ETNISITAS RESTU RAHMAWATI, MA.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab V Manusia, Keberagaman dan Kesetaraan
Advertisements

UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA 2012
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI INDONESIA
MATERI 9 Definisi masyarakat
BAB 4 MASYARAKAT MULTIKULTURAL kelas XI
Oleh : Dr.Ari Pradhanawati,MS
Pendidikan Kewarganegaraan
Menggagas Politik Multikultural Sebagai Upaya Mengembangkan Identitas Bangsa (Suatu Studi pada Hubungan Indonesia-Malaysia) Oleh: Ike Wanusmawatie & MC.
BAB II IDENTITAS NASIONAL.
Integrasi Nasional.
LANDASAN SOSIOLOGIS PENGERTIAN LANDASAN SOSIOLOGIS :
LANDASAN SOSIOLOGIS PENDIDIKAN
TRADISI-TRADISI TEORI KOMUNIKASI
Nation-State.
PENGANTAR.
RAS DAN ETNIK.
IDENTITAS NASIONAL.
Identitas Nasional.
Pertemuan 2 NEGARA DAN BANGSA Matakuliah: O0032 – Pengantar Ilmu Politik Tahun: 2008.
Diferensiasi Sosial Artinya klasifikasi masyarakat secara mendatar/horizontal/tidak menimbulkan kelas-kelas sosial. Misalnya perbedaan agama, suku, klan,
Anang Zubaidy Universitas Islam Indonesia September 2013
Matakuliah : L0094-Ilmu Sosial Untuk Psikologi
DIFERENSIASI SOSIAL.
Teori ETNISITAS.
IDENTITY RESTU RAHMAWATI, S.IP,. MA.
Budaya Politik di Indonesia
BATASAN TEORI SOSIOLOGI PERDESAAN
Identitas Nasional.
WAWASAN BUDAYA NUSANTARA
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
GLOBALISASI Disampaikan pada Pertemuan Ke-10. Oleh :
Ruang lingkup antropologi
KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA
RAS DAN ETNISITAS PERTEMUAN 11
IDENTITAS NASIONAL.
DINAMIKA POLITIK LOKAL POLITIK IDENTITAS
IDENTITAS NASIONAL DAN INTEGRITAS BANGSA
Teori ETNISITAS.
BAB 3 MUNCULNYA NASIONALISME INDONESIA
Pengertian Penduduk, Masyarakat & Kebudayaan
GLOBALISASI Disampaikan pada Pertemuan Ke-10. Oleh :
IDENTITAS NASIONAL Eden K. Soeardi.
“ SEJARAH PAHAM KEBANGSAAN BANGSA INDONESIA”
MASYARAKAT DAN SISTEM SOSIAL
Keragaman Suku Bangsa di Indonesia
BIAS BUDAYA DAN AGAMA DALAM “KLAB”
HUBUNGAN ANTAR KELOMPOK
Masyarakat.
Pengaruh Budaya terhadap Pengasuhan Olivia Tjandra Waluya, M. Si., Psi
Masyarakat Multikultural
IDENTITAS NASIONAL MASYARAKAT MADANI
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
(Kebangsaan Indonesia)
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
MASYARAKAT MULTIKULTURAL
DIFERESIASI SOSIAL.
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
MANUSIA, KEBUDAYAAN, DAN PERADABAN
3 INDENTITAS NASIONAL Pendidikan kewarganegaraan
KELOMPOK 1 Aliong Celine clarita Florensia irene Handayani eka putri
Keadilan dan hak hak minoritas. Negara kita yaitu Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki beragam jenis ras, suku, agama, kebudayaan, dll, hal.
BUDAYA DAN PENGERTIANNYA
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR IIS DEWI LESTARI, M.Pd
Bab IV Masyarakat Hukum Adat A.Timbulnya Masyarakat Hukum Adat (MHA), istilah lain bbrp literatur sbb: -- Indegenous people, - Masyarakat adat, - masyarakat.
Oleh Paulus Wirutomo Sistem Sosial Indonesia (2015)
HUBUNGAN SOSIAL ANTAR KELOMPOK ETNIK
MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN
“PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL”
MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN
Persamaan dan Perbedaan. Dalam konseling lintas budaya, budaya atau kebudayaan (culture) meliputi tradisi, kebiasaan, nilai-nilai, norma, bahasa, keyakinan.
Transcript presentasi:

