PENGANTAR PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MATERI PROFIL Pendidikan Matematika  Dimas Angga N.S  Nur Indah Sari  Latifatul Karimah  Idza Nudia Linnusky next
Advertisements

SISTEM BILANGAN Pengantar Teknologi Informasi
Dasar dari Komputer, Sistem Bilangan, dan Gerbang logika
Perangkat Keras (Hardware)
Kelompok Sistem Komputer.
SOFTWARE AND HARDWARE KELOMPOK : JOEL LUIZ
8. Dasar Komputer, Sistem Bilangan dan Gerbang Logika
Selemat Datang Dalam Presentasi kami kelompok II Kelas G tentang Dasar dari Komputer, Sistem Bilangan dan Gerbang Logika.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Akhmad Arroyan Rasyid.
PERTEMUAN KESEPULUH Memory HARDWARE.
Hardware Software Brainware
CPU menjalankan perintah/instruksi yg terdapat pd perangkat lunak untuk memanipulasi data menjadi informasi CPU terdiri dari Control Unit (CU) Arithemetic/Logic.
Sistem Pengkodean.
APLIKASI KOMPUTER DALAM MANAJEMEN KONSTRUKSI 1
LOKASI DAN OPERASI MEMORI
SISTEM PERANGKAT KERAS. PENDAHULUANMIKROKOMPUTER.
SANDI BINER.
Sistem Bilangan Dan Pengkodean
PERTEMUAN KE-6 PERKULIAHAN KOMUNIKASI DATA
Modul 6 SISTEM BILANGAN & KODE Tri Wahyu Agusningtyas
Representasi data Dan Sistem Bilangan
MEMORI DAN KODE ASCII.
SISTEM SANDI (KODE) Pada mesin digital, baik instruksi (perintah) maupun informasi (data) diolah dalam bentuk biner. Karena mesin digital hanya dapat ‘memahami’
Computer System Organization
1 Pertemuan 1 Pengenalan Pemrograman Terstruktur C Matakuliah: H0112 – Pemrograman Bahasa Tingkat Tinggi Tahun: 2005/2006 Versi: xxx/2.
ARCHITECTURE COMPUTER
Perangkat Keras Komputer dan Perangkat Input Output
Desain Prosesor Pertemuan ke 8.
SISTEM BILANGAN & KODE.
Sistem Bilangan.
SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
PTI Semester Ganjil Lec 2. SISTEM BILANGAN.
The file was uploaded to the web
SISTEM BILANGAN & KODE 6 Oleh : Elly Lestari
Pengkodean.
Kode yang Mewakili Data
SATUAN DALAM SISTEM KOMPUTER
SISTEM BILANGAN dan BENTUK DATA dalam KOMPUTER
CPU lanjutan….
Struktur Sistem Komputer
PERTEMUAN KESEPULUH Memory HARDWARE.
Perangkat Keras Masukan/Keluaran
PENGANTARMUKAAN PERIFERAL KOMPUTER
Komunikasi Data 3. Pengkodean Data
Sistem Pengolahan Data Komputer
Arsitektur Komputer Rahajeng Ratnaningsih, S. Kom STMIK –AUB SURAKARTA
TEKNIK DIGITAL BAB II Sistem Bilangan dan Sistem Kode Oleh : M
SUPLEMEN MASA DEPAN KULIAH ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Representasi dan Alur Pemrosesan Data
Pengkodean Data Hidayat Bahktiar ( A )
Komunikasi Data 3. Pengkodean Data
Sistem Bilangan.
01.3 Hari-1 Sesi-3 Desain Algoritma.
Pertemuan 5 Pengkodean.
SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER
Diagram Komponen Umum Hardware
Dasar dari Komputer, Sistem Bilangan, dan Gerbang logika
Dasar Sistem Representasi Bilangan
Dasar Sistem Komputer.
3 HARDWARE KOMPUTER CHAPTER
Kecepatan akses internet
PERBEDAAN TRANSMISI DATA SERIAL DAN PARALEL
PERTEMUAN INPUT OUTPUT.
BILANGAN FLOATING-POINT
BUS INTERFACING.
Pengkodean Data. Karakter data yang akan dikirim dari suatu titik ke titik lain tidak dapat dikirimkan secara langsung. Perlu proses pengkodean pada setiap.
Sistem Bilangan Dan Pengkodean
Pengkodean Data.
Karakteristik Set Instruksi 14 JP. Karakteristik Set Instruksi Pengertian Set Instruksi Set instruksi adalah kumpulan dari instruksi yang dapat dijalankan.
Transcript presentasi:

PENGANTAR PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI Representasi dan Alur Pemrosesan Data PENGANTAR PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI

1. Representasi data Representasi Data merupakan cara bagaimana nilainya disimpan di dalam memori komputer. Set huruf, digit (angka), dan simbol lain digunakan untuk merepresentasikan item data → disebut character set (set karakter). Contoh: Tombol space bar dan tombol delete pada keyboard dianggap sebagai bagian dari set karakter dan direpresentasikan dengan “space” dan “del”.

Bits & Bytes Bagian data terkecil disebut dengan Bit yang mempunyai nilai; 1 & 0. Komputer bekerja dengan koleksi bit tersebut yang digrupkan untuk memawakili sebuah simbol, misalkan huruf dalam deretan alpabet Delapan bit data disebut satu Byte (1 byte = 1 bit). Satu byte data cukup untuk mewakili satu tabel alphanumeric character Dengan satu byte data komputer dapat menyimpan 256 simbol & karakter yang berbeda.

Transmisi Karakter Ketika tombol (key) pada keyboard dari perangkat input komputer ditekan, perangkat tersebut menghasilkan sinyal elektris yang merepresentasikan karakter tombol ke komputer. Transmisi tersebut melewati kabel dari perangkat tersebut ke komputer dan sinyal untuk setiap karakter merupakan rangkaian pulsa elektris yang disebut pulse train.

Gambaran sederhana dari data yang sedang ditransmisikan dari perangkat keyboard ke komputer.

Rincian Pentransmisian Kode Sekarang kita akan melihat pulse train (rentetan pulsa) secara lebih rinci. Gambar 2 memberi gambaran rinci mengenai kode pulsa untuk "T“.

Rincian Pentransmisian Kode Rentetan pulsa lengkap pada Gambar di Slide 6 terdiri atas sepuluh pulsa yang berada dalam rangkaian, dimana masing-masing berada pada tingkat tinggi (1) atau tingkat rendah (0). BIT. Sistem perepresentasian tingkatan pulsa dengan simbol "0" dan "1" sama dengan sistem perepresentasian bilangan yang disebut binary number system (sistem bilangan biner). Sistem bilangan biner juga hanya menggunakan dua simbol "0" dan "1“. Perlu diingat bahwa Binary diglTS disebut BITS dan perlu dicatat bahwa pulsa pada Gambar di slide 6 direpresentasikan dengan sepuluh bits, yang dilabeli dengan Bit 0 sampai Bit 9.

Rincian Pentransmisian Kode Character Codes (kode karakter). Kombinasi biasa dari 0-an dan 1-an digunakan untuk bit 1 sampai 7 yang ada pada Gambar di slide 6 telah dipilih untuk merepresentasikan karakter "T". Jadi, kita memiliki "7-bit code yang merepresentasikan karakter "T". ASCII. Kode 7-bit yang baru dideskripsikan sesuai dengan suatu standar yang disebut ASCII. ASCII kependekan dari American Standard Code for Information Interchange. Kode ASCII banyak digunakan di kalangan industri komputer.

