Materi kelas XII semester 1

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Advertisements

Dibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6 (apabila sampeyan adalah pengguna CorelDRAW versi dibawahnya mungkin ada Tool yang belum ada)
Pertemuan 4 Pengolahan teks.
Oleh : Deri Suyatma. Arahkan mouse pada menu View kemudian beri tanda ceklis pada Snap to Grid 7 Snap to Objects.
Tutorial Logo Carrefour
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW)
Menggambar dengan Macromedia Flash
MEMBUAT DESAIN STEMPEL DENGAN CORELDRAW 12
Header Footer Header adalah teks yang muncul pada halaman atas
MENGGUNAKAN Program Grafis Corel Draw 11 Materi Ajar TIK
Penuntun Kelas VIII Semester 2
INKSCAPE 5 Oktober 2013.
CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program
Selamat Datang di Tutorial Corel DRAW ® 12 Indah Afif Khairunnisa XII IA-5 SMA Negeri 1 Depok 2010/2011.
Andika Dwi Mahendra 06 XII IA 5
MEMBUAT DESAIN STEMPEL DENGAN CORELDRAW 12 MATERI SISWA KELAS XII
Desain grafis DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR.
Dasar Pembuatan Movie Flash R0312 – Grafik Komputer.
PARAGRAF, GAMBAR DAN BINGKAI
Corel Draw By : Vita.
LESSON – INTRODUCTION TO COREL
Kelas XII / 1. Kelas XII / 1 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik KOMPETENSI STANDAR Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam.
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
MENGAPLIKASIKAN MENU DAN IKON PADA PROGRAM PHOTOSHOP
EDITING TEKS PERTEMUAN 2.
TOOLBOX PADA COREL DRAW 12 BESERTA FUNGSINYA
MATERI KELAS 8 SBI.
EDITING TEKS PERTEMUAN 2.
Sekilas Impress Open Office.org.
PROGRAM DESAIN GRAFIS CORELDRAW
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
SMAN 3 PARIAMAN RENCANA PEMBELAJARAN TIK KELAS XII SMAN 3 PARIAMAN.
KKPI KELAS X SEMESTER 1 Standar Kompetensi : Mengoperasikan Sistem Operasi Software Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software pengolah kata.
DESAIN GRAFIS MENU DAN ICON COREL DRAW.
KELAS XII UMUM SEMESTER GAZAL
Membuat Asesori Web.
Teknologi Dan Rekayasa
KONSEP SISTEM INFORMASI A
Materi 5 Disain Multimedia Dasar
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Memahami etimologi multimedia
Menggunakan Menu dan Ikon untuk Membuat Desain Sederhana.
MEMBUAT POSTER DENGAN COREL DRAW
Drawing tools Dan aplikasinya
SMA HARAPAN 1 MEDAN Jl. Imam Bonjol No. 35 Medan.
Efek Khusus Corel Draw.
EFEK-EFEK INTERACTIVE
Toolbox Pada CorelDRAW Part 1
Fungsi Menu dan Ikon pada Perangkat Lunak Pengolah Grafis
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Membuat poster dengan menggunakan corel draw
Tipografi.
Kelas XII / 1 Menu dan icon Desain Grafis 25 February 2012.
Nama : RATNA KUSUMANING P NIM : A
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
Microsoft Power Point 2007.
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
Cara Menggambar Wajah Corel Draw memiliki banyak fungsi yang berkaitan dengan desain grafis. Berikut ini kita akan menggambar objek pada sebuah foto dengan.
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
TRANSFORMASI OBYEK Menggunakan Program Corel Draw 11 9/17/2018.
Materi Pembelajaran Design Grafis
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Mengenal Corel Draw New Graphic : untuk mulai membuat obyek gambar baru Open Last Edited : untuk membuka.
CorelDRAW Graphics Suite X4
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
Program CorelDraw merupakan salah satu program aplikasi komputer yang banyak digunakan sebagai program pengolahan desain grafis. Misalnya untuk pembuatan.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
MEMPERSEMBAHKAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) STMIK WIDURI.
Transcript presentasi:

