PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 2.  Dreamweaver adl salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk.
Advertisements

PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Prinsip Utama Mendesain Antarmuka Rizqi Sukma Kharisma, S.Kom.
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Pertemuan ke-1 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER ( Muhtajuddin Danny )
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Interaksi Manusia Dan Komputer (Konsep IMK, Interface)
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
WEBSITE BAND ALPHASITE MENGGUNAKAN PHP DAN MySQL. Yudhi Susanto, for further detail, please visit
Interaksi Manusia dan Komputer Kuliah 2 : IMK dan Manusia
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Neilsen Menggunakan urutan dialog yang simple dan alami
DESIGN INTERFACE.
Interaksi Manusia dengan Komputer
komponen antarmuka pengguna
KONSEP USER INTERFACE.
Antar Muka Pengguna.
Perancangan antarmuka (design interface)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Ragam Dialog|pertemuan VI
Ragam Dialog|.
KONSEP INTERFACE
Prinsip Desain Pertemuan 9.
Pendahuluan.
Sumber :
Prinsip Antarmuka Pengguna
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
PARADIGMA & PRINSIP IMK
Mobile Device User Interface
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Algoritma dan Pemrograman 2A
Prinsip Perancangan Antarmuka
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
Prinsip Antarmuka Pengguna
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
USER INTERFACE.
Pendahuluan.
BAB 1 : Kegunaan dari Sistem Interaktif
Persentasi Kelompok REKAYASA PIRANTI LUNAK
PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA
BINA SARANA INFORMATIKA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PRINSIP UTAMA DESAIN ANTAR MUKA (INTERFACE) 1.User Compatibility11.Flexibility 2.Product Compatibility12.Responsiveness.
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
Kelompok 4 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Persentasi Kelompok REKAYASA PIRANTI LUNAK
Principles of User Interface UI
Human-Computer Dialogue
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
Interaksi Manusia Dan Komputer (Konsep IMK, Interface)
Kelompok 4 Tugas 5 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Kingsoft Office.
Perancangan Tampilan.
Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer
Perangkat Lunak Pengolah Kata
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
Desain Antarmuka (User Interface Design)
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
Paradigma dan prinsip interaksi
Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
PRINSIP DESAIN Prinsip utama mendesain antarmuka yang baik dengan memperhatikan karakteristik manusia & komputer.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Ragam Dialog|pertemuan VI
Interaksi Manusia dan Komputer
Desain antar muka Julio warman.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Transcript presentasi:

PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA

USER COMPATIBILITY DESAIN ANTARMUKA YANG DIBUAT HARUS MELIHAT KARAKTERISTIK DARI USER. MISAL DISESUAIKAN DENGAN GENDER, KEBIASAAN

WORK FLOW COMPATIBILITY ALUR KERJA YANG DILAKUKAN OLEH ANTARMUKA HARUS RUNTUT, DAN MEMBANTU USER AGAR LEBIH MUDAH DALAM PEKERJAANNYA

TASK COMPATIBILITY PEMILIHAN SUATU ICON/MENU UNTUK PERINTAH/TUGAS TERTENTU HENDAKNYA SESUAI DENGAN FUNGSINYA. CONTOH :KETIKA SESEORANG MELIHAT ICON”COPY” MAKA AKAN LANGSUNG DIKETAHUI BAHWA UNTUK MENGGANDAKAN SUATU DATA

PRODUCT COMPATIBILITY PRODUK YANG DIHASILKAN HARUS SESUAI DENGAN SISTEM ASLINYA. HARUS MUDAH DIPAHAMI OLEH SETIAPO USER

CONSISTENCY KESERAGAMAN TAMPILAN, ATAU KEMIRIPAN TAMPILAN PADA SEBUAH ANTARMUKA MESKIPUN MEMEILIKI VERSI YANG BERBEDA

FAMILIARITY PENGGUNAAN NAMA, GAMBAR, MAUPUN ISTILAH YANG MUDAH DIINGAT OLEH USER

SIMPLICITY TAMPILAN YANG SEDERHANA DAN TIDAK MEMBINGUNGKAN AKAN LEBIH MEMUDAHKAN USER UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK TERTENTU

CONTROL BERIKAN CONTROL PENUH PADA USER BIASANYA TIDAK MAU TERLALU ANYAK ATURAN

DIRECT MANIPULATION PENGGUNAAN SHORTCUT AATAUPUN KOMBINASI KEYBOARD UNTUK MEMPERMUDAH SUATU PERINTAH

WYSIWYG WHAT YOU SEE IS WHAT YOU GET BUAT TAMPILAN SEMIRIP MUNGKIN DENGAN DATA ASLINYA

FLEXIBILITY ANTARMUKA YANG DIBUAT MEMILLIKI TOOL YANG MUDAH DIGUNAKAN USER. SUATU PERINTAH DAPAT DIJALANKAN DENGAN LEBIH DARI 1 CARA

responsiveness Setelah memberikan inputan atau memasukkan data ke aplikasi sistem hendaknya langsung memberi tanggapan dari hasil data yang diinputkan Contoh : loading…46%

Invisible technology User cenderung memiliki keingintahuan terhadap kecanggihan suatu technology untuk itu suatu aplikasi hendaknya memilliki fitur tertentu yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain

protection Melindungi user dari kesalahan yang umum dilakukan , misal: dengan memberikan fitur back atau undo

Ease of learning & ease of use

Contoh aplikasi yg sesuai dgn prinsip dasar antarmuka Paint Menu paling mudah diingat Icon sesuai Tampilan mudah diingat

Contoh aplikasi tidak sesuai Ms. Visual basic Icon sulit dipahami Tampilan membingungkan