Dasar Algoritma dan Pemrograman

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Teknologi Informasi ~ Komputasi dan Pemrograman ~ Oleh : Tim Hibah Pengajaran Mata Kuliah Teknologi Informasi Jurusan Matematika Pertemuan 9.
Advertisements

- PERTEMUAN 1 - DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
Oleh : Tim Hibah Pengajaran Mata Kuliah Teknologi Informasi Jurusan Matematika Pertemuan 9.
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
Algorithma Pemrograman
Pengenalan Algoritma dan Pemrograman
Pengenalan Software (perangkat lunak)
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Algoritma Program Pemrograman
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
Algoritma dan Pemrograman
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
Oleh : Oktavian Lantang.  Algorism ( bahasa arab...menghitung)  Algorist (orang yg menghitung angka arab)  Al-Khuwarizmi...Algorism...Algorithm diserap.
PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
Perangkat Lunak Software. Perangkat Lunak merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras terdiri dari kumpulan istruksi.
Pengantar Algoritma dan pemograman
PERKEMBANGAN BAHASA KOMPUTER
SOFTWARE PENDUKUNG DAN PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Algoritma Pemrograman
IS 114 Semester Ganjil TA 2010/2011 Politeknik Telkom 2010.
Algoritma dan Pemrograman
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Mahasiswa diharapkan dapat:
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
Pemrograman Dasar Kelas X.
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1C (KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN)
Pendahuluan Algoritma dan Pemrograman I-A
Konsep Pemrograman Belajar memrogram adalah belajar mengenai strategi pemecahan persoalan/masalah, juga metodologi dan sistematika pemecahan tersebut kemudian.
Algoritma dan Pemrograman 1
ALGORITMA PEMEROGRAMAN
OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Pemrograman Prosedural
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Komputasi dan Pemrograman
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIKPEMROGRAMAN
BAHASA PEMROGRAMAN.
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
Dasar Pemrograman Dan Bahasa Pemrograman
Pengenalan Bahasa Pemrograman
Pengantar.
Pertemuan 1.
PARADIGMA DALAM PEMOGRAMAN
Algoritma & Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Pengantar Konsep Bahasa Pemrograman
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
Pengantar Algoritma dan pemograman
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
PROG. STUDI FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
PEMROGRAMAN I Semester I 2017/2018
Introduction of algoritm and programming
Pendahuluan Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
Dasar Pemrograman Dan Bahasa Pemrograman
Algoritma pemrogaman komputer
Pengantar teknologi informasi
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Transcript presentasi:

Dasar Algoritma dan Pemrograman S1 TEKNIK TELEKOMUNIKASI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI TELEMATIKA TELKOM PURWOKERTO 2016

Outline Pendahuluan Algoritma Program Bahasa Pemrograman Klasifikasi menurut generasi Klasifikasi menurut tingkatan Paradigma Pemrograman Cara membuat program Flowchart Pseudocode

Pendahuluan Komponen Komputer Input Process Output Energi listrik + perangkat lunak -> komponen computer dapat aktif

Algoritma Algoritma dari nama belakang seorang tokoh matematikawan Persia bernama Muhammad ibn Musa al-Khuwarizmi Algoritma merupakan metode umum yang digunakan untuk menyelesaikan kasus-kasus tertentu. Dalam menuliskan algoritma, dapat digunakan bahasa natural atau menggunakan notasi matematika, sehingga masih belum dapat dijalankan pada komputer

Contoh Algoritma Contoh algoritma dalam membuat telur dadar Nyalakan api kompor Tuangkan minyak ke dalam wajan Pecahkan telur ayam ke dalam mangkok Tambahkan garam secukupnya Aduk campuran telur dan garam Tuangkan adonan telur ke dalam wajan Masak telur hingga matang Algoritma dapat ditulis secara sistematis dengan skema Flowchart atau Pseudocode

Program Program adalah formulasi sebuah algoritma dalam bentuk bahasa pemrograman, sehingga siap untuk dijalankan pada mesin komputer.

Bahasa Pemrograman Bahasa Pemrograman adalah bahasa buatan yang digunakan untuk mengendalikan perilaku dari sebuah mesin, biasanya berupa mesin komputer, sehingga dapat digunakan untuk memberitahu komputer tentang apa yang harus dilakukan. Struktur bahasa ini memiliki kemiripan dengan bahasa natural manusia: terdapat kata benda dan kata kerja serta mengikuti aturan untuk menyusunnya menjadi kalimat.

Alpro – MIU0122/ 2 SKS Mata kuliah ini mempelajari langkah-langkah (alur) logis penyelesaian masalah yang kemudian direpresentasikan dalam bentuk notasi standar serta cara menerjemahkan alur yang dihasilkan ke dalam bentuk bahasa pemrograman.

Klasifikasi menurut generasi First Generation Language (IGL): kode-kode mesin yang hanya bias dipahami oleh mikroprosesor Second Generation Language (2GL): assembly language Generasi ketiga, didesain supaya mudah dipahami oleh manusia. Contoh FORTRAN, COBOL, ALGOL, BASIC, C, C++, Pascal, Java Generasi keempat: SQL, Matlab Generasi kelima: Prolog, Mercury

Bahasa Assembly Bahasa assembly adalah sebuah program yang terdiri dari instruksi-instruksi yang menggantikan kode-kode biner dari bahasa mesin dengan “mnemonik” yang mudah diingat. Misalnya sebuah instruksi penambahan dalam bahasa mesin dengan kode “10110011” yang dalam bahasa assembly dapat dibuat dalam instruksi mnemonik ADD, sehingga mudah diingat dibandingkan dengan angka 0 dan 1, dalam setiap instruksi membutuhkan suatu operand baik berupa data langsung maupun suatu lokasi memori yang menyimpan data yang bersangkutan.

