Teknologi Dan Rekayasa

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGENAL TAMPILAN MICROSOFT OFFICE WORD 2003.
Advertisements

MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Teknologi Informasi & Komunikasi
Kelas XII Semester I SMA Negeri 2 Bandung Oleh : Fatdiyanto Ashari Sucipto.
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Menggambar dengan Macromedia Flash
PRAKTIKUM PENGENALAN APLIKASI KOMPUTER
B. Menjalankan dan Menutup Program Word 2007
Penuntun Kelas VIII Semester 2
MICROSOFT WORD 2007 BY NUR HIDAYA BUKHARI
Belajar Adobe Photoshop CS
CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program
Selamat Datang di Tutorial Corel DRAW ® 12 Indah Afif Khairunnisa XII IA-5 SMA Negeri 1 Depok 2010/2011.
Aplikasi PHOTOSHOP CS series pemula dasar
Pengantar Aplikasi Grafis – Photoshop CS5
Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya.
TUGAS GAMBAR RASTER AREA KERJA PHOTOSHOP
PRESENTASI GAMBAR RASTER TENTANG PAINTING DAN DRAWING
BISMILLAH ASSALAMUALIKUM.
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
Image Editing Pertemuan Matakuliah: L0182 / Web & Animation Design Tahun: 2008.
Kelas XII / 1. Kelas XII / 1 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik KOMPETENSI STANDAR Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam.
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
Adobe Photoshop CS3 Toolbox
PENGENALAN MICROSOFT POWER POINT 2007
MENGAPLIKASIKAN MENU DAN IKON PADA PROGRAM PHOTOSHOP
Copy selection file adalah Menyalin hasil seleksi yang telah dibuat sehingga bagian yang terseleksi tidak hilang Copy selection file dapat dilakukan.
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
DINA BUDIARTI (11) SRI NOPITASARI (39) XII IPA 1.
Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
ADOBE PHOTOSHOP MENGENAL PHOTOSHOP Dirangkum dari beberapa sumber
MENGENAL MICROSOFT EXCEL
Pertemuan Mengenal MS Word 2010 Teks Area Tab File Tombol Word Quick Access Toobar Title Bar Ribbon Min,Max,Close.
MENGENAL BROWSER MOZILLA FIREFOX.
Pengenalan Corel Draw Interface Corel Draw.
PROGRAM DESAIN GRAFIS CORELDRAW
4 th meeting Work out with Rules, Text Area, Scroll bars, Status bar, and understanding Document Views in MW 2007.
Selamat Mengikuti Pelatihan Multimedia.
DESAIN GRAFIS MENU DAN ICON COREL DRAW.
Membuat Asesori Web.
Materi 5 Disain Multimedia Dasar
MICROSOFT EXCEL 2003 UNTUK KELAS VIII SEMESTER GENAP ( KD 1 )
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Menggunakan Menu dan Ikon untuk Membuat Desain Sederhana.
MEMBUAT POSTER DENGAN COREL DRAW
Design Grafis Iwan Sonjaya, ST.MMT.MT
Toolbox Pada CorelDRAW Part 1
BAB 5 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Microsoft Word 2007.
OLEH : ARIESKO GUNANDA RANGKUTI
Fungsi Menu dan Ikon pada Perangkat Lunak Pengolah Grafis
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Teknik Kombinasi.
2nd Meeting Pengantar Photoshop.
Kelas XII / 1 Menu dan icon Desain Grafis 25 February 2012.
Nama : RATNA KUSUMANING P NIM : A
Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
OLEH : FERIZKI TRI DARMA
Pertemuan 1 KOMPUTER APLIKASI.
Cara Menggambar Wajah Corel Draw memiliki banyak fungsi yang berkaitan dengan desain grafis. Berikut ini kita akan menggambar objek pada sebuah foto dengan.
Created by Nofril Zendriadi
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 1 Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop Web Design Team Dosen.
