Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Prinsip Antarmuka Pengguna

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Prinsip Antarmuka Pengguna"— Transcript presentasi:

1 Prinsip Antarmuka Pengguna
Anna Dara Andriana.,S.Kom.,M.Kom

2 Prinsip-prinsip umum Perancangan UI
User Compatibility Product Compatibility Task Compatibility Work Flow Compatibility Consistency Familiarity Simplicity

3 Prinsip-prinsip umum Perancangan UI
Direct Manipulation WYSIWYG Flexibility Responsiveness Invisible Technology Control Robustness

4 Prinsip-prinsip umum Perancangan UI
Protection Ease of Learning & ease of use Trade-off !!!

5 User Compatibility Semua user adalah tidak sama dan semua user tidak seperti developer Designer harus paham tentang pengetahuan psikologi dasar

6 Product Compatibility
Kompatibilitas antar produk harus diperhatikan dan dipertahankan (mengorbankan perubahan UI dimana sistem mungkin lebih kompatibel) Sistem yang akan dibuat harus sesuai dengan sistem manualnya, dan harus dapat menampilkan data yang lebih detail dan akurat dibandingkan sistem manualnya

7

8 Task Compatibility Struktur dan aliran sistem harus sesuai dan mendukung tugas user Sebisa mungkin user tidak dihadapkan dengan kondisi memilih dan berpikir, tapi user dihadapkan dengan pilihan yang mudah dan proses berpikir dari tugas-tugas user dipindahkan dalam aplikasi melalui antarmuka.

9 Contoh: User hanya klik setup, tekan tombol next, next, next, finish, ok untuk menginstal suatu sotfware.

10

11

12

13 Work Flow Compatibility
Sistem harus diorganisasikan dengan baik sehingga dapat mem-fasilitasi transisi antar tugas user

14 Consistency Konsistensi membuat user berfikir dengan meng-analogi-kan dan memprediksi bagaimana melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya software engineer harus memperhatikan hal-hal yang bersifat konsisten pada saat merancang aplikasi khususnya antarmuka

15 Contoh: keseragaman tampilan toolbar pada Word, Excell, PowerPoint, Access hampir sama.

16 Inconsistency interface

17 Familiarity Konsep, terminologi, pengaturannya di antarmuka harus yang dipahami user dengan baik

18

19

20 Simplicity Kesalahan umum yang terjadi pada perancangan interface adalah berusaha untuk menyediakan SEMUA fungsionalitas Gunakan konsep defaults

21

22

23 Direct Manipulation Users secara langsung dapat melihat aksinya pada objek yang terlihat

24

25

26

27 Indirect manipulation

28 Control Dapat membuat frustasi dan demoralisasi bagi user, jika mereka merasa dikontrol oleh mesin Oleh karena itu software engineer haruslan merancang suatu kondisi yang mampu mengatasi dan menanggulangi hal-hal seperti kesalahan input dll

29

30 WYSIWYG Adanya korespondensi satu ke satu antara informasi di layar dengan informasi di printed-output atau file

31

32

33 Flexibility Mengijinkan makin banyak kontrol user dan mengakomodir skill user yang bervariasi

34

35 Responsiveness Komputer harus selalu merespon dengan segera setiap input dari user

36

37

38 Invisible Technology User sebaiknya mengetahui sesedikit mungkin detil teknis bagaimana sistem diimplementasikan

39

40

41 Robustness Sistem sebaiknya mentolerir kesalahan manusia yang umum dan tidak dapat dihindar. Crash system harus diminimalisir, menyediakan recovery yang mudah dipahami jika terjadi crash

42 Kata yang digunakan harus dalam kondisi bersahabat sehingga nuansa user friendly akan dapat dirasakan oleh user selama menggunakan sistem . Contoh yang kurang baik: YOU FALSE !!!, BAD FILES !!!, FLOPPY ERROR, dsb. Akan lebih baik jika BAD COMMAND OR FILES NAMES, DISK DRIVE NOT READY,dll.

43

44 Protection User seharusnya memproteksi dari hasil-hasil yang menyebabkan ‘bencana’ karena kesalahan umum manusia

45

46 Ease of Learning Sistem mudah dipelajari bagi pemula

47 Ease of Use Sistem mudah digunakan bagi para expert

48


Download ppt "Prinsip Antarmuka Pengguna"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google