PERANAN MULTIMEDIA DALAM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Advertisements

OTOMASI PERPUSTAKAAN & MULTIMEDIA
Dasar-dasar Web Design
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
MULTIMEDIA ISLAMI Mista Hadi Permana DEFINISI MULTIMEDIA DDalam dunia elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).
P ENGANTAR M ULTIMEDIA ASEP DEDEN RAHMAT S., ST..
Memahami Etimologi Multimedia
TEKNIK MULTIMEDIA.
Dasar-dasar multimedia
Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika
PalComTech. WORLD WIDE WEB (WWW), Adalah sarana internet yang menampilkan tampilan berupa gabungan teks, grafis, suara bahkan video yang bersifat interaktif.
Komponen Sistem Teknologi Informasi
MULTIMEDIA.
MULTIMEDIA.
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Sistem Multimedia.
Pemrograman multimedia
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
Dasar-dasar Multimedia
Perangkat Keras Multimedia
Pengantar Multimedia Nurochman.
Produksi Multimedia (KMN 504)
Pemrograman Multimedia
SISTEM INFORMASI MULTIMEDIA
TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
Network : adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi.
Sistem Operasi - Multimedia
Pertemuan I Multimedia (Teori)
E-Marketing.
Aplikasi Web (Bagian I)
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
KELOMPOK 5 AHMAD DIMYATI ( ) AHMAD UBAIDILLAH ( )
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
KEGIATAN BELAJAR 1 SISTEM KOMPUTER IDIK 4010 Komputer dan Media Pembelajaran by maspupang.co.id.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
PEMASARAN DALAM E-COMMERCE
Pengenalan multimedia
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
Pertemuan 5 Electronic Commerce
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
Komponen E-Learning
DASAR DASAR MULTIMEDIA
PERKEMBANGAN NILAI PLUS & MINUS IMPLEMENTASI & TEKNOLOGI
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Pengantar e- Business.
APLIKASI POWER POINT ONLINE
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
Aplikasi Web (Bagian I)
Memahami Etimologi Multimedia
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
desain multimedia dasar
Desain web Good vs bad Dimas wahyu utomo
Teknologi perangkat keras
PELATIHAN PEMBUATAN TOKO ONLINE BANDUNG, 13 AGUSTUS 2015
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
Komunikasi di Era Informasi
Network : adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi.
Pengantar Multimedia Tujuan Khusus Pelatihan :
MULTIMEDIA Multimediaadalahmediayang menggabungkanduaunsurataulebih mediayangterdiridariteks,grafik,gambar, foto,foto,audio,dananimasisecara terintegrasi.
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Pemrograman Multimedia
Komponen input dan output komputer
Pemrograman Multimedia Dede heru. s.kom. OVERVIEW Position : Contact Address: Phone: - Handphone : dedeheru Homepage:
World Wide Web atau WWW atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

PERANAN MULTIMEDIA DALAM DUNIA USAHA By : Sofyan, S.T. ,M.Kom

Definisi Multi Media • Multi berasal dari bahasa latin “multus” yang artinya banyak, biasa juga diartikan sebagai multiple • Media berasal dari bahasa latin “medium” yang artinya tengah , biasa juga diartikan penengah (intermediary) • Multimedia : “multiple intermediaries” atau “multiple means” (alat/media) • Multimedia adalah kombinasi dari elemen- elemen text, foto, graphics art, animasi, dan video yang saling berhubungan dan dimanipulasi secara digital

Pengertian Multimedia • Menurut Vaughan , Multimedia merupakan kombinasi teks, seni, suara, gambar, animasi dan video yang disampaikan dengan komputer atau dimanipulasi secara digitaldan dapat disampaikan dan/atau dikontrol secara interaktif

Pengertian Multimedia Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

Sistem Multimedia • Menurut Marshall (2001), Sistem Multimedia mempunyai 4 karakteristik dasar, yaitu : 1. Merupakan sistem yang dikontrol oleh komputer 2. Merupakan sebuah sistem yang terintegrasi 3. Informasi yang ditangani dipresentasikan secara digital 4. Antarmukapada media tampilan akhir biasanya interaktif

DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA Menurut wikipedia.org: Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association)

Jenis Multimedia • Multimedia mempunyai 3 jenis, yaitu : 1. Multimedia Interaktif, pengguna dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan dikirimkan atau ditampilkan 2. Multimedia Hiperaktif, multimedia jenis ini mempunyai suatu struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Dapat dikatakan bahwa multimedia jenis ini mempunyai banyak tautan (link) yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada 3. Multimedia Linear, pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir

1. Multimedia Interaktif  Multimedia Interaktif, adalah integrasi digital antara text, graphics, animasi, audio, gambar tak bergerak (still images) dan bergerak (motion video) dimana disediakan kontrol terhadap konten dan interaksi tingkat tinggi bagi pemakai individu dan aplikasi multimedia  Interaktif,  Feature/ciri kunci dari multimedia  Pemakai menentukan apa,kapan dan bagaimana konten disampaikan pemakai  Non-linear

2. Multimedia Hiperaktif • Multimedia Hiperaktif terbagi menjadi 2, yaitu : 1. Hierarchical, pemakai memiliki pilihan, tetapi topik-topik dapat dibagi dalam topik-topik yang lebih spesifik.  Menyediakan peng-index-an dari sebuh home page single  Mudah dimengerti  Sangat umum

2. Multimedia Hiperaktif • Multimedia Hiperaktif terbagi menjadi 2, yaitu : 2. Non Linear, memungkinkan pemakai untuk bebas bergerak untuk melihat isi materi dengan cara berinteraksi. Tidak ada hirarki yang dipaksakan, pemakai daptat bergerak bebas ke materi manapun  Sangat fleksibel  Mirip dengan cara berpikir associative  Sulit mengembangkan model konseptual bagi user

3. Multimedia Linear  Multimedia Linear, dimulai dari suatu posisi awal (start position) menuju ke suatu posisi akhir (end position) dengan sedikit atau tanpa interfensi pemakai  Linear:  Sederhana  Logical  Ideal untuk produk yang kecil  Contoh: electronic, storybook

Mengapa Menggunakan Multimedia • Mudah digunakan. • Antarmuka yang intuitif (mudah dimengerti) • Pengalaman yang mendalam • Interaksi yang lebih baik, karena cederung visual • Lebih lemat biayanya • Lebih menyenangkan

Pemanfaatan Multimedia • Multimedia dapat digunakan dalam banyak bidang. Multimedia dapat masuk danmenjadi alat bantu yang menyenangkan. • Beberapa bidang yang menggunakan multimedia adalah sebagai berikut : 1. Bisnis 2. Pendidikan 3. Tempat umum 4. Rumah Tangga 5. Virtual Reality (VR)

Multimedia Dalam Bisnis • Aplikasi multimedia untuk bisnis meliputi presentasi, pemasaran, periklanan, demo produk, katalog, komunikasi di jaringan dan pelatihan • Penggunaan multimedia akan membuat kelancaran dan kemudahan transaksi bisnis • Contoh : - Demo produk Presentasi peluang bisnis - E-COMMERCE - Bisnis On-Line

Contoh Peluang Bisnis Di Bidang Multimedia 1. Video Shooting Video Shooting sangat di butuhkan banyak orang untuk mengabadikan momen-momen penting seperti pernikahan, film atau tugas sekolah dan lain sebagainya.

2. Animator   Animator ialah orang yang bisa membuat animasi. Anda bisa menjadi animator dan membuat animasi, anda bisa bergabung dengan perusahaan animasi atau membuat animasi sendiri dan menjualnya kepada orang lain baik offline maupun online.

3. Desain Grafis   Anda bisa mendesain gambar, edit foto, mendesain banner, cover dan lain sebagainya yang nantinya anda jual kepada perusahaan, lembaga atau instansi. Anda juga bisa menerima pesanan pembuatan desain, anda buka saja jasa pembuatan desain di internet.

4. Fotografer   Bagi anda yang hobi dalam bidang fotgrafer tidak ada salahnya jika menyalurkan hobi ke dalam dunia usaha. Pada umumnya fotografer masih satu paket dengan video shooting dan di butuhkan banyak orang untuk mengabadikan momen-momen penting.