Materi kelas XII semester 1 Corel Draw Materi kelas XII semester 1

CorelDraw adalah salah satu software pengolah objek yang banyak digunakan untuk pembuatan desain grafis computer. Sebelum mempelajari mengenai coreldraw lebih jauh ada baiknya, kalian perlu mengetahui istilah-istilah berikut ini : Objek : Unsur dalam suatu gambar yang merupakan elemen dasar yang dapat dimodifikasi seperti garis, teks, kurva layer ataupun bentuk bangun yang lain Drawing Pekerjaan yang sedang dikerjakan dalam coreldraw misalnya, desain logo, poster, majalah, bulletin, stiker, dll Bitmap grafik Sebuah gambar yang terbentuk dari kotak-kotak kecil yang disebut piksel Vector grafik Merupakan gambar yang terbuat dari unsure garis dan kurva yang dikenal dengan istilah vector. Dockers Sebuah tampilan yang menampilkan perintah-perintah yang dapat digunakan kembali saat proses editing Flyout Tombol yang menampilkan tool-tool dalam coreldraw dalam bentuk grup-grup tertentu. Artistic Text Sebuah bentuk teks dengan berbagai efek yang indah Paragraf Text Sekumpulan dari teks-teks hingga membentuk kalimat dan kesatuan teks dan dapat diedit

Lingkungan Kerja Corel Draw

Toolbar : Bagian yang berisi beberapa tombol perintah untuk menjalankan perintah-perintah yang umum dijalankan Property bar : Bagian yang berisi tombol perintah yang berhubungan dengan tombol yang terpilih pada bagian toolbox dan berdasarkan objek yang aktif Menu bar :Bagian yang berisi daftar menu perintah untuk menjalankan suatu perintah Ruler: Garis mistar yang menunjukkan ukuran dan posisi objek dalam area gambar (drawing page) atau jendela gambar Collor palet : Bagian yang berisi daftar warna untuk member warna pada objek gambar Toolbox : Bagian yang berisi beberapa tombol perintah untuk membuat dan memodifikasi objek gambar

MENGENAL ISTILAH DAN ELEMEN OBJEK Segmen : Ruas-ruas yang berbentuk objek garis atau kurva yang terletak diantara dua node Node Titik yang terletak dibagian awal dan akhir segmen suatu objek garis atau kurva Edge Ruas-ruas yang berbentuk objek garis atau kurva yang terletak diantara node dan midpoint Midpoint Titik tengah/pusat dari suatu segmen Center Titik tengah/pusat dari suatu objek Quadrant Titik yang menunjukkan posisi kwadran lingkaran dari suatu objek kurva, busur, atau lingakran Intersection Titik perpotongan antara dua objek Handle Titik-titik yang terletak disekitar suatu objek yang terpilih. Pada umumnya handle digunakan untuk mentransformasikan objek, seperti untuk mengubah ukuran objek, memutar objek, memiringkan objek dan membalik objek.

Mengenal Flyout Shape Edit Flyout (F10) Digunakan : untuk mengedit bentuk objek, eperti perubahna bentuk, pemotongan objek, penghapusan ibjek, pendistorsian objek serta pemindahan posisi objek. Shape edit Flyout terdiri dari 7 tool : (Shape Tool) : Mengubah bentuk objek, misalnya pengeditan titik, pengubahan bentuk bangun, pengubahan sudut dsb. (Knife Tool) Memotong objek shape editing coreldraw (Eraser tool) Menghapus objek atau bagian objek tertentu (Smudge Brush) Memberikan efek distorsi pada outline suatu objek (Roughen Brush) Memberikan efek bergarigi (Rough) pada objek (Free Transform) Mengatur transformasi objek, seperti pengaturan posisi objek, pengaturan bentuk objek, dsb (Virtual Segment Delete) Menghapus bagian-bagian objek tertentu secara parsial, atau menghapus garis yang tidak diinginkan pada dua objek yang bertumpuk