Program CorelDraw merupakan salah satu program aplikasi komputer yang banyak digunakan sebagai program pengolahan desain grafis. Misalnya untuk pembuatan.
APLIKASI GRAFIS Pengantar Aplikasi Grafis – Photoshop CS.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
MATERI MATAKULIAH PAKET PROGRAM NIAGA (PPN) Oleh : Buyung Solihin Hasugian, S.Kom, M.Kom.
MEMPERSEMBAHKAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) STMIK WIDURI.
Transcript presentasi:

Teknologi Dan Rekayasa Persiapan Grafika MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE SMK NEGERI 1 LUMAJANG Oleh: Elly Indarti, S.Pd 

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Standar Kompetensi Materi Pokok Daftar Pustaka home exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Menu Utama STANDAR KOMPETENSI Membuat layout untuk siap ke film atau ke pelat KOMPETENSI DASAR Membuat layout untuk proses ke film atau pelat Membuat layout yang kompleks TUJUAN PEMBELAJARAN Siswa mampu membuat layout untuk proses ke film atau pelat Siswa mampu membuat layout yang kompleks Standar Kompetensi Materi Daftar Pustaka    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Gambar/objek Program Adobe Photoshop Editing foto Program CorelDraw Ukuran gambar Pencahayaan Faktor resolusi Pewarnaan Format file yang dipakai    Program Adobe Photoshop exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Mengenal Layar Program Adobe Photoshop Program Adobe Photoshop Program CorelDraw    toolbox menu Area kerja Kotak dialog exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Mengenal Toolbox Program Adobe Photoshop SELECTION TOOL Program CorelDraw DRAWING TOOL SELECTION TOOL PATH & TYPE TOOL CANVAS TOOL WINDOWS TOOL    JUMP TO IMAGE READY exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Fungsi masing-masing tool Program Adobe Photoshop Marquee tool untuk menyeleksi image foto dalambentuk-bentuk yang sudah disediakan Program CorelDraw Lasso tool untuk menyeleksi image foto dalam bentuk bebas. Crop tool untuk memotong image foto Move tool untuk memindahkan image foto yang telah diseleksi.    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Fungsi masing-masing tool Program Adobe Photoshop Magic wand tool untuk menyeleksi image foto menurut area warna tertentu. Slice tool untuk membagi-bagi image foto Program CorelDraw Healing brush tool untuk menghilangkan kesalahan atau cacat pada foto Clone stamp tool untuk menjiplak image foto dari titik tertentu Eraser tool untuk menghapus image    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Fungsi masing-masing tool Program Adobe Photoshop Blur tool untuk membubuhkan blur pada image Brush ool untuk melukis seperti menggunakan kuas Program CorelDraw History brush tool untuk mengembalikan posisi awal sebelum dilakukan perubahan image, yaitu sebelum diberi efek. Gradient tool untuk memberi efek dasar berupa gradient warna. Dodge tool untuk memberi efek lebih terang pada image foto    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Fungsi masing-masing tool Program Adobe Photoshop Path Component Selection tool untuk menyeleksi gafris path. Pen tool untuk membuat garis dengan bantuan titik Program CorelDraw Type tool untuk membentuk susunan teks.. Rectangle tool untuk membuat gambar bangun dasar. Note tool untuk memberi keterangan gambar.    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Fungsi masing-masing tool Program Adobe Photoshop Hand tool Untuk menggeser posisi image/menggulung layer.. Program CorelDraw Eyedroper untuk mengambil contoh warna. Zoom tool untuk memperbesar dan memperkecil tampilan layar Foreground and background tool adalah contoh warna untuk mengisi image foto atau hasil seleksi.    