JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Event Handling di JAVA.
Komponen Antarmuka Grafis
Komponen Antarmuka Grafis. Indrawani S/SPK/ GRAFIS • Grafis menjadikan presentasi informasi lebih jelas dalam mengungkapkan arti dari data dan dapat.
BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
Plugin GUI Builder berbasis XML Generator untuk Membuat Graphical User Interface Aplikasi Android pada Netbeans IDE 6.91 KoTA 105 Irwan Nugraha ( )
Program Paket Niaga Putu Putra Astawa S.Kom.,M.kom
GUI in Java.
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
Komponen Antarmuka Grafis
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
PEMROGRAMAN BEORIENTASI OBJEK
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Membangun Aplikasi GUI
Komponen Antarmuka Grafis
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
GUI Event Handling.
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Pengenalan Visual Basic
Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek
KONSEP SWING.
AWT (Abstract Window Toolkit)
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
PEMROSESAN DOKUMEN FILE DOKUMEN
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Graphical User Interface (GUI)
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
High Level User Interface
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Java Progamming Membangun GUI dengan Swing
GUI Event Handling.
GUI AWT & SWING Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Pengenalan Pemrograman 2
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Area Kerja Dreamweaver
Pemilihan Tipe Windows
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Desain User Interface dengan Visual Basic
Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN)
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Graphical User Interface
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Pemrograman Berorientasi Obyek
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
AWT (Abstract Window Toolkit)
Pemrograman Berorientasi Obyek
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pemrograman GUI dengan Java
Pemrograman Fery Updi,M.Kom.
Transcript presentasi:

JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( 140101748 ) Khairul Nizam ( 14101749 ) Muhammad Saefuddin ( 14101097 ) Ahmad Muzayyin Arifin ( 14101098 ) I Nyoman Yuda Prawira ( 14101233 ) Putu Ari Deva Diputra ( 14101436 )

Pengenalan dan Latar Belakang Swing adalah kit Java kedua setelah AWT untuk mendevelop GUI yg dikeluarkan oleh SUN/Oracle. Dibangun di atas AWT (Abstract Windowing Toolkit) package (merupakan pengembangan dari AWT) GUI didevelop menggunakan berbagai component yang diorganisasikan oleh container Component Swing berinteraksi dengan user menggunakan sebuah model event listener

What is JFC? JFC singkatan dari Java Foundation Classes, yang terdiri atas fitur/fasilitas untuk membantu membuat GUI (Graphical User Interfaces) dan bisa menerima input user dari input devices Fitur-fitur dalam JFC adalah: Komponen-komponen Swing Pluggable Look and Feel Support API (Application Programmer Interface) yg dapat diakses Java 2D™ API Men-support Drag and Drop

Java Foundation Classes AWT - toolkit GUI yg asli Swing – toolkit GUI yg baru Accessibility – tool untuk mendevelop, membantu user yg tertantang dg User Interface yg tradisional 2D API – class-class untuk penggunaan yang lebih kompleks dari painting, shape, colour, dan fonts Drag and Drop – tool untuk mengimplementasikan transfer information antara aplikasi Java dan native applications AWT Swing Accessibility 2D API Drag and Drop

Swing “Swing” adalah nama kode dari proyek yang mendevelop komponen baru. Bukan merupakan nama resmi. Namun nama ini lebih sering digunakan untuk menyebut komponen-komponen baru yang berhubungan dengan API.

Why Swing? AWT “hanya” menawarkan pemrograman grafis yg terbatas yang disupport dalam Java 1.0 Swing menawarkan : kegunaan-kegunaan yg lebih berkembang komponen-komponen baru fitur yang lebih luas event handling yang lebih baik Look and feel yang bisa dipilih (Java, CDE/Motif, atau Windows look and feel)

Swing Components… Merupakan bagian dari Java™ Foundation Classes (JFC), dan dapat digunakan dengan JDK™ 1.1 atau the Java™ 2 platform. Komponen User Interface Swing dikategorikan sbb :