ETNISITAS RESTU RAHMAWATI, MA

NATION MENURUT ANDERSON BANGSA KOMUNITAS POLITIK BERKEDAULATAN BERSIFAT TERBATAS

ANGGOTA NATION

Pengertian nasion sebagai an imagined community adalah sesuatu yang terbayang karena para anggota bangsa terkecil sekalipun tidak bakal mengetahui dan tidak akan kenal sebagian besar anggota lainnya, tidak akan bertatap muka, bahkan tidak pernah mendengar tentang mereka

Nasion itu adalah kolektivitas politik dengan wilayah politik yang nyata juga Selama kolektivitas politik ini belum terwujud maka wilayah politiknya pun belum terwujud

ETNIK

Sinonim dari kata suku pada suku-suku yang dianggap asli Indonesia JAWA Sinonim dari kata suku pada suku-suku yang dianggap asli Indonesia SUNDA BATAK BUGIS SASAK MINANG DANI BETAWI

ORANG-ORANG DALAM KELOMPOK ETNIK DAN ETNIS ORANG-ORANG DALAM KELOMPOK = ETNIS KELOMPOK ORANG-ORANG = ETNIK

Etnik Etnik atau ethnos dalam bahasa Yunani identik dengan dasar geografis dalam suatu batas-batas wilayah dengan sistem politik tertentu

Anggota-anggota suatu kelompok etnik memiliki kesamaan dalam hal sejarah (keturunan), bahasa (baik yang digunakan ataupun tidak), sistem nilai, serta adat-istiadat dan tradisi.

Menurut Frederich Barth (1988) istilah etnik menunjuk pada suatu kelompok tertentu yang karena kesamaan ras, agama, asal-usul bangsa, ataupun kombinasi dari kategori tersebut terikat pada sistem nilai budayanya

KELANGSUNGAN KELOMPOK MEMPUNYAI NILAI YANG SAMA ETNIK KELANGSUNGAN KELOMPOK MEMPUNYAI NILAI YANG SAMA MEMBENTUK JARINGAN KOMUNIKASI BERKEMBANG BIAK SADAR AKAN RASA KEBERSAMAAN INTERAKSI SENDIRI Menentukan ciri kelompoknya sendiri yang diterima oleh kelompok lain

Segolongan rakyat yang masih dianggap mempunyai hubungan biologis ETNIS Segolongan rakyat yang masih dianggap mempunyai hubungan biologis

Teori Etnis Teori situasional Teori primordial 3. Teori relasional

Teori situasional memandang bahwa kelompok etnis adalah entitas yang dibangun atas dasar kesamaan para warganya Bagi mereka yang lebih penting bukan wujud kesamaan itu sendiri melainkan perihal penentuan dan pemeliharaan batas-batas etnis yang diyakini bersifat selektif dan merupakan jawaban atas kondisi sosial historis tertentu (Barth dalam Simatupang, 2003). Teori ini menekankan bahwa kesamaan kultural merupakan faktor yang lebih besar dibanding kesamaan darah dalam penggolongan orang-orang kedalam kelompok etnik

Menurut Perspektif Teori Situasional Etnis merupakan hasil dari adanya pengaruh yang berasal dari luar kelompok. Misalnya : Kolonialisme, yang demi kepentingan administratif pemerintah kolonial telah mengkotak-kotakkan warga jajahan ke dalam kelompok-kelompok etnis dan ras (Rex dalam Simatupang, 2003). Untuk seterusnya sisa warisan kolonial itu terus dipakai sampai sekarang.