Curve Flyout(F5) Curve flyout merupakan flyout yang terdiri atas berbagai macam tool yang berhubungan dengan pembuatan curve(alur). (Free hand tool) : Membuat garis secara manual (Bezier tool) Membuat satu segmen alur atau garis dalam satu langkah (Artistic media) Membuat atau menambahkan garis/objek dengan brush, sprayer tool dan pressure tool (Polyline) Menggambar garis atau bentuk-bentuk tertentu yang komplek dan memiliki banyak sudut (Pen) Menggambar garis atau “node to node” lurus atau membentuk alur seperti pada Bezier tool (3 point curve) Membuat alur/curve 3 titik, dengan titik dragging pertama dan kedua sebagai ujung-ujung titiknya, dan titik dragging ketiga sebagai sisi luarnya. (Interactive connection) Berfungsi untuk menghubungkan 2 objek dengan sebuah garis (Dimension) Membuat berbagai bentuk garis atau kurva, baik vertical maupun horizontal dan menampilkan ukuranya. Selain itu juga dapat mengukur dimensi suatu objek dan menampilkannya secara rinci.

Rectangle Flyout (F6) Merupakan flyout yang digunakan untuk membuat kotak atau persegi panjang. Flyout ini terdiri dari 2 tool, yaitu : (Rectangle tool) : Membuat kotak, baik bujur sangkar maupun persegi panjang (3 pointer rectangle) Membuat objek kotak dengan 3 titik penunjukkan Ellipse Flyout (F7) Merupakan flyout yang digunakan untuk membuat objek lingkaran atau ellips. Flyout ini terdiri dari 2 tool, yaitu : (Ellips tool) : Membuat lingkaran atau ellips (3 pointer ellips tool) Membuat lingkaran atau ellips dengan 3 titik penunjukkan

Objek ini terdiri dari 3 tool : Object Flyout (D) Objek ini terdiri dari 3 tool : (graph paper tool) : Digunakan untuk membuat table (spiral tool) Digunakan untuk mebuat bentuk objek spiral (polygon tool) Digunakan untuk membuat segi banyak Perfect Shapes Flyout Digunakan untuk menggambar berbagai macam bentuk objek, dari bentuk objek paling sederhana semacam jajaran genjang sampai objek untuk keperluan pembuatan flowchart. Flyout ini terdiri dari : (Basic shape tool) : Digunakan untuk membuat objek dengan berbagai macam bentuk segi (arrow shape tool) Digunakan untuk membuat berbagai bentuk objek penunjuk arah bis dibuat dengan tool ini (Flowchart shape tool) Digunakan untuk membuat bentuk-bentuk objek flowchart (Star shape tool) Digunakan untuk membuat objek berbentuk bintang (Callout shape tool) Digunakan untuk membuat label dan callout

Interactiv Tool Flyout Digunakan untuk membuat objek menjadi lebih interaktif dan menarik, baik dari segi bentuk, tampilan, pewarnaan, perpaduan dengan objek lain dsb.Tool ini terdiri dari : (Interactive blend) : Digunakan untuk membuat perpaduan antara dua objek (Interactive contour) Digunakan untuk mengatur tingakt kelebihan suatu objek (Interactive distortion) Digunakan untuk membuat efek distorsi dari suatu objek (Interactive dropshadow) Digunakan untuk memberikan kesan bayangan pada suatu objek (Interactive envelope) Digunakan untuk mengubah bentuk objek melalui node (Interactive extrude) Digunakan untuk menampilkan kesan 3 dimensi pada suatu objek Interactive Transparency) Digunakan untuk mengatur efek transparansi objek

Interactive Fill Flyout Eyedropper Flyout Digunakan untuk media media duplikasi sifat dari satu objek lainnya.Flyout ini terdiri dari : (Eyedropper tool) : Digunakan untuk merekam nilai property suatu objek seperti warna, ukuran, ketebalan ataupun efek yang dinilai (Paintbucket tool) Mengaplikasikan hasil rekaman dari eyedropper tool pada suatu objek yang dikehendaki Interactive Fill Flyout (Interactive fill tool) : Digunakan untuk memberikan berbagai macam bentuk, pola, dan warna isian pada objek (Interactive mesh fill tool) Digunakan untuk mengedit atau memberikan pola fill pada objek berdasarkan mode tertentu.

