WARNA & SEMIOTIKA DESAIN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
METODE PENELITIAN Wanda Listiani.
Advertisements

keyakinan, kepercayaan, ketelitian, kehidupan.
DASAR-DASAR DESAIN.
Di suatu masa warna-warna dunia mulai bertengkar Semua menganggap dirinyalah yang terbaik yang paling penting yang paling bermanfaatyang paling disukai.
Floor Plan Pertemuan Matakuliah: DESAIN INTERIOR III Tahun: 2009/2010.
Week 5 Persepsi dalam desain.
KAJIAN SEMIOTIKA.
WARNA & + SEMIOTIKA DESAIN +
INTERIOR DECORATION Hiasan yang dirancang untuk ruang kantor, lobby, kamar hotel, rumah tempat tinggal, galery dsb, dengan desain warna, peralatan, dan.
NURUL ATIKAH BINTI ABDUL NAPIS
PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR SENI RUPA
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB
Pengantar Kesusastraan Umum
Semiotika Halomoan Harahap.
Analisa Surealistik, Abstraksi Bentuk & simbol
Bindo sepuluh-II (3-4) SK: Membaca: 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai 11.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa.
Nurul Hanifah R KDG-15.1.A Menu Pengertian Warna Spektrum Warna
PENGEMBANGAN MEDIA CETAK KOMPUTER
Semiotika BAHASA VISUAL Tanda Rupa:
LOGO.
E l E M E N Warna.
Komunikasi Verbal dan Non verbal
LOGO.
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA
Semantik, Sintaktik, Pragmatik
Pelangi Kehidupan Di suatu masa warna-warna dunia mulai bertengkar. Semua menganggap dirinyalah yang terbaik, yang paling penting, yang paling bermanfaat,
Sketsa Ide/Image Store Pertemuan 22-24
Desain Komunikasi Visual UDINUS
Keterampilan Menulis Pertemuan ke 1.
Pengantar Ilmu Komunikasi
Bahasa Indonesia Jurnalistik
PENGETAHUAN WARNA ROSITA CAROLINA OLEH : MATA KULIAH
Verbal - Visual.
PERSEPSI “Persepsi adalah proses internal yang memungkinkan kita memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan kita, dan proses.
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Dosen: ADE SURYANI, M.Soc.Sc
Pengertian Bahasa: Gorys Kerap: bahasa merupakan alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia Simbol.
Pengertian Bahasa: Gorys Kerap: bahasa merupakan alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia Simbol.
Indeks, ikon, dan simbol Sintaktik, Semantik, Pragmatik
DRS. H.HEDI SUHARTONO.,M.Si DOSEN FEKON UNIKARTA
SENI RUPA (VISUAL ART) Skema Warna.
Olivia Tjandra Waluya M. Si., Psi Fakultas Desain dan Industri Kreatif
+ SEMIOTIKA DESAIN + + SEMIOTIKA DESAIN +.
Pokok Bahasan 5a PENGAMATAN
Konsep Pewarnaan Website
Charles S. Pierce dan Tipologi Tanda
KAJIAN SEMIOTIKA.
DESAIN PORTOFOLIO Universitas Esa Unggul Pertemuan Ke-7
Kelompok 5 Semiotik Fadlun, Maman, Rika,Yustika. Pengertian,ruanglingkup,tanda-tanda lalu lintas dalam semiotika.
Faktor – Faktor Pesan dalam Komunikasi Persuasif
SEMIOTIKA.
PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
Elemen-Elemen Desain.
DESAIN PORTOFOLIO Universitas Esa Unggul Pertemuan Ke-6
SIFAT UMUM AKTIVITAS MANUSIA
MATERI TENTANG KLASIFIKSI WARNA PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
PENGEMBANGAN MEDIA CETAK Materi 7 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
Arti Warna dalam Desain Grafis
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PENGEMBANGAN MEDIA CETAK Materi 7 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
NAMA : JUANDI HADIWIJAYA NIM :
SEMIOTIK: MANUSIA DAN PROSES TANDA Dr. Moh. Badrih, S.Pd., M.Pd.
WARNA & + SEMIOTIKA DESAIN +
Daniar Wikan Setyanto, M.Sn
Semantik, Sintaktik, Pragmatik
DESAIN AND INTERIOR Desain interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan.
PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR SENI RUPA
Mengenal Warna. Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara subyektif/psikologis merupakan bagian.
Transcript presentasi:

WARNA & SEMIOTIKA DESAIN Materi 6 Disain Multimedia Dasar

WARNA Kemarahan Keberanian Ganas Perang Segar Sehat Cinta Energik Agresif Bahaya Terlarang Kesalahan Darah Setan Nafsu Gairah Wangi Kesuburan Pertumbuhan Pengharapan Kebangkitan Kesegaran

Setia Tenang Pasif Dingin Penyendiri Kepercayaan Iman Hakekat Cerdas Keteduhan Kebesaran Keagungan Aristokrat Angkuh Mistis Intuisi Indra keenam

