RANCANG BANGUN EKONOMI ISLAM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
1. PERAN DAN FUNGSI PEMERINTAH
Advertisements

BAB II INDIVIDU, MASYARAKAT dan SISTEM PEREKONOMIAN
HAKEKAT MANUSIA Fenomena logis 1. Manusia sejak lahir merdeka
KONSEP DISTRIBUSI DAN KEKAYAAN DALAM ISLAM
Karakteristik dan Rancang Bangun Sistem Ekonomi Islam
Good Governance Ali Rokhman Sumber:
Urgensi Dakwah Ekonomi Islam
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
RANCANG BANGUN SISTEM EKONOMI ISLAM
ILMU EKONOMI DAN PERMASALAHANNYA
Aplikasi Teori Permintaan dan Penawaran
Perkembangan Ekonomi Indonesia
Pengantar Perbankan Syariah
Oleh: Ruslan A Ghofur Noor
TUTORIAL TATAP MUKA IPEM4428 EKONOMI PEMERINTAHAN
Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro kuliah ke 1
Tujuan & Prinsip Bisnis Syariah
Perekonomian Indonesia
HERTIANA IKASARI, SE, MSi
KARAKTERISTIK DAN RANCANG BANGUN SISTEM EKONOMI ISLAM
KEPEMILIKAN (AL-MILKIYAH) Bab 16, hlm.317
PRODUKSI & PERDAGANGAN
DISTRIBUSI KEKAYAAN (bab 18, hlm.391)
PERILAKU KONSUMEN DAN PRODUSEN DALAM KEGIATAN EKONOMI
DINUL ISLAM DAN EKONOMI ISLAM (LKS)
SISTEM EKONOMI ISLAM DAN KESEJAHTERAAN UMAT
PANDANGAN PARA AHLI MUSLIM TENTANG EKSISTENSI AKUNTANSI
SISTEM EKONOMI ISLAM BAB - 2.
ZAKAT DAN PAJAK oleh Farida P
PUBLIC FINANCE (KEUANGAN PUBLIK)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PELAKU KEGIATAN EKONOMI
PELAKU EKONOMI DALAM SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA
OTONOMI BIDANG PERTANAHAN
EKONOMI Kelas / Semester : X / 1 Permasalahan Ekonomi.
KONSEP DASAR EKONOMI ISLAM
SISTEM EKONOMI Pengertian,,,,,,,,,????
Bab 5 Kerangka Dasar Penyusunan Dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah
Sistem Ekonomi Islam Sistem Ekonomi Islam adalah sistem ekonomi yang berdasarkan ajaran Islam. Filosofi : Islam adalah pedoman hidup manusia yang lengkap,
REDISTRIBUSI PENDAPATAN
EKONOMI Permasalahan Ekonomi.
POKOK PERMASALAHAN EKONOMI, PELAKU EKONOMI DAN SISTEM EKONOMI
AMWAL (HARTA) DAN HAK MILIK
HAKEKAT ILMU EKONOMI Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan pilihan penggunaan sumberdaya yang langka.
Hubungan Ekonomi dan Hukum dalam Islam
TAHUN 2014 TENTANG DESA UNTUK KESEJAHTERAAN RAKYAT
Sistem Ekonomi.
KEGIATAN POKOK EKONOMI
KONSEP PRODUKSI DI ACEH: TEORI DAN REALITA
BAB II INDIVIDU, MASYARAKAT dan SISTEM PEREKONOMIAN
Sistem ekonomi adalah sistem suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya ke warga negaranya, baik perorangan maupun organisasi.
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
PUBLIC FINANCE (KEUANGAN PUBLIK)
Uang dan Moderenisasi Perekonomian
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BAB II INDIVIDU, MASYARAKAT dan SISTEM PEREKONOMIAN
Universitas Muhammadiyah Surakata
BAB 4 Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah (KDPPLKS). Kerangka dasar merupakan rumusan konsep yang mendasari penyusunan dan.
EKONOMI SYARIAH KELOMPOK : Syaifullah Abdurrachman M. Razi
PRINSIP-PRINSIP EKONOMI
SISTEM EKONOMI ISLAM DAN KESEJAHTERAAN UMAT
MSDM – Handout 13 Serikat Pekerja dan Hubungan Industrial.
Bab 5 Kerangka Dasar Penyusunan Dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah
KONSEP PEMBANGUNAN ISLAM.
PUBLIC FINANCE (KEUANGAN PUBLIK)
PUBLIC FINANCE (KEUANGAN PUBLIK)
Toman Sony Tambunan, S.E, M.Si NIP
Kebijakan penumbuhan iklim & pengembangan usaha PERTEMUAN – 12 Mata Kuliah: Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Toman Sony Tambunan, S.E, M.Si NIP
IMPLEMENTASI UNDANG – UNDANG NO. 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA UNTUK KESEJAHTERAAN RAKYAT OLEH:TUTIK KUSUMA WADHANI,SE,MM,M.Kes.
MODEL PENGURUSAN ISLAM.
Transcript presentasi:

RANCANG BANGUN EKONOMI ISLAM Hertiana Ikasari, SE, MSi

Rancang Bangun Ekonomi Islam Kepemilikan Dalam Islam Maslahah sebagai Insentif Ekonomi Musyawarah sebagai Prinsip Pengambilan Keputusan Pasar yang Adil Sebagai Media Komunikasi Pelaku Ekonomi Dalam Islam