5. Wirausaha Bidang TI   TI memang ilmu yang komplit, selain beberapa contoh di atas masih banyak yang bisa anda lakukan seperti wirausaha dalam bidang TI. Seperti Membuka toko komputer, usaha warnet dan game online, servis komputer dan laptop dan masih banyak lagi. Yang terpenting anda menguasai bidang tersebut.

Yang Diperlukan Oleh Multimedia • Komponen yang diperlukan dalam memproduksi multimedia, adalah : 1. Perangkat keras 2. Perangkat lunak 3. Kreatifitas 4. Organisasi

1. Perangkat Keras  Perangkat keras antara lain:  Komputer  Scanner  Kamera Digital  Handycam  Koleksi Musik  Komputer yang dipakai sebaiknya menggunakan satu platform  Apabila menggunakan beberapa platform dapat memunculkan banyak kendala terutama pada tahap assembly

1. Perangkat Keras  Mandel (2001) memberikan pendapat tentang komponen yang diperlukan untuk suatu sistem multimedia adalah a. Perangkat capture, kamera video, video recorder, microfon audio, keyboard, perangkat 3d input, sensor sentuh b. Perangkat penyimpanan, harddisk, CD ROM, Zip Drive, DVD, dan lain-lain c. Jaringan Komunikasi, ethernet, token ring, intranet, internet d. Sistem Komputer, komputer PC Desktop, komputer workstation, perangkat keras MPEG/VIDEO e. Perangkat penampil, speaker dengan kualitas CD, SVGA, monitot, printer warnal dan lain-lain

2. Perangkat Lunak  Dibutuhkan sistem operasi (Mac OS X, Linux, Microsoft Windows)  Dibutuhkan untuk mengedit teks  Dibutuhkan OCR (Optical Character Recognition) untuk menterjemahkan hasilpindaian tulisan menjadi teks yang dapat diedit  Dibutuhkan untuk mengedit gambar baik gambar 2D maupun gambar 3D  Dibutuhkan untuk mengedit audio dan video

3. Kreatifitas  Membutuhkan kreatifitas khusus  Kreatifitas dibutuhkan untuk membangun suatu multimedia yang menarik.  Agar kreatifitas berkembang, harus mengetahui, mengenal dan mahir menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang ada  Latihan penggunaan perangkat sangat diperlukan dalam pembuatan multimedia

4. Organisasi  Membuat dan mengorganisasikan garis besar serta rencana rasional yang memerinci keterampilan, waktu,biaya, piranti dan sumber daya yang diperlukan  Memudahkan pengarsipan dan pelaksanaan protokol-protokol yang sudah dibuat

SISTEM MULTIMEDIA Sebuah sistem multimedia adalah suatu sistem yang mendukung lebih dari satu media. Suatu sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia jika terdapat: Kombinasi Media Independence 3. Computer-supported Integration

Beberapa alat yg digunakan dalam multimedia Keyboard PC units Notebook CD Mikropon Speaker Monitor Scanner Printer Kamera digital Video cassete recorder Tape recorder Mouse dsb

Sistem multimedia

Salah satu contoh Penerapan Multimedia dalam dunia bisnis adalah E-Commerce. E-Commerce merupakan konsep baru yang biasanya digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada World Wide Web Internet atau proses jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet.

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-Commerce adalah: - E-mail dan Messaging - Content Management Systems - Dokumen, spreadsheet, database - Akunting dan sistem keuangan - Informasi pengiriman dan pemesanan - Pelaporan informasi dari klien&enterprise Sistem pembayaran domestik dan internasional On-line Shopping - Conferencing - Online Banking

Model – Model Bisnis E-Commerce 1. Binis Affiliasi Model bisnis affiliasi adalah dimana kita menjual produk orang lain, bisnis ini dapat digunakan oleh yang tidak memiliki produk sendiri untuk dijual tetapi sangat ingin berbisnis di internet. Disini kita akan mendapatkan penghasilan melalui komisi hasil penjualan, biasanya berkisar antara 4% sampai 60% dari harga produk

2. Binis Reseler Model bisnis reseler adalalah dimana pada prinsipnya hampir sama dengan model bisnis affiliasi, hanya saja untuk bisa bergabung dengan bisnis model ini terlebih dahulu diharuskan untuk membeli salah satu produk yang mereka miliki, baru setelah itu diijinkan untuk memasarkannya. Biasanya hasil yang bisa kita dapatkan dari bisnis model ini sebesar 20% sampai 50%.

