Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ragam Dialog.
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Ragam Dialog.
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
Teori , Prinsip, dan Pedoman
DESAIN IMK-M5.
1 Pertemuan > FAKTOR MANUSIA PADA SOFTWARE INTERAKTIF Matakuliah: M0044/Interaksi Manusia dan Komputer Tahun: 2005 Versi: 2 / 2.
Interaksi Manusia dengan Komputer
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
KONSEP USER INTERFACE.
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Perancangan antarmuka (design interface)
Latihan Ujian UTS dan UAS
Oleh Untung Widodo, SE, MM
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
PERANCANGAN INTERFACE USER
Perancangan Antar Muka
Interaksi Manusia dan Komputer
Teori , Prinsip, dan Pedoman Pertemuan 2
Teori, Prinsip, dan Pedoman
KONSEP INTERFACE
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Ragam dialog Pertemuan 3.
8 ATURAN EMAS DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Teori, Prinsip dan Pedoman
Menguji Rancangan Antarmuka Pertemuan 4
Panduan Merancang Interface
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Human Computer Interaction (1)
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
Perancangan Tampilan.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Mobile Device User Interface
KEBERGUNAAN (USABILITY)
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Ragam dialog Pertemuan 3.
USER INTERFACE.
BAB IV KEBERGUNAAN (usebility)
Ragam Dialog.
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Tujuan instruksional umum:
Designing the User Interface:
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Interaksi Manusia dan Komputer
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer Prinsip dan Pedoman Interaksi Manusia dan Komputer

Prinsip-prinsip IMK Prinsip 1: Kenali Perbedaan Prinsip 2: Gunakan Delapan Aturan Emas Perancangan Antarmuka Pemakai Prinsip 3: Cegah Kesalahan IMK 3

Prinsip 1: Kenali Perbedaan Jenis-jenis pemakai: Novice (first-time users) Knowledgeable intermittent users Expert frequent users IMK 3

Novice (First-time Users) Konsep tugas dan antarmuka dangkal. Perancangan: Batasi jumlah pilihan Umpan balik yang informatif Manual dan tutorial online yang efekftif. IMK 3

Knowledgeable Intermittent Users Konsep tugas stabil. Konsep antarmuka luas namun sulit mengingat sintaktik. Perancangan: Struktur menu yang rapi Konsistensi Kejelasan antarmuka yang jelas Perlindungan dari bahaya karena eskplorasi fitur. IMK 3

Expert Frequent Users Terbiasa dengan konsep tugas dan antarmuka. Ingin pekerjaan cepat selesai. Perancangan: Makro Shortcuts Singkatan, dsb. IMK 3

Prinsip 2: Gunakan Delapan Aturan Emas Perancangan UI Berusaha untuk konsisten. Memungkinkan frequent users menggunakan shortcuts. Memberikan umpan balik yang informatif. Merancang dialog yang memberikan penutupan (keadaan akhir). Memberikan pencegahan kesalahan dan penanganan kesalahan yang sederhana. Memungkinkan pembalikan aksi yang mudah. Mendukung pusat kendali internal (internal locus of control). Mengurangi beban ingatan jangka pendek. IMK 3

Prinsip 3: Cegah Kesalahan Membetulkan pasangan yang bersesuaian Menempatkan tanda pembuka dan penutup dalam satu aksi. Mengingatkan pemakai bahwa tanda penutup belum dipasang. IMK 3

Prinsip 3: Cegah Kesalahan (Lanj.) Melengkapi urutan aksi Memungkinkan penggabungkan aksi-aksi menjadi suatu aksi baru dengan makro atau sejenisnya. Melakukan aksi-aksi yang tergantung aksi lain secara automatis. IMK 3

Prinsip 3: Cegah Kesalahan (Lanj.) Membetulkan perintah Mengenali kekurangan perintah dan melengkapinya. Memberikan pilihan sebagai ganti mengetik. IMK 3

Pedoman Perbedaan antara prinsip dasar dan pedoman yang lebih informal tidaklah tegas. Beberapa contoh pedoman: Pedoman data display Pedoman data entry IMK 3

Tujuan Tingkat Tinggi Data Display Konsistensi tampilan data. Asimilasi informasi yang efisien oleh pemakai. Beban ingatan pemakai yang minimal. Kompatibilitas tampilan data dengan pemasukan data. Fleksibilitas kendali pemakai. IMK 3

Tujuan Tingkat Tinggi Data Entry Konsistensi transaksi pemasukan data. Aksi pemasukan yang minimal oleh pemakai. Beban ingatan pemakai yang minimal. Kompatibilitas pemasukan data dengan tampilan data. Fleksibilitas kendali pemakai. IMK 3

Keseimbangan antara Automasi dan Kendali Manusia Prinsip-prinsip yang telah dibahas selaras dengan tujuan untuk menyederhanakan tugas pemakai, dengan kata lain menghapuskan aksi manusia jika tidak diperlukan keputusannya. Maka tingkat automasi akan meningkat karena prosedur semakin standar, kehandalan hardware meningkat, dan verifikasi software meningkat. Tapi peran manusia yang kritis masih selalu ada karena dunia nyata adalah open system. IMK 3

Keseimbangan antara Automasi dan Kendali Manusia (Lanj.) Knowbots/softbots: Agen otonom Tahu apa yang disukai/tidak disukai orang; Membuat kesimpulan yang pantas; Menanggapi situasi baru; Bekerja kompeten tanpa panduan. User model: Menyimpan preferensi pemakai; Mengubah kelakuan sesuai kebu-tuhan pemakai; Beradaptasi secaraa automatis; Dapat bemasalah. IMK 3

Keseimbangan antara Automasi dan Kendali Manusia (Lanj.) Alternatif agen dan user model: Kendali pada pemakai, tanggung jawab, dan prestasi. Perluasan metafora panel kendali (control panel). IMK 3