Edit in Standart made untuk mengedit image dalam bentuk standard. exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Fungsi masing-masing tool Program Adobe Photoshop Edit in Quick Mask untuk mengedit image dalam bentuk Quick Mask. Standar Screen mode Untuk menampilkan layar kerja dalam bentuk standard Program CorelDraw Full Screen Mode with Menu Bar untuk menampilkan layar kerja dalam bentuk satu layar penuh dengan Menu Bar. Full Screen Mode untuk menampilkan layar kerja dalam bentuk satu layer penuh tanpa Menu Bar Jump to Image Ready untuk pindah ke program Adobe Image Ready    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menu-menu pada Adobe Photoshop Program Adobe Photoshop Program CorelDraw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Sub menu pada Adobe Photoshop Edit Program Adobe Photoshop File Program CorelDraw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Sub menu pada Adobe Photoshop Program Adobe Photoshop Image Layer Program CorelDraw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Sub menu pada Adobe Photoshop Program Adobe Photoshop Select Filter Program CorelDraw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Sub menu pada Adobe Photoshop View Window Program Adobe Photoshop Program CorelDraw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Sub menu pada Adobe Photoshop Program Adobe Photoshop Help Program CorelDraw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Membuka program Photoshop Program Adobe Photoshop Klik start Pilih Program photoshop Program CorelDraw Tampilan layar photoshop    Membuka program photoshop exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Membuat canvas baru 1. Pilih New pada menu File Program Adobe Photoshop Program CorelDraw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Membuat canvas baru 1. Pilih New pada menu File Program Adobe Photoshop Program CorelDraw 2. Isi kotak dialog sesuai perencanaan    3. Klik OK bila isian telah dianggap benar exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Membuat Efek Background Program Adobe Photoshop Program CorelDraw Pilihan efek paint bucket tool Pilihan efek Gradient Tool    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Membuat Efek Background Memilih tool Gradient tool 2. Memilih efek gradient Program Adobe Photoshop Program CorelDraw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Membuat Efek Background 3. Menempatkan pada areal 4. Hasil Program Adobe Photoshop Program CorelDraw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menempatkan Image(foto) Program Adobe Photoshop 1. Pilih Open pada menu File 1. Pilih Open pada menu File 2. Pilih file yang akan ditampilkan pada kotak dialog open Program CorelDraw    3. Klik OK bila pilihan telah benar exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Mengatur Pencahayaan 1. Buka/tampilkan file image yang akan diperbaiki Program Adobe Photoshop 2. Pilih Menu Image – Sub menu Adjustments – Sub sub menu Brightness/Contrast. Program CorelDraw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Mengatur Pencahayaan 3. Maka pada layar muncul kotak dialog Brightness/Contrast. Program Adobe Photoshop Program Corel Draw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Mengatur Pencahayaan 4. Atur kedua pilihan tersebut dengan menaikkan atau menurunkan parameternya. Program Adobe Photoshop Program Corel Draw Sebelum perubahan Setelah perubahan dengan menaikkan Brightnes dan Contrast    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Pemotongan Image (CROOPING) 1. Buka file image yang akan dicroop. Program Adobe Photoshop Program Corel Draw 2. Tetapkan tool fungsi croop    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Pemotongan Image (CROOPING) 3. Tetapkan areal image yang akan dicroop. Program Adobe Photoshop Program Corel Draw 4. Klik tombol kanan mouse dan pilih croop    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Pemotongan Image (CROOPING) 5. Hasil image setelah crooping Program Adobe Photoshop Program Corel Draw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menetapkan Mode Warna 1. Klik pilihan sub menu Mode pada menu Image Program Adobe Photoshop 2. Klik salah satu menu warna pada kotak dialog Program Corel Draw    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Pembesaran/Pengecilan Image 1. Klik sub menu Image Size pada menu Image Program Adobe Photoshop Program CorelDraw    Kotak dialog Image Size exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menyimpan Image Terdapat DUA cara: Program Adobe Photoshop 1. Save 2. Save As Program CorelDraw Jika file tidak ingin dirubah file ekstensionnya Jika file ingin dirubah file ekstensionnya    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menyimpan Image Program Adobe Photoshop Program Corel Draw Pilihan format file    Kotak Dialog Save As exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Membuka Program corel DRAW Klik START Program Corel DRAW Program Adobe