Manajemen Proyek Web.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
Advertisements

SIKLUS HIDUP SISTEM Pertemuan Ke-7.
SIKLUS HIDUP PROYEK Manajemen Proyek_Gasal 2012/2013.
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
REKAYASA SISTEM.
REKAYASA SISTEM SESI : 2 BY ARISM,SKOM,MMSI. MANPRO-M2 : REKAYASA SI.
Aktivitas Pengembangan Dan Pemeliharaan Sistem
4. Model Proses Analisis Bisnis
Sumber: A.B. Mutiara.
Pengenalan Manajemen Proyek
MANAJEMEN EKSEKUSI, PENGENDALIAN & PENUTUPAN PROYEK
4. Model Proses Analisis Bisnis
Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak
BAB III KELOMPOK PROSES MANAJEMEN PROYEK
Konteks Metode Analisis dan Desain Sistem
Menentukan Nilai Bisnis dari Sistem dan Mengelola Perubahan
1. Pengantar Analisis Bisnis
4. Model Proses Analisis Bisnis
PERUSAHAAN DAN MANAJEMEN GLOBAL TEKNOLOGI INFORMASI
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
Pusat Pusat Tanggung Tanggung Jawab Pendapatan dan Beban Jawab Pendapatan dan Beban KELOMPOK 6: TAUFIANI ISTI IDAYANTI( ) NABILAH MAULIDIYAH( )
SISTEM INFORMASI A. Ridwan Siregar.
Bab 7 Manajemen dan Strategi Pemasaran
Information Systems, Organizations, and Strategy
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK
STRUKTUR, PROSES & MEKANISME TK TI
Proses bisnis dan sistem informasi manajemen
Rekayasa Perangkat Lunak Metode desain
Materi Bab 5 Sistem Informasi
PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PROYEK
Pengantar Analisis Bisnis & Kompetensi Analis Bisnis
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
Oleh : Dewi Sartika, S.Kom
PO2 define the information architecture Plan and organise
THE VISIONING PHASE Pertemuan ke M. Chodzirin
Desain Sistem Akuntansi
ORGANISASI LAYANAN INFORMASI
BAB II E-BUSINESS GLOBAL: BAGAIMANA BISNIS MENGGUNAKAN SI
NAMA. : Deny Ismanto, S. E. MATA KULIAH. : Metodologi Penelitian,
Persyaratan Rekayasa Proses
Pertemuan 7 ORGANISASI LAYANAN INFORMASI
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
Pengembangan Sistem Informasi
Prinsip-prinsip Pemasaran
Manajer Kewirausahaan : Kompetensi Kewirausahaan Chapter 22
Pembangunan Kasus Bisnis & Penentuan Alternatif
Pelaksanaan Solusi Bisnis & Pengelolaan Perubahan
Bagian 1 Definisi Pemasaran dan Proses Pemasaran
Pengelolaan Sistem Informasi
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
Peningkatan kualitas Pengambilan Keputusan
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
SIA (Sistem Informasi Akuntansi)
REKAYASA SISTEM SESI : 2 BY ARISM,SKOM,MMSI. MANPRO-M2 : REKAYASA SI.
BAB II E-BUSINESS GLOBAL: BAGAIMANA BISNIS MENGGUNAKAN SI
PENGEMBANGAN SISTEM.
Peningkatan kualitas Pengambilan Keputusan
BAB 1, MANAJEMEN, KONTROLER DAN AKUNTANSI BIAYA
Information Systems, Organizations, and Strategy
Peningkatan kualitas Pengambilan Keputusan
Sumber: A.B. Mutiara.
Kerangka Kerja IT Balanced Scorecard
Pengembangan Sistem Informasi
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PROYEK
SI702 Tata Kelola Sistem Informasi Pertemuan #11
Peranan Strategis Manajemen Sumber Daya Manusia Fenadya Permata Ardhanti Nurul Aulia.
Bagian 1 Definisi Pemasaran dan Proses Pemasaran
Pengembangan Sistem Informasi Erliyan Redy Susanto.
Transcript presentasi:

Manajemen Proyek Web

Manajemen Proyek Web Menurut Westland (2006) Manajemen Proyek adalah suatu keahlian peralatan, dan proses manajemen yang diperlukan untuk kesuksesan suatu proyek. keahlian peralatan proses

