PROGRAMMING LANGUAGE USING C/ C++.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 2 Struktur Dasar.
Advertisements

Oleh : Nur Hayatin, S.ST Program Komputer. Tujuan  Setelah perkuliahan selesai diharapkan :  Mahasiswa mampu memahami tentang program komputer  Mahasiswa.
Pengertian Algoritma dan Flowchart
Dasar Pemrograman Komputer
STRUKTUR DATA (5) Pointer dan Function
Algoritma : CONTROL STRUCTURES
Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
ALGORITMA NOTASI 2 FLOWCHART.
ALGORITMA.
II Kendali percabangan (branching)
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
PERTEMUAN 2 Variabel, Ekspresi, Operator, dan Flow Control
INSTRUKSI MASUKAN DAN KELUARAN
Pemrograman Berorientasi Objek Bab 1 – Pemrograman Terstruktur.
Pemrogramman Terstruktur
ALGORITMA & PEMROGRAMAN. Tentang saya Fetty Tri Anggraeny, S.Kom HP atau
Algoritma Indriati ,ST .,M.Kom.
PERULANGAN.
STRUKTUR DATA (5) Pointer dan Function
Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh:
III. STRUKTUR KONTROL.
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Diberikan pada Kuliah Sela Teknik Informatika - Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011.
IL, SFC, ST.
STRUKTUR DATA Pointer dan Function
Statement Input – Output
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Pertemuan Operasi Seleksi
Flowchart.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 REVIEW Issa Arwani, S.kom, M.sc.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 DPK Pertemuan -- Issa Arwani, S.kom, M.sc. PROGRAM STUDI.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Algoritme dan Pemrograman
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
MODUL 3 PERULANGAN PERCABANGAN ARRAY
Flowchart (Diagram Alur)
INTRODUCTION TO C++ Prepared by: Edi, SKom, MKM.
STRUKTUR DATA MENGGUNAKAN C++ Windha Mega PD, S.Kom
Algoritma.
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIKPEMROGRAMAN
Pertemuan 4 PROGRAMMING LANGUAGE.
Looping, Percabangan dan Array
penyusunan algoritma (flowchart)
Algoritme dan Pemrograman
Menuliskan Algoritma Algoritma dapat dituliskan dengan berbagai cara:
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
ALGORITMA Anifuddin Azis.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Remainder Senin depan mulai UTS Praktikum
Latihan #0 Dengan menggunakan pernyataan looping WHILE dan jumlah instruksi sesedikit mungkin, tuliskan cuplikan program (bukan program lengkap, hanya.
Latihan & Studi Kasus Perulangan / Looping PEMROGRAMAN DASAR
Bagian 3 Unsur-unsur kode program Borlan C++
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Looping, Percabangan dan Array
BAB FLOWCHART.
Gambaran Kuliah Pemrograman Terstruktur
Pengantar Sistem Komputer
Bab 2 Struktur Dasar.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
Pemrograman Terstruktur
STRUKTUR DATA.
Pertemuan ke-2 KONSEP ALGORITMA
Penulisan Teks Algoritma
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Konsep Bahasa Pemrograman I Operator
STRUKTUR perulangan (1)
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Transcript presentasi:

PROGRAMMING LANGUAGE USING C/ C++

Tentang saya Nur Cahyo Wibowo, S.Kom S1 Teknik Informatika ITS 1998 – 2003 HP 081330266109 Email: bluejundi@upnjatim.ac.id atau bluejundi@yahoo.com MK : BP, BPL, Sistem Digital, DAA, Pemeliharaan PL, Arsitektur PL Sedang menempuh S2 di ITS 2006

BAHASA PEMROGRAMAN MATA KULIAH DASAR INFORMATIKA PRASYARAT PEMILIHAN PROGRAM STUDI [ SI MAUPUN TF ] PENILAIAN: UTS 30 % UAS 40 % QUIZ 15 % TUGAS 15 %

PROLOG: THE COMPUTER SYSTEM HARDWARE SOFTWARE BRAINWARE PROGRAMMING O/ S GAMES APPLICATIONS

PROGRAMMING FRAMEWORK FILE APLIKASI COMPILING RUNNING SOURCE CODE MEMORI/ RAM OPERATING CODING USER PROGRAMMER

PROGRAMMING HISTORY

LANGUAGE GENERATION 1ST GENERATION ASSEMBLER 2ND GENERATION FORTRAN, C, PASCAL, BASIC 3RD GENERATION DELPHI, JAVA, VISUAL BASIC 4TH GENERATION SQL (STRUCTURED QUERY LANGUAGE)

ALGORITHM Adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau problem. Contoh: Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap. Algoritmanya : Bagi bilangan dengan bilangan 2. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 1. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.

