Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : M. Supriadi Achmad Iffan Marzuq
Advertisements

IT603 Ramos Somya.  Mahasiswa mampu memahami konsep dan penerapan komputasi mobile dan aplikasinya.
Review C/C++ & Intro to Java Pemrograman Berorientasi Obyek IT209.
MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME
APLIKASI MANAJEMEN PERKANTORAN - D Minggu 1. Kata “ Visual ” merujuk kepada metode yang digunakan untuk membuat antar muka yang bersifat grafis Graphical.
H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1 PENGENALAN JAVA 2 ME.
Introduction OOP with JAVA Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
Oleh: Ali Ridho Barakbah
Pengenalan Java As’ad Djamalilleil
PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS (TEORI)
Algoritma & Pemrograman 1
PERTEMUAN 3 PEMROGRAMAN API Java API mudafiqriyan.com.
Object Oriented Programming (OOP)
Nama : Dwi Nur Aini NPM Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
J2ME, Configuration & Profile
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.
Aplikasi Mobile GIS Easy Mobile Map Dengan Menggunakan J2ME
H. Risdiandri Iskandar, SKom, MM
Mobile Device & J2ME Oleh : Oman Somantri, S.Kom
By Dwija Wisnu Brata Your Incrediable J2ME. J2ME ? Java 2 Micro Edition adalah pengembangan bahasa Java yang disesuaikan agar mampu berjalan di perangkat.
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
Pengenalan Pemrograman Java
PERANCANGAN PUSH-TO-TALK OVER BLUETOOTH (POB) PADA TELEPON SELULER
JAVA FUNDAMENTAL Chapter 1 By. Budhi Irawan, S.Si, M.T.
Proses Sistem Terdistribusi.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Java Micro Edition (J2ME)
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
PENGENALAN JAVA.
Pemrograman Visual I Outline: Profil Kontrak Perkuliahan
Embeded System RPL Pertemuan 1.
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
7 DATABASE Client/Server Wiratmoko Y, ST C H A P T E R
Pengenalan Java.
Mobile Computing Dan Aplikasinya
Java Fundamental Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
PEMROGRAMAN PIRANTI BERGERAK
Pengantar Teknologi Mobile
Pemrograman berorientasi objek
APLIKASI KAMUS INGGRIS-INDONESIA INDONESIA –INGGRIS DENGAN Galih Putro Heryyan for further detail, please visit
Mobile Device User Interface
Pengenalan Pemrograman 2
As’ad Djamalilleil Pengenalan Java As’ad Djamalilleil
Introduction Pemrograman Nirkabel
Pemrograman Berorientasi Obyek IT209
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Pengembangan Aplikasi Mobile
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
MENGENAL SISTEM OPERASI MOBILE
Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra.
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
APLIKASI GAME PUZZLE PADA TELEPON SELULAR DENGAN J2ME Aidil Ardiles
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Aplikasi Petunjuk Tempat Kuliner Jakarta Melalui Handphone Ridwan Salim, for further detail, please visit
Pengantar Teknologi Mobile
JAVA.
Pengenalan Java.
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Pengenalan Java.
Pengenalan Java.
PEMOGRAMAN BERERIENTASI OBJEK
Perkembangan Perangkat Lunak
Pengenalan J2ME, Configuration & Profile
Review C/C++ & Intro to Java
Java Fundamental Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Aplikasi Komputer Dr. Mesterjon, S.Kom, M.Kom.
SISTEM OPERASI & MANAGEMENT FILE
APLIKASI 3IN1 KONVERTER PADA TELEPON SELULAR Wenny Rahmawati,
Transcript presentasi:

Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom.

