.out.println("Cannot connect to the server."); } catch (IOException ie) { System.out.println("I/O Error."); }

Class MulticastSocket Bermanfaat untuk aplikasi yang menerapkan komunikasi secara berkelompok IP address untuk sebuah grup multicast berada di dalam cakupan 224.0.0.0 sampai 239.255.255.255 alamat 224.0.0.0 telah dipesan dan tidak boleh digunakan Memiliki tiga konstruktor

Class MulticastSocket : Method

Class MulticastSocket Mengirim sebuah pesan kepada grup Harus seorang anggota grup multicast dengan menggunakan method joinGroup Menggunakan method send Begitu selesai, dapat menggunakan method leaveGroup Method send Dibutuhkan untuk melewatkan sebuah object DatagramPacket

Class DatagramPacket Digunakan untuk mengirim data melalui protocol yang tanpa koneksi Masalah : Pengiriman paket tidak dijamin Memiliki enam konstruktor

Class DatagramPacket : Method

Class MulticastSocket : Contoh Server import java.net.*; public class ChatServer { public static void main(String args[]) throws Exception { MulticastSocket server = new MulticastSocket(1234); InetAddress group = InetAddress.getByName("234.5.6.7"); //getByName- Mengembalikan IP addres yang dikirim oleh host server.joinGroup(group); boolean infinite = true; //bersambung

Class MulticastSocket : Contoh Server /* Terus menerus menerima data dan menampilkannya */ while(infinite) { byte buf[] = new byte[1024]; DatagramPacket data = new DatagramPacket(buf, buf.length); server.receive(data); String msg = new String(data.getData()).trim(); System.out.println(msg); } server.close();

Class MulticastSocket : Contoh Client import java.net.*; import java.io.*; public class ChatClient { public static void main(String args[]) throws Exception { MulticastSocket chat = new MulticastSocket(1234); InetAddress group = InetAddress.getByName("234.5.6.7"); chat.joinGroup(group); String msg = ""; //bersambung

Class MulticastSocket : Contoh Client System.out.println("Type a message for the server:"); BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)); msg = br.readLine(); DatagramPacket data = new DatagramPacket(msg.getBytes(), 0, msg.length(), group, 1234); chat.send(data); chat.close(); }

Kesimpulan Konsep dasar Jaringan IP Address Protocol Port Paradigma Client/Server Socket

Kesimpulan Package jaringan Java ServerSocket Socket MulticastSocket DatagramPacket