FLOWCHART BIASA DISEBUT DENGAN DIAGRAM ALIR. SALAH SATU METODE UNTUK MEREPRESENTASIKAN ALGORITMA SELAIN PSEUDOCODE DAN URUT-URUTAN LANGKAH. MENGGUNAKAN SIMBOL-SIMBOL BANGUN DATAR BESERTA ANAK PANAH SEBAGAI PENUNJUK ARAH PROSES.

SIMBOL NAMA FUNGSI TERMINATOR (FLOW LINE) PREPARATION PROSES Permulaan/ akhir program GARIS ALIR (FLOW LINE) Arah aliran program PREPARATION Proses inisialisasi/ pemberian harga awal PROSES Proses perhitungan/ proses pengolahan data

Proses input/ output data, parameter, informasi PREDEFINED PROCESS (SUB PROGRAM) Permulaan sub program/ proses menjalankan sub program DECISION Perbandingan pernyataan, penyeleksian data yang memberikan pilihan untuk langkah selanjutnya ON PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada satu halaman OFF PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda

Hitung sisa bagi antara bilangan dengan angka 2 Contoh: Flowchart untuk menentukan bilangan genap atau ganjil Y T Start Input Bilangan Hitung sisa bagi antara bilangan dengan angka 2 A Apakah Sisa = 0 Cetak Genap Cetak Ganjil End

AKAR PERS. KUADRAT Mulai Masukkan nilai variabel A, B, C Hitung D = B2 – 4*A*C Jika D = 0 maka X1 = X2 = – B/(2*A) Tapi jika D < 0 maka X1, X2 Imaginer selain itu maka X1,2 = (– B ± √D)/(2*A) Tampilkan X1, X2 Selesai

FLOWCHART AKAR PERSAMAAN KUADRAT Start Input Nilai A, B, C D = 0 ? Cetak X1, X2 End X = (– B ± √D)/(2*A) D = B2 – 4*A*C X1 = X2 = – B/(2*A) Y T D < 0 ? X1, X2 Imaginer DIKET: Y = AX2 + BX + C FLOWCHART AKAR PERSAMAAN KUADRAT

Bilangan Faktorial Mulai Masukkan N (N adalah bilangan yang akan dihitung nilai faktorialnya) Set variabel Faktorial  1 Set variabel Angka  1 Hitung Faktorial  Faktorial * Angka Angka  Angka + 1 Apakah Angka > N ? Jika TIDAK kembali ke langkah (4). Jika YA tampilkan nilai Faktorial. Selesai

Faktorial = Faktorial * Angka FLOWCHART FAKTORIAL EX. 4! = 4 x 3 x 2 x 1 = 24 Start Input N Faktorial = Faktorial * Angka A Angka > N ? Cetak Faktorial End Faktorial  1 Angka  1 Angka = Angka + 1 T Y

LATIHAN SOAL Buatlah algoritma + flowchart untuk memasak mi instan! Buatlah algoritma + flowchart untuk naik angkot/ lyn! Buat algoritma untuk menghitung jumlah N suku dari deret aritmatika dengan pola berikut : Sn = 3 + 7 + 11 + …… + (4n-1) Buat flowchart untuk mencetak pasangan nilai X dan Y dimana hubungan antara X dan Y memenuhi persamaan Y = X3 – 2X +1 dan nilai x berubah dari –10 sampai 10 ! Buat algoritma + flowchart untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima atau bukan! Buat algoritma + flowchart untuk mencetak N buah bilangan prima yang pertama!

LEARNING SUBJECTS Introduction to Programming Algorithm and Flow Chart Data Type and Variable Input and Output Sequential Programming  Top Down Branching  Selecting What is The Next Step? Looping  Doing Some Task for Many Times Function/ Subrutin  Part of Program Array  Collection of Same Type of Data Struct  Collection of Different Types of Data Pointer  Memory Accessability

PROGRAMMING STEPS ANALISA MASALAHNYA KETIK SOURCE CODE-NYA INPUT-NYA APA SAJA? ALGORITMA PROSESNYA BAGAIMANA? OUTPUT-NYA APA? KETIK SOURCE CODE-NYA HEADER FILES  #include < library > GLOBAL SECTIONS  VARIABEL GLOBAL, FUNGSI BANTU MAIN SECTIONS  VARIABEL LOKAL, INPUT, PROSES, OUTPUT JALANKAN PROGRAMNYA  ADA ERROR ? TES HASILNYA  SUDAH BENAR ? BUAT ARSIP/ DOKUMENTASINYA