Apa arti sebuah proyek? Menurut Westland (2006), proyek adalah sebuah usaha yang menghasilkan seperangkat pengiriman dalam waktu tertentu,biaya,dan kualitas tertentu. Ciri-ciri suatu proyek: Unik secara alami Mempunyai batasan waktu Mempunyai anggaran yang telah di setujui Mempunyai sumber yang terbatas Meliputi elemen resiko Mendapatkan perubahan keuntungan

Permulaan Proyek Gambar. Kegiatan-Kegiatan Permulaan proyek Mengembangkan Kasus bisnin Membentuk studi kelayakan Menetapkan Istilah Referensi Menugaskan Tim Proyek Mendirikan Kantor Proyek Melakukan Tahap Peninjauan Ulang Gambar. Kegiatan-Kegiatan Permulaan proyek

Perencanaan Proyek Pada tahap perencanaan proyek,biaya-biaya dari proyek dan keuntungan telah didokumntasikan,tujuan dan dominan telah di jelaskan,tim proyek telah di tunjuk,dan kantor proyek telah dibentuk. Kegiatan-Kegiatan Perencanaan Proyek: Menciptakan Rencana Proyek Menciptakan Rencana Sumber Daya Menciptakan Rencana Finansial Merencanakan Rencana Kualitas Menciptakan Rencana Resiko Menciptakan Rencana Penerimaan Komunikasi Pengadaan Mengontrak Pemasok Melaksanakan Tinjauan Tahapan

Pelaksanaan Proyek Tahap pelaksanaan biasanya merupakan tahap terlama proyek dari segi durasi. Pada tahap ini,hasil kerja dibangun secara fisik dan di presentasikan kepada pelanggan untuk penerimaan.

Penutupan proyek Merupakan Tahap terakhir dalam siklus hidup proyek dan harus dilaksanakan secara formal sehingga keuntungan bisnis yang di berikan proyek di realisasikan pelanggan sepenuhnya. Melaksanakan Penutupan Proyek Meninjau penyelesaian Proyek

Melaksanakan Penutupan Proyek Laporan penutupan proyek di dokumentasikan dan di ajukan kepada pelanggan atau sponsor proyek untuk di setujui, dan manajer proyek bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan yang di identifikasi dalam laporan penutupan proyek.

Meninjau Penyelesain Proyek Untuk menentukan pencapaian kinerja, penilaian pada tingkat pemenuhan proses manajemen yang di tetapkan dalam rencana kualitas harus di lakukan.

Dari Manajemen Proyek Perangkat Lunak ke Manajemen Proyek Web Tujuan Manajemen Proyek perangkat lunak Manajemen ini merupakan pertukaran pengembangan perangkat lunak ke dalam suatu perulangan, proses yang di kendalikan,mengijinkan suatu adaptasi berlanjut dan dengan baik di pahami untuk tujuan.

Tugas-Tugas manajemen proyek perangkat lunak Mengembangkan suatu organisasi perusahaan untuk implementasi tujuan dan rencana. Memimpin dan memotivasi staf. Mengendalikan proses perusahaan. Mengambil keputusan.

Area konflik di dalam proyek Dari sudut pandang ekonomi, suatu proyek seiring dilihat sebagai sistem yang mempunyai kesimbangan yang baik antara anggaran yang tersedia, waktu yang pasti, dan kualitas produk yang diproyeksikan. Biaya Waktu Kualitas Proyek

Pokok-pokok Manajemen Proyek Web Memerlukan siklus pengembangan yang lebih pendek dan mengarah kepada situasi dengan perangkat lunak yang terus meningkat, kurang dikembangkan dalam cara tradisional yang berdasarkan pada kebutuhan yang ditetapkan sejak awal. Parameter Manajemen proyek peerangkat lunak tradisional Manajeman proyek web Tujuan Utama Menciptakan suatu produk kualitas dengan biaya terendah Menciptakan produk yang bisa dipakai dalam waktu terpendek Ukuran Proyek Menengah sampai besar(10 sampai100) orang dan lebih Biasanya kecil (6+/-3 orang) Durasi 12 sampai 18 bulan di atas rata-rata 3 sampai 6 di atas rata-rata