Bahasa Assembly Bahasa assembly sering juga disebut kode sumber atau kode simbolik yang tidak dapat dijalankan oleh prosesor, sedangkan assembler adalah suatu program yang dapat menerjemahkan program bahasa assembly ke program bahasa mesin. Bahasa mesin adalah kumpulan kode biner yang merupakan instruksi yang bisa dijalankan oleh komputer. Program bahasa mesin sering disebut sebagai kode objek.

Klasifikasi menurut tingkatan Low –level programming language High-level programming language Very High-level programming language

Paradigma dalam Pemrograman Untuk setiap paradigma, tersedia bahasa pemrograman yang mempermudah 1. Prosedural : Algol, Pascal, Fortran, Basic, Cobol, C 2. Fungsional : LOGO, APL, LISP 3. Deklaratif/Lojik : Prolog 4. Object oriented: Java, C++.

Paradigma dalam Pemrograman Prosedural: Instruksi akan dieksekusi satu per satu secara sekuensial oleh sebuah pemroses tunggal Fungsional: Didasari oleh konsep pemetaan dan fungsi pada matematika Deklaratif: Pemrograman ini menguraikan sekumpulan fakta dan aturan-aturan, ketika program dieksekusi, pemakai mengajukan pertanyaan dan program akan menjawab, apakah pernyataan itu dapat dideduksi dari aturan dan fakta yang ada

Paradigma dalam Pemrograman Berorientasi Objek: Paradigma ini didasari oleh Kelas dan Objek. Paradigma ini juga menawarkan konsep modularitas, penggunaan kembali, dan kemudahan modifikasi

Tahapan Membuat Program 1. Definisi Masalah Menentukan model /rancangan apa yang akan dibuat untuk penyelesaian masalah. 2. Analisa Kebutuhan Menentukan data untuk masukan dan keluaran yang diminta, bahasa pemrograman yang digunakan serta tipe komputer apa yang dibutuhkan. 3. Pembuatan Algoritma/Desain algoritma Membuat susunan langkah-langkah/instruksi penyelesaian masalah. Hal ini dapat dilakukan dengan 2 cara : a. Menggunakan Flowchart b. Menggunakan bahasa semu (pseudocode)

4. Pemrograman (dengan bahasa Pemrograman) Pembuatan program dengan menggunakan bahasa pemrograman. 5. Pengujian Program Dapat dilakukan melalui 2 tahap : 1. Pengujian Tahap Debuging Untuk mengecek kesalahan program, Baik sintaksis maupun logika. 2. Pengujian tahap profiling. Untuk menentukan waktu tempuh dan banyak nya memori program yang digunakan. Setelah program bebas dari kesalahan sehingga dapat dilakukan proses excute program.

6. Dokumentasi digunakan untuk file backup 7 6. Dokumentasi digunakan untuk file backup 7. Pemeliharaan Upaya yang dilakukan dengan Menghindari kerusakan atau hilangnya suatu program baik hardware maupun Human Error

Flowchart Dalam membuat algoritma, diperlukan suatu mekanisme atau alat bantu untuk menuangkan hasil pemikiran mengenai langkah-langkah penyelesaian masalah yang sistematis dan terurut. Untuk bias menyusun solusi diperlukan problem solving yang baik. Sarana untuk melatih problem solving: flowchart

Contoh Flowchart

Contoh Flowchart Mulai Surat Permohonan Medical Check-up dari PJTKI Pendaftaran di Poliklink Uji Kesehatan Pemeriksaan Fisik dan Penunjang oleh Tim A Pembayaran di Kasir Penetapan Status Kesehatan Penyerahan Hasil Selesai

Pseudocode Pseudocode adalah bentuk informal untuk mendeskripsikan algoritma yang mengikuti struktur bahasa pemrograman tertentu. Tujuan dari penggunaan pseeudocode adalah supaya: 1. lebih mudah dibaca oleh manusia 2. lebih mudah untuk dipahami 3. lebih mudah dalam menuangkan ide/hasil pemikiran

Pseudocode sering digunakan dalam buku-buku tentang ilmu komputer ataupun publikasi ilmiah untuk menjelaskan urutan proses atau metode tertentu. Seorang programmer yang ingin menerapkan algoritma tertentu, terutama yang kompleks atau algoritma baru, biasanya akan memulainya dengan membuat deskripsi dalam bentuk pseudocode.

Setelah pseudocode tersebut jadi, maka langkah selanjutnya hanya tinggal menterjemahkannya ke bahasa pemrograman tertentu. Pseudocode ini biasanya disusun dalam bentuk yang terstruktur dengan pendekatan sekuensial (berurutan) dari atas ke bawah.

Contoh Pseudocode if sales > 1000 then bonus <- sales * 25% salary <- 2000000+bonus endif output(salary)

C++: int sales; sales=1001; if (sales > 1000) { bonus = sales*0.25; salary= 2000 + bonus; } cout<<"Salary:"<<salary;

TERIMA KASIH