Swing Component… Komponen adalah “widgets” dari Swing getSize() setBackground() setFont() getSize() setBackground() setFont() Komponen adalah “widgets” dari Swing Sebagian besar nama class dalam Swing diawali dengan “J” Seluruhnya merupakan subclass dari JComponent, yang menyediakan berbagai method turunan Container seperti JPanel juga merupakan sebuah komponen setText() setIcon() setText() setIcon() setCurrentDirectory() setFileFilter() setCurrentDirectory() setFileFilter() setMaximum() setMinimum() setPaintTicks() setMaximum() setMinimum() setPaintTicks()

Swing Component… Seluruh komponen dalam Swing adalah subclass dari abstract class JComponent. Dalam class tsb terdpt method untuk: Mengeset ukuran komponen Mengubah warna background Memilih jenis font Set up tooltips (keterangan yg muncul beberapa saat ketika user melintas di atas sebuah komponen)

Swing Component… Component Hierarchy : Part 1— AWT Similar

New And Expanded Components Swing Component… Component Hierarchy : Part 2— New And Expanded Components

Swing Containers Komponen dapat dikumpulkan bersama dalam container Dalam sebuah container, posisi komponen diatur oleh sebuah layout manager, misalnya FlowLayout, GridLayout

Swing Containers Sebelum komponen bisa ditampilkan dalam sebuah user interface, terlebih dahulu harus ditambahkan ke dalam sebuah container. Container adalah sebuah komponen yang bisa mengorganisasikan berbagai komponen lainnya. Merupakan subclass dari java.awt.Container Dalam class tsb terdpt method untuk: Menambahkan komponen ke container Membuang komponen dari container Menyusun komponen menggunakan layout manager Set up tooltips (keterangan yang muncul beberapa saat ketika user melintas di atas sebuah komponen)

Container dengan kegunaan umum (General-Purpose) Adalah container Intermediate yang bisa digunakan dalam berbagai lingkungan yang berbeda : Panel Scroll pane Split pane Tabbed pane Tool bar

Container dengan kegunaan umum (General-Purpose) Panel—yang paling fleksibel dan paling sering dipakai. Biasa digunakan untuk mengelompokkan komponen-komponen. Scroll pane—menyediakan scroll bar di sekeliling perubahan ukuran komponen. Split pane—menampilkan dua komponen dalam ruang yang tetap, memungkinkan user untuk menentukan ukuran ruang yang dipilih untuk setiap komponen.

Container dengan kegunaan umum (General-Purpose) Tabbed pane—berisi banyak komponen yang namun hanya satu yang ditampilkan pada satu waktu. User bisa berpindah dengan cara men-switch berbagai komponen tersebut. Tool bar—Mengorganisasikan sekelompok komponen (biasanya button) dalam sebuah baris atau kolom. Secara opsional membolehkan user untuk melakukan drag untuk memindah tool bar tersebut ke lokasi yang berbeda

Containers dengan kegunaan umum (General-Purpose) Panel Split pane Scroll Pane Tool bar Tabbed pane

Container dengan kegunaan khusus (Special-Purpose) Berupa container Intermediate yang memainkan peran khusus dalam user interface. Internal frame— Mampu menampilkan tampilan yang mirip dengan sebuah Frame seperti window di dalam window yang lain. Biasanya, internal frame ditambahkan ke dalam sebuah desktop pane. Layered frame—Menyediakan tiga lapis dimensi untuk memposisikan komponen: kedalaman, juga disebut sebagai Z order. Root pane—Memiliki 4 bagian : glass pane, layered pane, content pane, dan menu bar (opsional).

Container dengan kegunaan khusus (Special-Purpose) Internal Frame Layered Pane Root Pane

Basic Controls Komponen atomik yang eksis, terutama untuk menerima input dari user; umumnya juga menyatakan state sederhana. Buttons—bentuknya bisa kotak atau bundar Combo Box—baik yang tidak bisa diedit ataupun yang bisa. List—Memberi user sekumpulan item, ditampilkan dalam sebuah kolom untuk dipilih Menu—Merupakan upaya untuk menghemat ruang; memungkinkan user untuk memilih dari beberapa pilihan. Slider—memungkinkan user untuk memasukkan sebuah nilai numerik yang dibatasi oleh nilai minimum dan maksmum. Text Fields—Kontrol teks dasar yang memungkinkan user memasukkan sejumlah teks.

Basic Controls List Buttons Combo Box Slider Text Fields Menu

THANKS