3. Bisnis Pribadi (Menjual Produk Sendiri) Bila kedua model bisnis e-commerce di atas sumber penghasilan adalah dengan menjual produk-produk orang lain, dalam bisnis pribadi ini bisa menawarkan produk yang merupakan hasil karya kita sendiri. Karya di sini tidak hanya berbentuk benda hasil produksi saja, namun hasil dari keahlian kita juga bisa. Misalnya dalam membuat sebuah e-book tentang bagaimana cara menghemat listrik sampai 80% lalu anda memasarkannya melalui internet.

. Publisher Model bisnis publisher ini sangat menarik, karena tidak menjual sebuah produk atau jasa sama sekali, tetapi hanya membuat sebuah situs/blog yang berisi informasi yang unik dan sedang dicari banyak orang, lalu anda bisa daftarkan situ/blog anda kesebuah perusahaan periklanan/advertising online. Jika situs/blog anda memenuhi syarat maka anda akan mendapat komisi dari setiap pengunjung yang datang ke situ/blog anda dan membaca iklan yang berasal dari perusahaan advertising tersebut. Contoh perusahaan advertising yang sudah sangat terkenal adalah google

Membuat Toko On-Line dengan E-Commerce 1. Magento - Untuk pengguna juga sebagai admin, software ini memiliki beberapa fitur yang kuat untuk mendukung e-commerce. Hal ini memungkinkan beberapa toko untuk dikelola dari antarmuka admin tunggal.

 2. Fortune3  Mudah menggunakan perangkat lunak dan layanan e-commerce memiliki semua fitur dan dukungan yang dibutuhkan untuk mengelola sebuah toko online yang sukses.

3. OXID esales - ini open source e-commerce sistem siap untuk B2C, B2B dan skenario commerce social.

4. PrestaShop - Apa yang menarik paling adalah antarmuka itu ramping. Dengan open source Anda dapat membuat kesepakatan khusus seperti voucher hadiah, penurunan harga, produk tag.

5. osCommerce - t adalah salah satu gratis aplikasi e-commerce tertua yang menawarkan beberapa pilihan pemasaran dan mendukung sebagian besar sistem pembayaran. SEO friendly ini aplikasi dan multibahasa bekerja dengan PHP / MySQL.

6. Digistore - ini dikembangkan dari mesin osCommerce dengan perbaikan di ujung depan dan admin app. Ini menyediakan platform untuk menjual & virtual barang fisik

7. OpenCart - ini PHP – MySQL sistem shopping cart adalah aplikasi yang tampak sederhana namun memiliki semua harus-memiliki fitur.

8. Freeway - Aplikasi ini memiliki beberapa ide inovatif untuk menjual 8. Freeway - Aplikasi ini memiliki beberapa ide inovatif untuk menjual. Ini dapat digunakan untuk menjual sebuah pelajaran gitar atau menyewa lapangan tenis pada tanggal tertentu dan waktu

9. Cart Zen - Ini adalah gratis dan kompatibel keranjang belanja open source perangkat lunak. Dikembangkan oleh sekelompok pemilik toko programmer, desainer dan konsultan

10. Ecommr - Aplikasi ini menawarkan website penyajian dan elemen desain antarmuka situs web e-commerce dengan cara dikategorikan.

11. Spree - lain e-commerce platform menggunakan Ruby on Rails 11. Spree - lain e-commerce platform menggunakan Ruby on Rails. Spree memungkinkan perbaikan dan kustomisasi. Dengan Merchant Aktif plugin mendukung sebagian besar prosesor pembayaran.

SEKIAN & TERIMA KASIH