PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DASAR-DASAR ALGORITMA
Advertisements

Pengertian Dasar Logika dan Algoritma
1 MATA KULIAH : “LOGIKA DAN ALGORITMA” PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA DAN PROGRAM CREATED BY: AYU ANGGRIANI H PTIK A 2009 PRODI PENDIDIKAN TEKNIK.
Flowchart (Diagram Alur)
Pengertian Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Flowchart
Pemrograman Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
Flowchart (Diagram Alur)
PERTEMUAN I PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA ~
Algoritma dan Pemrograman
ALGORITMA PSEUDOCODE Pertemuan Ke-2 Meilia Nur Indah Susanti, ST.,MKom
Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh:
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Flowchart (Diagram Alur)
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Flowchart.
PERTEMUAN 2 PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA.
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Algoritma dan Flowchart
Diagram Alur (Flowhart)
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alir)
Algoritma.
APSI.
Start.
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
Wahyu Cahyani Faradilah Artian Ningsih Siti khodijah FLOWCHART
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
Pengertian Algoritma dan Flowchart
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alur)
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Flowchart (Diagram Alur)
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Algoritma.
Flowchart.
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 4.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Flowchart Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom.
Keterampilan komputer 1AB
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
UJIAN TERDIRI ATAS 50 SOAL
ALGORITMA DAN FLOWCHART
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Algoritma dan Flowchart
BAB II METODOLOGI PENGEMBANGAN SIA
Flowchart (Diagram Alur)
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma. LOGIKA Pertama kali diperkenalkan oleh Aristoteles (384 – 322 SM) Logika berasal dari kata Yunani kuno λόγος (logos)
1 Flowchart (Diagram Alur). 2 Flowchart Bagan-bagan yang mempunyai arus Menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah Merupakan salah satu.
UJIAN TERDIRI ATAS 50 SOAL
Flowchart (Diagram Alur)
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Flowchart (Diagram Alur)
PENGERTIAN DASAR FLOWCHART
Dasar Konstruksi Pemrograman
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Diagram Alur (Flowhart)
Teknik Pemrograman, Mikroprosessor dan Mikrokontroler Rahayu Maksum SMK N 1 Wonosegoro.
Transcript presentasi:

PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART Pertemuan Ke-1 PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART Presentation by Meilia Nur Indah Susanti, ST.,MKom

3 tahap pokok dalam membangun sebuah program : Memahami permasalahan dan tujuan sebuah program dibuat. Mampu menyusun konsep/rancangan/desain penyelesaian dari masalah yang akan kita selesaikan. Mampu mengimplementasikan hasil rancangan kita dalam bentuk program yang terstruktur.

PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Definisi Algoritma 1. Langkah- langkah yg dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh. 2. Suatu prosedur yg merupakan urutan langkah-langkah yg berintegrasi. 3. Suatu metode khusus yg digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yg nyata.(Webster Dictionary) 4. Urutan langkah atau kegiatan untuk memecahkan masalah

Notasi Algoritma Penulisan algoritma tidak tergantung dari spesifikasi bahasa pemrograman dan komputer yang mengeksekusinya. Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman tetapi dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman

Kriteria Pemilihan Algoritma. Ada Output, Efektifitas dan Efesiensi, Jumlah Langkahnya Berhingga, Berakhir,  ( SEMI ALGORITMA ) Terstruktur, Suatu Algoritma yg terbaik (The Best) : “ Suatu algoritma harus menghasilkan output yg tepat guna (efektif) dlm waktu yg relatif singkat & penggunaan memori yg relatif sedikit (efesien) dgn langkah yg berhingga & prosedurnya berakhir baik dlm keadaan dip’oleh suatu solusi ataupun tdk ada solusinya. “

Bagan Sistem Komputer

TAHAP PENYELESAIAN MASALAH Model Algoritma Program Eksekusi Hasil Data Analisis

Siklus Hidup Perangkat Lunak (Software) Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).

Dasar – dasar Algoritma Proses  Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses Instruksi  Algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis Aksi  Tiap langkah instruksi tersebut mengerjakan suatu tindakan (aksi)

Algoritma terdiri dua macam Flowchart  gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. 2 Macam flowchart System flowchart Bagan yang memperlihatkan urutan prosedur dan proses dari beberapa file didalam media tertentu Program flowchart Bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dalam suatu program 2. Pseudocode  Urutan langkah atau kegiatan untuk memecahkan masalah

start Proses Cetak End Apa itu Flowchart input Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai akhir Suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program 2

FLOWCHART (Diagram Alur) : 1. Langkah awal pembuatan program 2. Urutan proses di program menjadi lebih jelas   . Kaidah-kaidah Umum Pembuatan Flowchart Terdapat 3 bagian utama dalam pengolahan Input (Bahan Mentah) Proses Output (Bahan jadi)

READ : berisi instruksi untuk membaca data dari suat peralatan input Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu : START : berisi instruksi untuk persiapan peralatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan persoalan READ : berisi instruksi untuk membaca data dari suat peralatan input PROCESS : berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca WRITE : berisi intruksi untuk merekam hasil kegiatan ke peralatan output END : mengakhiri kegiatan pengolahan 8