Fill Flyout Digunakan untuk mengatur warna atau pola yang akan digunakan pada sebuah objek.Flyout ini terdiri dari : (Fill color dialog) (Fill fountain dialog) (Pattern fill dialog) (Texture fill dialog) (Postcript fill dialog) (No color ) (Color docker)

Outline Flyout Merupakan flyout yang berisikan tool untuk penanganan outline dari suatu objek, seperti pemilihan ketebalan warna. (Outline pen dialog) : Menampilkan dialog box tentang penentuan model dari putline meliputi style, sudut, ketebalan, warna dasar dst. (Outline color dialog) Merupakan kotak dialog penentuan warna dari outline objek (No Outline) Menjadikan objek yang dipilih tidak lagi memiliki outline (Hairline) Outline akan menjadikan outline dari objek yang dipilih menjadi tipis (Color Docker window) Akan menampilkan jendela color docker pada area kerja.

Pick Tool Merupakan tool yang digunakan sebagai pointer utama, untuk memilih objek, menggeser posisi, mengubah ukuran rotasi dan sebagainya.   Smart Drawing tool Digunakan untuk membuat objek yang lurus hanya dengan pointer mouse biasa.

MENGATUR SETTING HALAMAN (UKURAN HALAMAN) Klik menu Layout > Page Setup Pada kotak dialog Page Setup, pilih ukuran kerta yang akan digunakan pada bagian paper Atur pada nilai Width dan Height dan ubah pada ukuran centi atau inchies Tanda pilihan jika yang ingin diatur hanya halaman yang sedang digunakan saja tanpa mempengaruhi halaman lain yang tidak aktif. Atau dari kotak dialog Page Setup dapat mengatur halaman melalui dropdown paper type/size pada property bar.

MENGGUNAKAN PERINTAH COPY, CUT DAN DUPLICATE Langkah-langkah menggunakan perintah copy : Pilih objek yang akan dicopy dengan menggunakan pick tool Klik menu Edit > Copy pada menu bar atau klik kanan pada objek yang akan dicopy kemudian pilih copy Klik pointer pada halaman atau tempat lain yang diinginkan Klik menu Edit > paste pada menu bar atau klik kanan pada tempat yang diinginkan klik paste. Perintah Cut Langkah-langkah menggunakan perintah Cut : Pilih objek yang diinginkan dengan menggunakan pick tool Klik menu edit > Cut pada menu bar atau (Ctrl+ X) Klik menu edit > paste Atau Ctrl+V Perintah Duplicate Klik menu edit > Cut Duplicate (Ctrl + D)

Interaktive tool Interaktive emvelop Interaktive Blend tool Ojek awal objek setelah diberi perintah blend Interaktive emvelop Sebelum diemvelop setelah diemvelop

Transformasi objek Transformasi objek ada 5 a.l : Position :Digunakan untuk mengatur letak objek pada drawing page, baik scr vertical maupun horizontal. Rotation : Digunakan untuk memutar objek. Scale and mirror : Digunakan untuk melakukan proses pencerminan terhadap sebuah objek serta menentukan pembesaran dari objek tersebut. Scale : Digunakan untuk menentukan ukuran objek. Skew : Digunakan untuk menentukan kemiringan sebuah objek.

Weld : menggabungkan dua atau lebih objek menjadi satu objek baru dengan satu outline Trim : untuk memotong objek yang berada di belakang dengan bentuk perpotongan yang mengacu pada objek di depannya. Intersect : fasilitas yang dipergunakan utnuk memperoleh perpotongan satu irisan antar dua atau lebih objek.

Simplify : mempunyai fungsi hampir sama dengan trim, perbedaannya trim memoting 2 objek sdgkan simplify bisa lebih dari 2 objek. Front minus back : memotong bagian depannya saja. Back minus front : memotong bagian belakangnya saja.

Power Clip Merupakan fasilitas yang digunakan utnuk menyatukan dua objek menjadi 1 objek unik terpadu.