Tentang Mata Kuliah Mobile Computing Kredit: 2 SKS Dosen: Dedy Alamsyah, S.Kom Kelas: Rabu, 19.20-21.00 WIB

Komposisi Penilaian Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri - Jurnal   Tugas Mandiri - Jurnal 20 % Hasil Ujian Tengah Semester 30 % Hasil Ujian Akhir Semester 40 % Presentasi 10 % Total 100 %

Profile Nama : Dedy Alamsyah, S.Kom Panggilan : Dedy Email : wafasa.alamsyah@gmail.com Web : http://wafasa.wordpress.com Facebook : http://www.facebook.com/alamsyahdedy LinkedIn : http://www.linkedin.com/pub/dedy-alamsyah/36/84a/42a YM : dygorgonites Pekerjaan : IT Dept. Head at PT Alamkaca Prabawa Indonesia Dosen Lepas Perguruan Tinggi Raharja (TI)

Tata Tertib Perkuliahan 1. Sama dengan tata tertib kampus 2. Tidak boleh mengantuk apalagi tidur 3. Tidak boleh BETE dan Vacum

Teknik Pembelajaran 1. Ceramah dan Tanya Jawab 2. Presentasi , Tanya Jawab dan Diskusi 3. Tugas 1. Tugas Presentasi Mobile Computing 2. Jurnal Mobile Computing

Tujuan Instruksional Khusus Aktivitas Pembelajaran Silabus Perkuliahan Pert. / Mode Pokok Bahasan / Materi Tujuan Instruksional Khusus Aktivitas Pembelajaran Media / Referensi 1. F2F J2ME = Java 2 Micro Edition   Penjelasan Maksud dan kalimat Java for Small Devices. Mahasiswa mengerti apa itu pengertian J2ME 2 F2F MIDlets Life Cycle   Mahasiswa dapat merancang Statement Penugasan dan Statament MIDlets Life Cycle Dosen menjelaskan pengertian MIDlets Life Cycle 3. F2F Pelatihan Mobile Computing Dosen menberikan tugas k pada mahasiswa   4. F2F Pelatihan Mobile Computing Dosen menberikan tugas k pada mahasiswa   5. F2F MIDP User Interface API Mahasiswa dapat memprogramkan MIDP User Interface API.   Penjelasan tentang MIDP User Interface API

Silabus Perkuliahan - 2 6-7 F2F Pelatihan IDP User Interface API Mahasiswa bisa mengerti dan memahami apa itu MIDP User Interface API Diskusi dan pembelajaran bersama dalam kelas.   8. F2F MIDP Software Components   Penjelasan MIDP software Components Pembelajaran MIDP Software Components 9. HOW to CREATE J2ME APPLICATIONS. Perangkat yang diperlukan: J2SDK J2ME Wireless Toolkit Handphone yang support JAVA 2 Dukungan Handphone terhadap JAVA 2 pada umumnya ditulis support MIDP 2.0 Mahasiswa mengerti penjelasan dari HOW to CREATE J2ME APPLICATIONS. 10 J2ME = Java 2 Micro Edition Maksud dari kalimat: J2ME = Java 2 Micro Edition Configurations Configuration yang ada saat ini: the Connected Device Configuration (CDC) Connected, Limited Device Configuration (CLDC). 11-12. Pelatihan dari Materi pertemuan 4-7. 13-14. Pelatihan dari pertemuan 8-14

Perangkat Mobile Ciri-ciri perangkat mobile (bergerak) 1. Bentuk kecil 2. Layar terbatas 3. Memory dan prosesor terbatas 4. Koneksi jaringan terbatas 5. Masa hidup yang pendek 6. Susah untuk penambahan aksesoris

Pertemuan 1 Sekilas Tentang J2ME (Java 2 Micro Edition) Java merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh James Gosling pada tahun 1996 dan mengklaim dirinya mengimplementasikan konsep PBO. Sampai saat ini pengembangan Java berada dibawah Sun Microsystems walaupun akhir‐akhir ini Java mulai di open‐sourcekan. Java dapat diimplementasikan pada berbagai aspek kehidupan mulai dari komputer mainframe, PC, t elepon genggam/HP, PDA, smart card sampai dengan perlengkapan rumah tangga seperti mesin cuci d an TiVo. Java menjanjikan sifat platform independent yang berarti program cukup ditulis satu kali dan dicompile satu kali maka akan dapat dijalankan di mesin lain tanpa memerlukan pengubahan kode. Sampai saat ini Java terbagi menjadi empat kategori yaitu Java 2 Platform Standard Edition (J2SE) untuk aplikasi desktop, Java 2 Platform Enterprise Edition (J2EE) untuk aplikasi server kelas ente rprise yang biasanya berskala besar, Java 2 Platform Micro Edition (J2ME) untuk aplikasi pada p erangkat yang memiliki tingkat komputasi tidak setinggi komputer, misalnya telepon genggam, PDA da n TiVo, dan yang terakhir adalah Java Card yang digunakan untuk pemrograman smart card berbasis Java.

