RENCANA PEMASARAN
Pemasaran adalah: kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe), dalam menghasilkan barang dan jasa (Product). Tujuan pemasaran adalah: bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen.
1. Penentuan kebutuhan pasar 2. Penentuan : - Segmentasi - Targeting - Positioning 3. Penetapan Marketing Mix - Product, price, promotion & place 4. Menempatkan strategi pasar dlm persaingan (Market driven)
Riset pasar Riset Perilaku Konsumen Focus Group Discussion (FGD)
Sementasi adalah Mengindentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin meminta produk dan atu bauran pemasaran tersendiri Dasar Segmentasi : 1. Demografi 2. Geografi 3. Psikologis 4. Perilaku
Targeting adalah Memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki Konsentrasi segmen tunggal Spesialisasi selektif Spesialisasi Pasar Spesialisasi Produk Cakupan pasar secara keseluruhan : - Dibedakan - Tak dibedakan
Penentuan Posisi adalah membentuk dan mengkomunikasika n manfaat utama yang membedakan produk dalam pasar. Cara : Unik Yang pertama kali Unggul Tidak mudah ditiru Dapat dikomunikasikan
Sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dipakai atau dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
1. CONVENIENCE GOODS 2. SHOPPING GOODS 3. SPECIALTY GOODS 4. UNSOUGHT GOODS
Nama, istilah, tanda, simbol atau kombinasi dari hal-hal tersebut, yang di maksudkan untuk mengidentifikasikan barang/jasa dari penjual dan untuk membedakan dengan produk pesaing
Mencerminkan manfaat dan mutu produk Mudah diucapkan Harus terbedakan Nama tersebut harus dapat didaftarkan dan mendapatkan perlindungan hukum
Jumlah dari nilai yang dipertukarkan konsumen untuk manfaat memiliki atau menggunakan suatu produk. Nilai yang disebutkan dalam Rp atau satuan moneter lainnya
1. Strategi Premium 2. Strategi Nilai Tinggi 3. Strategi nilai super 4. Stretegi terlalu mahal 5. Strategi nilai menengah 6. Strategi nilai baik 7. Strategi penipuan 8. Strategi ekonomi palsu 9. Strategi ekonomis Harga Tinggi Sedang Rendah Tinggi Menengah Rendah
Mahasiswa akan melakukan simulasi pembelian dan penjualan. Mahasiswa dibagi dalam kelompok : 1. Penjual 2. Pembeli 3. Pengamat
DISTRIBUSI Kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dari produsen ke pembeli sesuai kebutuhan
P rodusen konsumen Pengecer Pedagang Besar Pengecer Pemborong ZERO LEVEL CHANNEL ONE LEVEL CHANNEL TWO LEVEL CHANNEL THREE LEVEL CHANNEL
PERIKLANAN : Segala bentuk presentasi bukan pribadi dan promosi tentang gagasan, barang atau jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu Promosi penjualan terdiri dari kumpulan kiat insentif yang beragam, umumnya berjangka pendek, dirancang untuk mendorong pembelian suatu produk/jasa tertentu secara lebih cepat atau lebih besar oleh konsumen atau pedagang.
Penjualan Personal : Interaksi langsung dengan satu calon pembeli atas lebih untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima pesanan Pemasaran Langsung Sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan/ transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.
Public Kelompok manapun yang memiliki kepentingan aktual atau potensial atau pengaruh terhadap kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuannya Public Relation ◦ Memiliki potensi besar untuk membangun kesadaran dan preferensi dalam pasar ◦ Menempatkan kembali produk ◦ Mempertahankan produk
Product and Services TARGET MARKET SEGMENT Customer Orientation Quality Convinence Service & Stasfication Speed Inovation