EXAMPLE Sebutan etnis DAYAK Oleh Kolonial Belanda Ngaju dan Benuaq

PERSPEKTIF TEORI PRIMORDIAL Keanggotaan etnik yang menekankan hubungan ‘darah’ Menurut perspektif teori primordial, etnisitas merupakan suatu keniscayaan. Keniscayaan tersebut meliputi keterpautan manusia pada kedekatan wilayah teritorial dan hubungan kerabat, bahkan juga keniscayaan bahwa individu selalu dilahirkan dalam sebuah masyarakat yang sudah terbentuk dengan sistem keagamaan, bahasa dan adat istiadatnya (Simatupang, 2003).

Menurut perspektif ini, seseorang yang memiliki darah sebagai etnis Minang misalnya, maka ia tidak bisa mengelakkannya. Ia harus menerima fakta bahwa dirinya adalah seorang ‘Minang’. Etnik dalam perspektif primordial merupakan sesuatu yang memang sudah ada dan tinggal di lanjutkan.

PERSPEKTIF TEORI RELASIONAL Teori relasional mendasarkan pada pandangan bahwa kelompok etnik merupakan penggabungan dua entitas atau lebih yang memiliki persamaan maupun perbedaan yang telah dibandingkan dalam menentukan pembentukan etnik dan pemeliharaan batas-batasnya. Kesamaan-kesamaan yang ada pada dua atau lebih entitas yang disatukan akan menjadi identitas etnik. Menurut perspektif relasional ini, etnik ada karena adanya hubungan antara entitas yang berbeda-beda; etnik Sasak tidak akan menjadi etnik Sasak bila tidak mengalami hubungan dengan entitas di luar kelompok itu. Etnik tergantung pada pengakuan entitas lain di luar kelompok.

PEMBATASAN ETNIK BERDASARKAN WILAYAH

Pada saat anggota kelompok etnik melakukan migrasi, sering terjadi keadaan dimana mereka tercerabut dari akar budaya etniknya karena mengadopsi nilai-nilai baru. Demikian juga dengan bahasa, banyak anak-anak dari anggota kelompok etnik tertentu yang merantau tidak bisa lagi berbahasa etniknya. Akan tetapi mereka tetap menganggap diri sebagai anggota etnik yang sama dengan orangtuanya dan juga tetap diakui oleh kelompok etniknya.

Jadi, keanggotaan seseorang pada suatu etnik terjadi begitu saja apa adanya, dan tidak bisa dirubah. Tidak bisa seorang etnis Sunda meminta dirubah menjadi etnis Bugis, atau sebaliknya. Meskipun orang bisa saja memilih untuk mengadopsi nilai-nilai, entah dari etniknya sendiri, dari etnik lain, ataupun dari gabungan keduanya.

Kelompok etnis seseorang: Tidak bisa direnggut Tidak dapat disangkal Tidak dapat ditolak

ETNISITAS Konsep identitas dan etnisitas adalah konsep tentang identifikasi diri dan asal-usul sosial yang bersifat relasional. Banyak digunakan sejak tahun 1960an Etnisitas harus dimaknai sebagai identifikasi seseorang dalam berafiliasi dengan kelompok sosialnya

TIDAK BERSIFAT ISOLASI ETNISITAS PROSES HUBUNGAN TIDAK BERSIFAT ISOLASI

Etnisitas menjadi aspek yang penting dalam hubungan politik.

SYARAT KEMUNCULAN ETNISITAS Telah menjalin hubungan Kontak dengan etnis lain Masing-masing menerima gagasan dan ide-ide perbedaan diantara mereka, baik secara kultural maupun politik.

Jadi, etnisitas muncul dalam kerangka hubungan relasional, dalam interaksi dengan dunia luar dan komunitas kelompoknya