Sejarah J2ME Java  2  Platform Micro  Edition  (J2ME)  dibuat  pertama  kali  oleh  Sun Micr osystems  pada  tahun  1998. Tujuan  awalnya  adalah  untuk  menyelidiki  ke mungkinan‐kemungkinan  dijalankannya  Java  pada perangkat  dengan  sum ber  daya  terbatas.  J2ME meningkatkan  kapabilitas  perangkat mobile  dari  yang hanya  berkemampuan  melakukan  komunikasi  suara  menjadi  perang kat  yang  mampu  mengakses internet dan memiliki fungsionalitas lebih din amis. 

Java Platform, Micro Edition, atau Java ME Java adalah platform didisain untuk perangkat mobile dan embedded systems. Target: industrial controls mobile phones set-top boxes

Cara Kerja Java2ME

Arsitektur Umum J2ME

Arsitektur J2ME terbagi ke dalam 4 bagian besar sbb: KVM (Kilobyte Virtual Machine or custom implementation) Configurations (CDC, CLDC) Profiles (MIDP 1.0/2.0/2.1/3.0) Optional packages (JSR-XX)

JVM (Java Virtual Machine) KVM (Kilo Virtual Machine) Spesifikasi KVM Mesin virtual itu sendiri hanya membutuhkan 40 dan 80 kilobyte memori • Hanya kilobyte 20-40 dari memori dinamis (heap/tumpukan) yang diperlukan • Dapat berjalan pada 16-bit prosesor clock hanya 25 MHz

API di KVM Basic Classes from java.lang Object, Runtime, System Throwable Classes from java.lang Throwable, Exception, RuntimeException and all its subclasses. Data Type Classes from java.lang Boolean, Byte, Character, Integer, Short, Void String Classes from java.lang String, StringBuffer Miscellaneous Classes from java.lang Math Miscellaneous Classes from java.util BitSet, Dictionary, Enumeration, Hashtable, Vector

Konfigurasi Konfigurasi Untuk mendukung berbagai produk yang sesuai dalam lingkup J2ME, Sun memperkenalkan Konfigurasi. Konfigurasi mendefinisikan platform Java untuk berbagai perangkat. Konfigurasi erat ke Java Virtual Machine (JVM). Bahkan, Konfigurasi mendefinisikan fitur bahasa Java dan inti Java librari/pustaka JVM untuk itu Konfigurasi tertentu. Garis pemisah seperti apa Konfigurasi yang berlaku adalah untuk sebagian besar berdasarkan pada layar, memori, konektivitas jaringan (atau keterbatasan) dan kekuatan pemrosesan yang tersedia pada perangkat.

Arsitektur umum Configuration dan Profile J2ME  Arsitektur implementasi J2ME pada perangkat mobile  

Klasifikasi Profile pada J2ME J2ME  dibagi  menjadi  dua  kategori  berdasarkan  kapabilitas  dari  produk‐produk  tempat diimplementasikannya  J2ME Pembagian  kategori  ini  dilakukan  oleh  Java  Community  Process  (JCP).  Kategori  pertama  disebut  High‐End  consumer  devices.  Kategori  ini memiliki  sumber  daya  yang  cukup besar  hampirmenyamai komputer dalam hal sumber daya listrik, memori maupun bandwidth.  Kategori ini diberi label C onnected Device Configuration (CDC). Contoh produknya adalah Internet TV.  Kategori kedua disebut Low‐End consumer devices. Kategori ini memiliki sumber daya yang sangat kecil. Kategori  ini  diberi  nama  Connected,  Limited  Device  Configuration  (CLDC).  Contoh  produknya  adalah telepon  gengga m  /  HP  dan  two‐way  pager.  Pada modul  ini  kategori  yang  dibahas  hanya  CLDC  pada perangkat telepon gen ggam/HP. CLDC melingkupi perangkat‐perangkat dengan sumber daya terbatas. Sumber daya yang dimaksud disini adalah memori,  antarmuka  pengguna,  daya  listrik  dan  kemampuan  prosesor.  Karakteristik  perangkat CLDC yaitu memori min. 192KB,  16‐32 bit prosesor, daya  listrik yang  rendah dan koneksivitas  jaringan yang tidak stabil. Ada dua versi CLDC yaitu CLDC 1.0 dan 1.1. Vendor perangkat mobile yang menentukan versi mana yang ingin diimpleme ntasikan. Pada CLDC 1.1 dilakukan beberapa upgrade dari versi sebelumnya 1.0 antara lain: 