Photoshop Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Membuat file corel DRAW Program Adobe Photoshop Klik menu File Pilih New Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi TOOLBOX pada corel DRAW Program Adobe Photoshop picktool Shape edit tool Zoom tool Polyline tool Program Corel DRAW Rectangle tool Ellipse tool Objek tool Flowchart Shapes tool Text tool Interractive Effects tool Eyedropper tool Outline tool Fill tool    Interractive Fill tool exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menu Utama corel DRAW Program Adobe Photoshop Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menu Utama corel DRAW Program Adobe Photoshop File Edit View Layout Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menu Utama corel DRAW Program Adobe Photoshop Arrange Effect Bitmaps Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menu Utama corel DRAW Program Adobe Photoshop Text Tools Window Help Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Format Kertas pada corel DRAW Klik menu Layout Klik Page Setup Options Program Adobe Photoshop Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menyusun Teks Program Adobe Photoshop Klik Fungsi Drag pada areal susunan Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menetapkan Bentuk Susunan Teks Program Adobe Photoshop 1. Blank/Aktifkan teks 2. Klik Horizontal Aligment 3. Pilih susunan Teks Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Pilihan Format Text pada Menu Text Program Adobe Photoshop Menu Text Format Text Character Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Pilihan Format Text pada Menu Text Program Adobe Photoshop Menu Text Format Text Paragraph Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Pilihan Format Text pada Menu Text Program Adobe Photoshop Menu Text Format Text Tabs Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Pilihan Format Text pada Menu Text Program Adobe Photoshop Menu Text Format Text Colums Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Pilihan Format Text pada Menu Text Program Adobe Photoshop Menu Text Format Text Effects Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Merubah Warna Text dan Efek Text Program Adobe Photoshop 1. Pengetikan teks 2. Aktifkan teks Program Corel DRAW 3. Pilih pada toolbox    4. Tampilkan objek Properties exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Merubah Warna Text dan Efek Text Program Adobe Photoshop 5. Pilih salah satu warna Program Corel DRAW 6. Pilih efek khusus pada pilihan efek    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Merubah Warna Text dan Efek Text Program Adobe Photoshop 7. Hasil pemberian efek khusus Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Memberi Efek pada Background Program Adobe Photoshop 1. Buat kotak dengan fungsi tool 2. Pilih tool Program Corel DRAW 3. Pilih efek warna atau efek corak khusus    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menempatkan File Image dari Program Lain Program Adobe Photoshop 1. Pilih sub menu Import pada menu File 2. Pilih file yang akan ditempatkan Program Corel DRAW 3. Pilih Import pada kotak dialog    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Menempatkan File Image dari Program Lain Program Adobe Photoshop 4. Klik pada areal susunan 5. Muncul image yang telah diimport Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Membuat Efek pada Image Hasil Import Program Adobe Photoshop 1. Tampilkan image 2. Aktifkan image dan klik tool Program Corel DRAW 3. Pilih menu Bitmaps dan pilih salah satu efek    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Membuat Efek pada Image Hasil Import Program Adobe Photoshop 6. Hasil pemberian efek Program Corel DRAW    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Merubah Mode Warna Program Adobe Photoshop Klik Menu Bitmaps Klik Menu Mode Program Corel DRAW    Pilihan pada Mode Warna exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Materi Melakukan Printout Program Adobe Photoshop Klik Menu File Pilih Menu Print Program Corel DRAW Kotak Dialog Print    exit Teknologi dan Rekayasa

MENYIAPKAN LAYOUT UNTUK SIAP KE FILM PLATE Daftar pustaka Daftar Pustaka Standar Kompetensi Nugroho, Agus. Menyiapkan Layout untuk Sia ke Film/Plate. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. Materi Pokok Daftar Pustaka    exit Teknologi dan Rekayasa