VARIABEL & TIPE DATA Variabel = penyimpan nilai/ data. Setiap masalah harus dianalisa terlebih dahulu variabel apa saja yang terlibat/ dibutuhkan. Setiap variabel ditentukan tipe datanya yang sesuai. Variabel Utama  menyimpan data input/ output Bantu  dipakai selama proses Tipe data Angka  int, float, double, long, single Karakter  char Turunan  array, struct, union, pointer

INPUT & OUTPUT FORMAT Angka  %i, %d, %f Huruf/ karakter  %c String/ array of char  %s Alamat memori  %p INPUT scanf(format, variabel)  scanf ( “%d”, &angka ); getch(), getche(), getchar() gets(variabel)  gets ( nama ); OUTPUT printf(kalimat, variabel)  printf ( “IPK = %f“, ipk ); putch(), putchar() puts(variabel)  puts ( alamat );

CONTROL STRUCTURES SEQUENTIAL/ URUTAN BRANCHING/ PERCABANGAN Program dijalankan mulai dari perintah paling atas/ awal sampai paling akhir secara berurutan/ sekuensial. BRANCHING/ PERCABANGAN Penyeleksian kondisi (TRUE/ FALSE) untuk menentukan proses selanjutnya LOOPING/ PERULANGAN Mengulangi proses selama syarat/ kondisi tertentu terpenuhi

SEQUENTIAL/ URUTAN Action 1 Action 2 Action 3 Entry Exit

BRANCHING/ PERCABANGAN Entry Condition 1 Action 1 Condition 2 Action 3 Action 2 Exit TRUE FALSE

LOOPING/ PERULANGAN Action 1 Action 2 Action 3 Entry Exit if 1 if 2

IF - ELSE Biasa digunakan untuk seleksi nilai/ data Kondisi jamak  ((kondisi_1) &&/ || (kondisi_2)) if (kondisi=TRUE) jalankan_statement_ini if (kondisi=TRUE) statement_1 else statement_2 // if kondisi=FALSE else if (kondisi=TRUE) statement_2 else statement_3 // if kondisi=FALSE if (kondisi=TRUE) if (kondisi=TRUE) nested_statement

SWITCH - CASE Biasa digunakan untuk membuat menu dalam program switch (variabel_pilihan) { case nilai_1 : statemen_1; break; case nilai_2 : statemen_2; break; case nilai_3 : statemen_3; break; … default: statemen_default; } Bisa berbentuk nested/ bersarang

LOOP FOR Syntax source code lebih ringkas Biasa dipakai untuk perulangan yang sudah jelas jumlah perulangannya for(nilai_awal; syarat_ulang; inc/dec) { statemen_yang_akan_diulang2; }

LOOP WHILE & DO-WHILE Biasa dipakai untuk perulangan dengan kondisi bersyarat/ logika while (kondisi=TRUE) { jalankan_statemen_ini; } do

NESTED LOOP Perulangan bersarang (terjadi di dalam perulangan) Yang biasa dipakai adalah loop FOR karena lebih mudah & ringkas Contoh kasus yang sering dipakai adalah pengolahan tampilan, angka dan matrik for(int i=1; i<=5; i++) { for(int j=1; j<=i; j++) printf(“%d “, j); // milik loop for dalam printf(“\n”); // milik loop for luar }

FUNGSI Adalah subrutin/ subprogram/ potongan program Mempunyai tugas tertentu Mempunyai bagian RETURN VALUE dan PARAMETER/ ARGUMEN Ada istilah deklarasi & prototype fungsi tipe_return_value nama_fungsi (parameter) { statemen2; // badan fungsi return (return_value/ variabel); }

ARRAY 1 DIMENSI ARRAY adalah TIPE DATA TURUNAN 1 variabel bisa untuk menyimpan banyak data yang bertipe sama Memiliki indeks untuk tiap elemen Umumnya menggunakan LOOPING untuk INPUT, PROSES & OUTPUT data-datanya

ARRAY MULTIDIMENSI (2) Mempunyai elemen BARIS & KOLOM Dapat dipakai untuk representasi sebuah MATRIK Struktur data untuk rekapitulasi informasi berdasar baris dan kolom  TABEL, misal: penjualan barang Memakai NESTED LOOPING dalam operasinya

STRUCT STRUCT adalah TIPE DATA TURUNAN 1 variabel bisa untuk menyimpan beberapa data yang bisa berbeda tipenya Menggunakan operator titik (.) untuk mengakses tiap elemen datanya. Seringkali dikombinasikan dengan ARRAY  ARRAY of STRUCT

POINTER Adalah TIPE DATA TURUNAN Variabel bertipe pointer digunakan untuk menyimpan ALAMAT sebuah data, BUKAN NILAI datanya. Operator yang sering dipakai: &  mendapatkan alamat memori *  mengakses nilai dari sebuah pointer