Manajemen proyek peerangkat lunak tradisional Parameter Manajemen proyek peerangkat lunak tradisional Manajeman proyek web Biaya Jutaan dolar Ribuan dolar Pendekatan pengembangan Berdasarkan pada kebutuhan,terstruktur ke dalam fase,untuk peningkatan (incremental),dan dituntun dokumentasi Metode agile, pemasangan komponen, dan pemrototipean Teknologi Metode OO dan CASE tool Metode berbasis komponen,pemrograman visual,dan multimedia Proses CMM,ISO,dan lain-lain(“rigid”) Ad-hoc(”agile”) Produk Berbasis kode,kurangnya pemakaian kembali, dan aplikasi yang kompleks Pemakaian kembali yang tinggi,komponen standar,dan banyak aplikasi standar Profil staff Pengembangan perangkat lunak profesional dengan pengalaman hanya beberapa tahun Desainer multimedia,pemrograman web(java,dan lain-lain),pemasaran,dan humas

Tantangan umum di dalam pengembangan perangkat lunak 1.Tantangan kepemimpinan Sistem perangkat lunak itu unik Perspektif kepemimpinan yang sangat teknis Perencanaan yang kurang 2.Tantangan pengembangan Individualitas para pemrogram Banyaknya jumlah solusi alternatif yang muncul Perubahan teknologi yang sangat cepat 3.Tantangan pengawasan Status produk perangkat lunak yang tidak penting. Hal yang tidak mudah dimengerti dari produk perangkat lunak membuatnya sulit untuk dikendalikan.

Tim inti pada manajemen proyek web 1.produser Inti dari setiap web adalah Produser atau manajer proyek yang bertanggung jawab untuk penetapan arah proyek. 2.Pemimpin teknisi Pemimpin teknisi menyediakan kepemimpinan teknologi untuk situs yang dimulai dengan pertanyaan lingkup. 3.Pemimpin desain Bertanggung jawab untuk penyajian visual situs. 4.Pemimpin produksi Manajer produksi web mengatur penciptaan situs fisik. 5.Sepesialis domain Peran-peran inti lainya dapat ditambah dan menghasilkan keahlian sepesialis.

Tim web inti produser Pimpinan teknis Pimpinan produksi pimpinan ini dapat melapokan ke pemimpin an teknis dibandingkan ke pemimpin desain Pimpinan desain Spesialis domain peran ini adalah opsional,dimana seorang pakar untuk industri khusus situs

Struktur Tim Web Perusahaan web yang keseluruhan pengorganisasianya di fokuskan untuk memproduksi situs web. Bisnis kecil dan konsultan web, bisnis kecil yang berfokus pada toko dan layananya (bukan pada situs web) ini menyewa konsultan untuk membangun situsnya. Korporasi dan agensi web perusahaan besar tersebut menyewa suatu agensi web yang dibentuk menetapkan strategi internet mereka dan membangun atau merancang ulang situs web mereka.

Perusahaan Web Perusahaan web adalah perusahaan yang keseluruhan pengorganisasianya difokuskan untuk memproduksi situs web. Pemimpin eksekutif Laporan ke wakil pimpinan Pengembangan produk Laporan ke wakil pimpinan rekayasa Laporan ke direktur kreatif Laporan ke direktur produksi Laporan ke wakil pimpinan Yang sesuai Pemimpin teknis Pemimpin kreatif Pemimpin proyek Spesialis lainnya Pemimpin produksi

Korporasi dan web agensi Memberikan tantangan pada pembangunan konsensus antara dua tim yang masing-masing melapor kembali ke organisasi yang besar. Tantangan untuk agensi adalah pemerolehan dukungan dewan di dalam korporasi, walaupun mereka melaporkan ke departemen tunggal (biasanya bagian pemasaran).

Korporasi dan agensi Pemimpin teknis Senior Supervisior (partner,vip,etc) Menawarkan panduan tim yang diperlukan Pemimpin kreatif Pemimpin strategi Pemimpin produksi Pemimpin proyek Pemimpin proyek Wakil pemimpin pemasaran (atau pembuat keputusan) Menentukan tujuan dan parameter TIM TASK FORCE Bekerja dengan pimpinan proyek untuk memastikan departemen yang disajikan adalah relevan. Marketing dan IT harus selalu dilibatkan Pemimpin eksekutif