Kebohongan Takut Iri/cemburu Rasa sakit -Keramahan -Supel -Riang -Hidup -Kehangatan Glorious Super Power Kejayaan Kemakmuran

Bahaya Merdeka Berkah Anugrah Panas Gairah Bijaksana Rendah hati Sopan Maskulin

Menakutkan Mengerikan Kematian Sihir Formal Keras hati Canggih Bersih Suci Damai PUTIH DIKOMBINASIKAN HITAM = BIJAK

WARNA dapat disimpulkan sebagai berikut : Warna adalah getaran/gelombang tertentu dari sesuatu yang diterima oleh retina Warna adalah getaran yang dipancarkan suatu benda, ada sinar yang mengenai benda; langsung diterima oleh mata kita WARNA SUBTRAKTIF DAN ADITIF Objek (Colored-Object), warna sebagai objek atau bahan/pigmen disebut warna subtraktif, yaitu: merah (magenta), biru (cobalt), kuning (yellow)

Cahaya (Colored-Light), misalnya : warna pelangi Cahaya (Colored-Light), misalnya : warna pelangi. Warna sebagai cahaya atau spektrum disebut warna aditif, yaitu : merah, hijau, biru.

PENCAMPURAN WARNA PENCAMPURAN WARNA M MU MJ U J CM MB KJ CB CK B K HB HJ H

Warna PRIMER Adalah warna pokok, yaitu warna yang tidak bisa dibuat dari warna lain tetapi dalam campurannya bisa dibuat warna lain. Warna Primer : Merah, Biru, Kuning Warna SEKUNDER Adalah warna yang didapat dari pencampuran dua warna primer. Contohnya : oranye, violet, hijau

Warna TERSIER Adalah warna pencampuran dua warna sekunder, terdiri dari: coklat merah, coklat kuning, coklat biru Warna INTERMIDIATE Adalah warna antara warna pokok dan warna sekunder, terdiri dari : Merah Violet, Biru Violet, Biru Hijau, Kuning Hijau, Kuning Oranye, Merah Oranye

Warna STANDART Adalah 3 warna primer, dan 2 warna sekunder atau warna pelangi (merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu) Warna ANALOGUS Adalah warna yang saling berdekatan atau harmonis. Misalnya: biru dengan biru violet

BAGAIMANA MENGARTIKAN SEBUAH GAMBAR??? Ada dua pendekatan Denotatif Secara denotative menunjuk pada data atau informasi yang tersurat pada gambar tersebut. Dalam hal ini gambar dibaca layaknya sebuah catatan atau keterangan yang menceritakan objek secara menyeluruh.

Konotatif Secara konotatif menunjuk pada hal-hal yang tersirat yang muncul pada pikiran pengamat sesaat sesudah melihat sebuah gambar. Sering terjadi perbedaan konotasi dalam menangkap arti sebuah gambar. Hal ini dipengaruhi oleh perbedaan persepsi masing-masing pengamat yang mempengaruhi kemampuan berfikir visualnya. INFORMASI PENERIMAAN PENGALAMAN DAN PENGETAHUAN PEMROSESAN INFORMASI TANGGAPAN INDERA INGATAN PEMIKIRAN PEMBELAJARAN PERSEPSI VISUAL

PERSEPSI Proses dengan mana seorang individu memilih, merumuskan, dan menafsirkan masukan (inputs) informasi untuk menciptakan suatu gambaran yang berarti mengenai dunia (Kotler, 1990:266) Pengalaman tentang objek peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan (Rakhmat, 1994:51) Intepretasi bermaknanya atas sensasi sebagai representatif objek eksternal (Cohen) Proses menafsirkan informasi indrawi (Verderber)

SEMIOTIKA SEMIOTIKA “Semiotics is essentially a theoretical approach to communication in that its aim is to establish widely applicable principles…” John Fiske, 1982 Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda. Semiotika berasal dari kata Yunani: semeion, yang berarti tanda. Tanda-tanda tersebut menyampaikan suatu informasi sehingga bersifat komunikatif. Ia mampu menggantikan sesuatu yang lain yang dapat dipikirkan atau dibayangkan. Cabang ilmu ini semula berkembang dalam bidang bahasa, kemudian berkembang pula dalam bidang seni rupa dan desain komunikasi visual.