Set karakter ASCII

Rincian Pentransmisian Kode Start Bits and Stop Bits. Bit 0 dalam Gambar di samping disebut "start bit". la merupakan bit pertama dalam rentetan pulsa yang akan ditransmisikan. Tujuannya adalah untuk menandai awal pentransmisian karakter ke receiver atau penerima (dalam hal ini komputer). Bit 9, yakni "stop bit“, menandai akhir dari pentransmisian. Start bit dan stop bit selalu merupakan polaritas yang berlawanan (yakni. jika salah satu adalah 1, maka yang lain adalah 0), sehingga perubahan tingkal pulsa akan terjadi ketika start bit ditransmisikan. Pada beberapa sistem digunakan dua stop bit.

Rincian Pentransmisian Kode Bit Parity merupakan bit tambahan yang disisipkan pada urutan bit-bit data yang ditransmisikan. Tujuan pemberian bit Parity ini adalah untuk memastikan bahwa bit-bit yang ditransmisikan tidak mengalami perubahan nilai setelah sampai dipenerima. Perubahan nilai dapat terjadi karena pengaruh noise (sinyal liar).

2. Alur Pemrosesan Data

Faktor yang Mempengaruhi Pemrosesan Data Register CPU berisi area memori kecil yang disebut register. Fungsinya untuk menyimpan data dan instruksi saat pemrosesan. Ukuran register (disebut juga work size) menentukan jumlah data yang dapat dipakai oleh komputer pada satu waktu. Pada saat ini kebanyakan PC (Personal Computer) memiliki register 32 bit, artinya CPU dapat memproses 4 bit data tiap waktu. Sejumlah area memori kecil yang digunakan untuk menyimpan instruksi selama proses berlangsung. Ukuran dari register (work size) sesuai dengan jumlah data yang bisa diproses dalam satu satuan waktu.

Faktor yang Mempengaruhi Pemrosesan Data RAM Jumlah RAM pada PC dapat mempengaruhi kecepatan sistem. Semakin besar ukuran RAM pada PC akan semakin banyak data disimpan di memori. Makin banyak RAM pada PC, makin banyak program dan instruksi yang bisa disimpan di memori, dan jauh lebih cepat daripada disimpan di hard disk. Apabila PC tidak cukup memiliki memori untuk menjalankanprogram, data akan dipindahkan sementara ke hard disk (proses ini disebut swapping) dan hal ini akan menurunkan kinerja komputer.

Faktor yang Mempengaruhi Pemrosesan Data Sistem Clock Sistem Clock dalam computer menetapkan kecepatan CPU menggunakan Kristal quartz yang bergetar. Satu gerakan clock adalah waktu yang dibutuhkan oleh transistor untuk mematikan transistor kemudian menyalakannya kembali. Hal ini disebut clock cycle, yang diukur dalam Hertz . Jika sebuah komputer memiliki kecepatan 300 MHz, artinya sistem clock berdetak 300 juta kali/ detik. Jika lebih cepat PC Clock berjalan, maka semakin banyak perintah-perintah yang dieksekusi

Faktor yang Mempengaruhi Pemrosesan Data The Bus Bus yaitu jalur antara komponen-komponen pada komputer. Data dan instruksi berjalan pada jalur ini. Lebar jalur data dapat mempengaruhi berapa banyak bit yang dapat ditransmisikan antar komponen komputer. Lebar Bus data menentukan seberapa banyak data ditransmisikan diantara CPU dan device lain. Kapasiatas Chace memory sangat berpengaruh pada kecepatan komputer

Faktor yang Mempengaruhi Pemrosesan Data Chace Memory Cache Memory adalah memori berkecepatan tinggi yang menyimpan data dan instruksi terkini yang sudah diload oleh CPU. Cache lebih cepat daripada memori biasa, dan sangat mempengaruhi kinerja komputer. Ada dua jenis cache memory, yaitu Level-1 (L1) dan cache eksternal yang disebut Level -2 (L2). Memory kecepatan tinggi untuk menyimpan instruksi yang akan dieksekusi oleh CPU. Lokasi Chace langsung pada CPU diantara CPU dengan RAM sehingga lebih cepat dibandingkan dengan RAM. Kapasiatas Chace memory sangat berpengaruh pada kecepatan komputer