Kepemilikan Dalam Islam Dalam ajaran Islam hak milik dikategorikan menjadi tiga: Hak milik individual (milkiyah fardiyah/private ownership)  Atas sumber daya ekonomi Fitrah manusia  harus dihormati dan dijaga  prasyarat mendasar untuk mencapai falah  menciptakan motivasi dan memberi ruang pemanfaatan optimal Batasan : perolehan dan penggunaan sesuai syariah dan tidak menimbulkan mafsadat (kerugian) bagi diri maupun pihak lain. Hak milik umum atau publik (milkiyah ‘ammah/public ownership)  benda peruntukan pemanfaatan untuk umum  Dalam Islam tidak dibatasi sesuai dengan kondisi negara. Karakteristik: (1) meruapakan fasilitas umum  kalau tidak ada akan sengketa; (2) bahan tambang  terbatas jumlah; (3) SDA yang sifat pembentukannya menghalangi untuk dimiliki; (4) Harta Wakaf. Hak milik negara (milkiyah daulah/state ownership) Asalnya bisa milik individu atau umum Dikelola pemerintah  representasi kepentingan rakyat sekaligus mengemban misi kekhalifahan Allah di muka bumi. Hak negara dapat dialihkan kepilikannya  subsidi. Hak umum tidak bisa dialihkan ke Individu meski bsia dikelola pemerintah Bertolak dari konsep hak milik maka Sistem EI  ekonomi tiga sektor: pasar, masyarakat dan negara. Masing-masing punya kewajban untuk mencapai falah.

Perbandingan Konsep Kepemilikan Indikator Kapitalime Sosialisme Islam Sifat Kepemilikan Kepemilikan mutlak oleh manusia Allah pemilik mutlak, manusia terbatas Hak Pemanfaatan Manusia Bebas memanfaatkannya Pemanfaatan oleh manusia mengikuti ketentuan Allah Prioritas Kepemilikan Hak milik individu dijunjung tinggi Hak milik kolektif/ sosial dijunjung tinggi Hak milik individu dan kolektif diatur oleh Agama Peran Iindividu Dan Negara Individu bebas memanfaatkan sumber daya Negara yang mengatur pemanfaatan sumber daya Terdapat kewajiban individu-masyarakat –negara secara proporsional Distribusi Kepemilikan Bertumpu kepada mekanisme pasar Bertumpu kepada pemerintah Sebagian diatur oleh pasar, pemerintah dan langsung oleh Al qur’an Taggung Jawab Pemanfaatan Diri sendiri publik Diri, publik, Allah

Maslahah sebagai Insentif Ekonomi Konsep dan pemahaman terkait dengan kepemilikan membawa implikasi pada motivasi dan insentif setiap individu. Harta dianggap milik sendiri mutlak  sewenang-wenang. Kapitalisme  konsumen memaksimalkan kepuasan diri dan mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Sosialisem  kegiatan ekonomi didorong insentif keamanan dan kenyamanan sosial. Keduanya melihat insentif  material saja. Dalam Islam  Insentif bisa material dan non material  Islam memberi peluan untuk memenuhi kebutuhan individu, sosial dan ibadah (keb. suci). Insentifnya  dunia dan akhirat  baik untuk produksi, konsumsi maupun distribusi. Contoh : Konsumsi barang yang halal dan thayib  kepuasan duniawi dan pahala akhirat. Derma  insentif akhirat Kesemua insentif  maslahah

Musyawarah sebagai Prinsip Pengambilan Keputusan Secara umum pengambilan keputusan ada dua: sentralisasi dan desentralisasi. Sentralisasi  planned economy Desentralisasi  pasar bebas EI  individu, masy, dan pemerintah memiliki peran masing2  keduanya bisa diamnfaatkan dan diharmoniskan  desentralisasi; untuk penentuan harga  untuk keadilan distributif; sentralisai. Secara umum  mekanisme pasarberbasis nilai-nilai. Musyawarah (shuratic process)  kesepakatan berdasar maslahat  kombinasi sentralisasi dan desentralisasi

Pasar yang Adil Sebagai Media Komunikasi Aspek penting dari sitem EI adalah mekanisme pemenuhan insentif. Dalam Islam  insentif individualistik diakomodasi sepanjang tidak bertentangan denan kepentingan sosial dan kepentingan ibadah. Sehingga prlu mekanime pasar yang mengedepankan aspek moralitas dan kerjasama Ibnu Taimiya menyebutnya pasar yang adil  gabungan antara kompetisi dan kerjasama (coopetition) Pasar juga dikendalikan oleh pemerintah dan masy dalam upaya mencapai maslaha maksimum

Pelaku Ekonomi Dalam Islam Pasar dalam Ekonomi Islam Pemerintah dalam Ekonomi Islam Peran Masyarakat dalam Ekonomi Islam

Pasar Dalam Ekonomi Islam Pelaku pasar pada dasarnya adalah rumah tangga dan perusahaan Macam Pasar : pasar input dan pasar output Di pasar input , RT sebagai penyedia faktor produksi Di pasar output, RT sebagai konsumen Islam menghargai pasar sebagai wahana bertransaksi yang halal atau thayyib Islam menghargai mekanisme pasar Mekanisme pasar merupakan kekuatan yang bersifat masal dan alamiah Tidak ada seorang pun yang dapat mengendalikan pasar kecuali Allah Perekonomian jaman Rasulullah menjunjung tinggi mekanisme pasar Pasar seringkali tidak sempurna, sehingga perlu peran pemerintah dan masyarakat

Pemerintah Dalam Ekonomi Islam Peran pemerintah dalam pasar : Berkaitan dengan implementasi nilai dan moral Islam Berkaitan dengan menyempurnakan mekanisme pasar Berkaitan dengan kegagalan pasar

Peran Masyarakat Dalam Ekonomi Pasar Peran masyarakat menjadi penting apabila pemerintah tidak dapat menjalankan tugas fard al kifayah Misal : Di Indonesia, masyarakat harus aktif dalam pengelolaan zakat Peran masyarakat juga muncul karena adanya konsep hak milik publik dalam Islam , misal : waqf