Sementara itu, Charles Sanders Pierce, menandaskan bahwa kita hanya dapat berpikir dengan medium tanda. Manusia hanya dapat berkomunikasi lewat sarana tanda. Tanda dalam kehidupan manusia bisa tanda gerak atau isyarat. Lambaian tangan yang bisa diartikan memanggil atau anggukan kepala dapat diterjemahkan setuju. Tanda bunyi, seperti tiupan peluit, terompet, genderang, suara manusia, dering telpon. Tanda tulisan, di antaranya huruf dan angka. Bisa juga tanda gambar berbentuk rambu lalulintas, dan masih banyak ragamnya (Noth, 1995:44). Menurut Pierce, seorang filsuf Jerman, ditinjau dari relasinya, maka tanda dibedakan atas 3 jenis: 1. ICON 2. INDEKS 3. SIMBOL

ICON + ICON + Ikon adalah tanda yang mirip dengan objek yang diwakilinya. Contoh: Peta dan Wilayah Geografisnya, foto dengan obyeknya (foto peristiwa,foto wajah,dsb), lukisan dengan gagasannya (lukisan alam) Ikon menggambarkan obyek2 yang tidak dapat dihadirkan IKON Merupakan tanda yang bisa menggambarkan ciri utama sesuatu meskipun objek tersebut tidak hadir. Ikon merupakan representasi dari suatu benda fisik yang mempunyai sifat menyerupai. Foto SBY adalah ikon SBY, Gambar Amien Rais adalah ikon Amien Rais.

Ikon dapat pula dikatakan, tanda yang memiliki ciri-ciri sama dengan apa yang dimaksudkan. Misalnya, foto Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah ikon dari Pak Sultan. Peta Yogyakarta adalah ikon dari wilayah Yogyakarta yang digambarkan dalam peta tersebut. Cap jempol Pak Sultan adalah ikon dari ibu jari Pak Sultan.

ICON

Indeks Suatu tanda yang sifatnya tergantung dari adanya suatu denotasi, atau mempunyai kaitan kausal dengan apa yang diwakilinya. Indeks merupakan tanda yang memiliki hubungan sebab akibat dengan apa yang diwakilinya. INDEKS Tanda yang hadir secara asosiatif akibat terdapatnya hubungan ciri acuan yang sifatnya tetap. Contoh: Kata ‘rokok’ memiliki indeks ‘asap’. Ada asap pasti ada api, kata 'Api' memiliki indeks 'asap' 'Orang yang lewat' memiliki indeks 'Jejak Kaki' Tanda tangan (signature) adalah indeks dari keberadaan seseorang yang menorehkan tanda tangan itu.

INDEKS

SIMBOL + Simbol + Secara etimologis, simbol berasal dari kata Yunani “sym-ballein” yang berarti melemparkan bersama suatu (benda, perbuatan) dikaitkan dengan suatu ide (Hartoko & Rahmanto, 1998:133). Ada pula yang menyebutkan “symbolos” yang berarti tanda atau ciri yang memberitahukan sesuatu hal kepada seseorang (Herusatoto, 2000:10). Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia: “simbol atau lambang adalah semacam tanda, lukisan, perkataan, lencana dan sebagainya yang menyatakan sesuatu hal atau mengandung maksud tertentu”. Misalnya warna putih melambangkan kesucian, lambang padi lambang kemakmuran, dan kopiah merupakan salah satu tanda pengenal bagi warga negara RI.

Suatu Tanda yang ditentukan oleh suatu aturan yang berlaku umum, kesepakatan bersama atau konvensi Contoh: Gerakan tubuh atau anggukan kepala sebagai tanda setuju. BENDERA MERAH PUTIH - Simbol dari negara Republik Indonesia - Makna “berani dan suci” Biasanya simbol terjadi berdasarkan metonimi (metonimy), yaitu nama untuk benda lain yang berasosiasi atau yang menjadi atributnya. Misalnya: si kaca mata untuk seseorang yang berkacamata. Si jangkung untuk orang yang tinggi kurus

Simbol juga terjadi karena metafora (metaphor), yaitu pemakaian kata atau ungkapan lain untuk objek atau konsep lain berdasarkan kias atau persamaan. Misalnya: kaki gunung, kaki meja disebut berdasarkan kias pada kaki manusia. Batu pun bisa berteriak berdasarkan kias teriak manusia. Simbol dapat dibedakan berdasarkan: 1. Simbol-simbol universal, berkaitan dengan simbol-simbol umum, misalnya tidur sebagai lambang kematian. 2. Simbol kultural, yang dilatarbelakangi oleh suatu kebudayaan tertentu, misalnya keris dalam kebudayaan Jawa. 3. Simbol individual yang biasanya dapat ditafsirkan dalam konteks keseluruhan karya seorang pengarang.

Menurut Arthur Asa Berger, simbol diklasifikasikan berdasarkan: - Konvensional - Aksidental - Universal. Simbol konvensional adalah kata-kata yang berdiri atau ada untuk menggantikan sesuatu. Simbol aksidental sifatnya lebih personal, sebagai contoh orang yang baru jatuh cinta di Surabaya, maka bagi dia surabaya adalah simbol cinta.

Simbol universal adalah sesuatu yang berakar dari pengalaman semua orang dan orang memahami sebuah simbol karena mempunyai pengalaman yang sama.

SIMBOL Sushi = Jepang Wayang = Jawa Tulip = Belanda

Bendera Amerika = Amerika Lingkaran + tanda plus = wanita Salib = Kristen/Mati

END...