Ada dua versi CLDC yaitu CLDC 1. 0 dan 1. 1 Ada dua versi CLDC yaitu CLDC 1.0 dan 1.1. Vendor perangkat mobile yang m enentukan versi mana yang ingin diimplementasikan. Pada CLDC 1.1 dilakuk an beberapa upgrade dari versi sebelumnya 1.0 antara lain:   a. Fitur floating point  b. Persyaratan memori min. 192 KB  c. Fitur untuk weak reference  d. Fitur detil pada code verifier  e. Error‐handling yang lebih baik  f. Thread naming dan   g. InterruptionStandard 

Kesimpulan CDC vs CLDC CDC Devices CLDC Devices: 160KB to 512KB total memory available for Java technology Limited power (battery), connectivity (often intermittent), UI (small screen) Features missing in the CLDC VM: Floating point types Object finalization JNI or reflection Thread groups or daemon threads User Class loaders Change in classfile verification  preverification CDC Devices 2 MB or more total available memory Memory dedicated to J2ME environment More than 2MB ROM/Flash More than 512 KB RAM Network connectivity Full Java 2 Virtual Machine specification

Profile Profil adalah secara singkat sebuah Extension. Profile menyediakan perpustakaan bagi pengembang untuk menulis aplikasi untuk jenis dari perangkat tertentu. Misalnya, Profil Mobile Device Information (MIDP) mendefinisikan API untuk pengguna komponen antarmuka, input dan penanganan event, penyimpanan tetap, jaringan dan pengaturan waktu, dengan mempertimbangkan keterbatasan layar dan memori dari perangkat mobile tersebut

Beberapa Fitur yang dapat dihandel Profile Application life-cycle management (application installation, launching, deletion) User interface Event handling High-level application model (the interaction between the user and the application)

MIDP MIDP mempunyai  karakteristik  sendiri dibanding perangkat CLDC lainnya yaitu:  a. Memori (256 KB non‐volatile, 128KB volatile, 8 KB persistent data)  b. Layar tampilan/Display (96x54 pix, Display depth 1 bit, Pixel shape ratio = 1:1)  c. Input (One/Two handed keyboard, touch screen/stylus)  d. Networking (Two‐way, nirkabel, bandwidth terbatas/intermittent)   e. Multimedia (memiliki kemampuan untuk menjalankan tones)

Ada beberapa fungsi yang disupport oleh MIDP sbb: Graphical user interface (GUI) Media Networking (high-level) Security

Tools Pengembangan Aplikasi J2ME Wireless ToolKit (WTK). A. Java Technology for Wireless Industry/JTWI (JSR 185)  b. Wireless Messaging API/WMAPI (JSR 120)  c. Java API Bluetooth Wireless ToolKit/JABWT (JSR 82)  d. Java Web Service API (JSR 172)  e. Mobile Media API (JSR 135) 

Selain  WTK  dari  Sun  Microsystems  terdapat  juga  perangkat  pengembangan  yang  lain untuk  J2ME. Kebanyakan  perangkat  pengembangan  ini  dikeluarkan  oleh  vendor  perangkat  mobile.  Dengan menggunakan  perangkat  pengemban gan  dari  suatu  vendor  perangkat  mobile  diharapkan  nantinya aplikasi kita ak an berjalan dengan baik pada perangkat mobile vendor tersebut tanpa penyesua ian  lagi. Perangkat‐perangkat pengembangan itu antara lain:  a. Nokia developer Suite for J2ME  b. Motorola J2ME SDK  c. Sony Ericsson J2ME SDK  d. BenQ‐Siemens Mobility Toolkit 

Tool Pengembangan Aplikasi J2ME di Windows 1. Install JDK dan Sun Wireless Toolkit (Optional) 2. Install Netbeans 3. Aktifkan Plugin J2ME