IMPLEMENTASI PERSOALAN KE BENTUK FLOWCHART Penentuan hubungan antara data input dengan hasil pengolahannya Penentuan hubungan antara data input dengan pengolahannya Penentuan hubungan antara pengolahan dengan data ouput Penentuan prosedur / langkah – langkah pengolahan 9

YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMBUATAN FLOWCHART Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas Sebuah flowchart diawali dari satu titik mulai (start) dan diakhiri dengan selesai (end) 10

SIMBOL – SIMBOL FLOWCHART Bagan – bagan yang Dipakai sebagai alat Bantu menggambarkan proses di dalam program dibagi menjadi tiga kelompok : 1. Processing symbols Terminal / Interrupt (mulai / berhenti) Simbol ini dipergunakan untuk menunjukkan awal kegiatan atau akhir kegiatan atau berhentinya suatu program

Suatu simbol yang melambangkan diprosesnya suatu data Symbol Predefined Process ;Persiapan / pemberian harga awal Prosess (Pengolahan) Suatu simbol yang melambangkan diprosesnya suatu data

Decision (keputusan) ; Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi) Menunjukkan suatu perbandingan yang harus dibuat, bila hasilnya ‘ Ya’ maka arah alir akan ke suatu tempat, bila ‘Tidak’ akan menuju tempat lain Predefined Proses / proses prosedur Digunakan untuk menggambarkan proses pemanggilan sub program dari main program

2. Input-output symbols ; menyatakan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output. Input / Output ( data / hasil) Untuk mewakili data input dan menuliskan outputnya Mencetak hasil symbol yang menyatakan output dicetak ke kertas

Display symbol yang menyatakan tampilan (dilayar atau monitor) Symbol disk and on-line storage (Symbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output disimpan ke disk)

Bila disambung pada halaman yang lain digunakan simbol ini Connector (Penghubung) Bila suatu flowchart sangat panjang dan diputus di tengah sebelum selesai, jika disambung dalam halaman yang sama lagi, maka digunakan simbol ini Bila disambung pada halaman yang lain digunakan simbol ini

3. Flow Direction Symbols; dipakai untuk menggabungkan antara symbol yang satu dengan symbol lainnya Flow Lines (Garis alir) Simbol-simbol dari flowchart dihubungkan dengan garis- garis ini. Garis ini yang menunjukan arah selanjutnya yang akan dituju.

Flowchart terdiri dari tiga struktur : 1. Stuktur squence Contoh : 2. Struktur Branching 3. Struktur Looping Contoh :

Kotak proses/penugasan dpt berfungsi antara lain untuk : Variabel C diberi harga sebesar harga var. P dikurangi harga var. Q (dlm hal ini, harga variabel P & Q harus sudah ada) Harga yg terbaru dari variabel N adalah harga lama dari variabel N ditambah 1 (atau dengan kata lain, harga variabel N bertambah 1) Harga yg baru dari var. S adalah harga lama S ditambah dengan harga variabel T. C= P - Q N = N + 1 S =S + T Jenis variabel terbagi atas 2 macam, yaitu : 1. Variabel Numerik/bil., 2. Variabel untai kata/string,

STRUKTUR SQUENCE / STRUKTUR SEDERHANA Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan . Start Phi = 3.14 Input radius Luas = phi * radius * radius Stop Cetak Luas Keterangan : 1. Masukan Nilai radius mis : radius = 3 2. Proses Luas 3. Cetak hasil proses diatas luas = phi * radius * radius = 3.14 * 3 * 3 yg menghasilkan Luas = 28.26

STRUKTUR BRANCHING 1. Struktur : IF A > B True False Cabang Then Cabang Else ( Jalur Hampa )‏ Write A Kondisi  syarat, keadaan atau status yang mempengaruhi tindakan atau proses sselanjutnya. Aksi  tindakan atau proses yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan kondisi yang ada

Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa 2. Struktur : IF - ELSE Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan BENAR/ SALAH False True A > 5 Cabang Then Cabang Else A = A - 1 A = A + 1 Write A

HUBUNGAN ANTAR KONDISI Hubungan -Dan- Hubungan antar kondisi yang mensyaratkan kedua kondisi terpenuhi. T > 20 Dan S > 50 T > 20 Ya S > 50 Ya Ya X = S + T X = S + T Tidak Tidak Tidak X = S - T X = S - T 27

Ya Ya Tidak Tidak Ya Tidak Hubungan – Atau- Hubungan antar kondisi yang mensyaratkan hanya salah satu kondisi yang terpenuhi. T > 20 Atau S > 50 X = S + T X = S - T Ya Tidak T > 20 Ya X = S + T Tidak S > 50 Ya Tidak X = S - T 28

3. Struktur : Branch/Cabang atau Keputusan Bersusun Nil >= 80 y Cetak lulus t Cetak tdk lulus Nil >= 60 Cetak cadangan

STRUKTUR LOOPING (PENGULANGAN) start i = 1 i  3 Write “halo” i = i + 1 end T Y start i = 1 Write “halo” i = i + 1 i  3 end T Y start For j = 1 to 3 Write “halo” Next J end

P E R U L A N G A N B E R G A N D A Luar Pemutaran Dalam Sering terjadi bahwa di dalam suatu pemutaran, terjadi lagi pemutaran atau disebut dengan perulangan berganda start For I = 2 To 4 For K = 6 To 8 M I * K Write M Next K Next I end Pemutaran Dalam Luar