Salam Ta’dzim Achmad Farisi Aziz, S.Ag., M.Pd.I Jl. KH. Agus Salim 1 No.20 Karangpucung Purwokerto HP

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MEDIA DAKWAH BERBASIS INTERNET
Advertisements

Organisasi Otonom Aisyiyah.
 Dedi saputra: wi fajar S:  Inna fathul F:  Tri wahyu N:  Utari tri U:
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pendidikan Tinggi di Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KODE MATA KULIAH : IPKU 1001 SKS : 2 SEMESTER : I JENJANG STUDI : S-I JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI.
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA
PENGERTIAN DAKWAH DAKWAH: PANGGILAN, AJAKAN, SERUAN
PENDIDIKAN KARAKTER Universitas Negeri Yogyakarta Oleh:
MASJID DARUSSALAM PERUMMAS UNIB KAJIAN MINGGU PAGI 31 Maret 2013 Bengkulu Maret 2013 Tema Kajian AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR Nara Sumber : Hasanuddin.
SISTEM PENDIDIKAN Di Indonesia
PENDAHULUAN FATARI, SE.,MM STIE BINA BANGSA.
السلام عل يكم ور حمه الله وبر كا ته.
Definisi Dakwah Kata dakwah ( دعوة ) artinya: "do’a", "seruan ", “panggilan”, "ajakan", "undangan", "dorongan" dan "permintaan", berakar dari kata kerja.
HUKUM DAKWAH REDAKSI AYAT
ISLAM SEBAGAI WAY OF LIFE YANG KOMPREHENSIF DAN SEMPURNA
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
PENDAHULUAN.
FOKUS GROUP DISCUSSION MATAKULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) UNTIRTA 2016 TANGGAL 21 JANUARI 2016.
“PENDIDIKAN NASIONAL BERFUNGSI
Pendidikan Agama Islam I
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Khotbah, tablig, dan dakwah
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Arah Program Kajian Islam Ahad Pagi Di Masjid “ Daarul Iman “
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
Pada Mata Kuliah PENGEMBANGAN KURIKULUM
Kebijakan Direktorat Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas PAI pada Sekolah DR. H. NI FASRI, M.Pd. Kasubdit PAI pada SMP Direktorat Pendidikan.
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
PENTINGNYA AGAMA DAN USAHA AGAMA
BISMILLAHIR-RAHMANIR-RAHIIM
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
PENDAHULUAN TUJUAN DAN LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA
Oleh: Edi Suwanto dan Muhammad Suderajat
Pengembangan Kurikulum dalam Penulisan
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK Dosen: Sarah Wulan, S.Ag, MPd
Karakteristik Dakwah Kampus
PENDIDIKAN MERUPAKAN KEBUTUHAN VITAL MANUSIA
FILSAFAT PENDIDIKAN MK 115
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
TAFSIR SURAT Al-HAJJ 41 TUJUAN PENDIDIKAN NAMA : AHMAD KHOIRUL ANAM
PENDAHULUAN TUJUAN DAN LANDASAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM atau STIE LAMPUNG TIMUR RINNANIK, S.H.I.
Guru Profesional dan Standarisasi Pendidikan Nasional
Apasih DKM itu Penasaran?. Apasih DKM itu Penasaran?
السلام عليكم ورحمت الله وبركاته
HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Oleh: KARYOTO WIRO SANTOSO
Kesempurnaan Islam.
JURUSAN MAGISTER PENDIDIKAN IPS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Analisis Kurikulum Penjasorkes dan Bahan Ajar
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
Tujuan Nasional Bangsa Indonesia Tertuang dalam alinea keempat Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 : ”melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah.
Pengertian Adil Adil adalah memutuskan suatu perkara sesuai dengan perbuatan seseorang tanpa memandang rakyat atau pejabat kaya atau miskin, siapa.
Agama Islam: Pendahuluan-1
PANCASILA.
Bidang Pendidikan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama
CIVIC EDUCATION Rabiatul Adawiyah, M.Pd. Pendidikan Kewiraan UU N0.2 Tahun 1989 Alasan tidak relevan: a.Pola dan praktek pembelajaran yang indoktrinatif.
RIA KURNIASARI. KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN Mahasiswa mampu menganalisis hakikat, fungsi dan tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di SD.
Pendidikan Agama Islam
Anggota Kelompok 1. Andri Fatkhul Amri ( ) 2. Silvy ramadhanti ( ) 3. M Yusril Iqbal Habibana ( ) 4. Erlangga.
KHutbah Jumat & Prinsip dakwah. Salat jumat diperintahkan ketika Nabi Muhammad Saw hijrah ke Madinah. Bertempat di Masjid Quba, 10 KM dari Madinah. Tepatnya.
Andhika L Perceka.  LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA: ◦ LANDASAN HISTORIS ◦ LANDASAN KULTURAL ◦ LANDASAN YURIDIS ◦ LANDASAN FILOSOFIS  TUJUAN PENDIDIKAN.
MENJADI GURU JAMAN NOW. MEMPUNYAI 7B 1.Bersemangat juang tinggi 2.Berpikir kritis 3.Bertindak dinamis 4.Berkarya kreatif.
Modul ke: Fakultas Program Studi Pendidikan Agama Islam Etos Kerja Islam Dian Febrianingsih, M.S.I 08 PSIKOLOGI Psikologi.
Transcript presentasi:

Salam Ta’dzim Achmad Farisi Aziz, S.Ag., M.Pd.I Jl. KH. Agus Salim 1 No.20 Karangpucung Purwokerto 53142 HP. 081327362460

PENGANTAR DAN METODOLOGI PERKULIAHAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

A. PENGERTIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, PENDIDIKAN ISLAM, DAN PENDIDIKAN KEISLAMAN Pendidikan Agama Islam : sebutan yang diberikan pada salah satu subyek pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa muslim dalam menyelesaikan pendidikannya pada tingkat tertentu. Ia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kurikulum suatu lembaga pendidikan sehingga merupakan alat untuk mencapai salah satu tujuan sekolah yang bersangkutan. Pendidikan Islam:adalah bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani berdasar ajaran Islam dengan hikmah mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh dan mengawasi berlakunya semua ajaran Islam Pendidikan Keislaman : salah satu macam pendidikan keagamaan, yakni pendidikan yang secara khusus dimaksudkan untuk memberikan bekal profesional di bidang keagamaan kepada peserta didik .

B. Dasar Hukum PAI Dasar Religius Dasar Yuridis: 1. Dasar ideal-filosofis yaitu Pancasila sila ke-1 2. Dasar konstitusional yaitu UUD 45 pasal 29 ayat 1 dan ayat 2 3. Dasar operasional terdapat dalam Tap-Tap MPR tentang GBHN yang isinya bahwa pendidikan agama dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah formal dari SD-PT. Dasar Religius ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”. (An-nahl : 125)

أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ مِنْكُمْ وَلْتَكُنْ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung. (Ali Imron: 104)

Dasar Psikologis الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. (Ar-ro’du: 28)

Dasar Sosial Setiap manusia memiliki tugas-tugas sosial, yang antara lain: a. Tugas hidup manusia adalah menghidupi manusia yang lain b. Kesempurnaan kita terletak pada orang lain, sehingga kelemahan kita menjadi lahan ibadah orang lain dan kelemahan orang lain menjadi lahan ibadah kita. c. Kita besar dikarenakan berdiri di atas pundak-pundak pendahulu kita. d. Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia lain

C. Kedudukan PAI dalam Sisdiknas Matakuliah yang wajib diikuti Upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yakni manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, mempunyai pengetahuan dan ketrampilan, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri , dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab

D. Tujuan, Visi, dan Misi Tujuan pendidikan agama Islam adalah membantu terbinanya sarjana muslim yang beriman, berilmu dan beramal sesuai dengan ajaran Islam. Visi matakuliah pendidikan agama Islam di PTU adalah menjadikan ajaran agama Islam sebagai sumber nilai dan pedoman yang mengantarkan mahasiswa dalam mengembangkan profesi dan kepribadian Islam. Misinya adalah untuk membina kepribadian mahasiswa secara utuh dengan harapan bahwa mahasiswa kelak akan menjadi ilmuwan yang beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT, mampu mengabdikan ilmunya untuk kesejahteraan umat manusia.

E. Peranan PAI Pembinaan sikap religius dalam pembinaan moral 2. Sikap religius sebagai internalisasi nilai 3. Sikap religius sebagai etos kerja dan ketrampilan sosial: Komitmen tehadap perintah dan larangan agama Bersemangat mengkaji agama Aktif dalam kegiatan agama Menghargai symbol-simbol keagamaan Akrab dengan kitab suci Agama sebagai dasar dalam menentukan pilihan Ajaran agama sebagai sumber pengembangan ide.

F. Metode Memahami Islam Islam harus dipelajari dari sumber aslinya yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rosululluh Islam dipelajari secara komprehensif dan integral Mempelajari Islam lewat karya ulama-ulama besar Islam dan umat Islam dua sesuatu yang berbeda Islam dipahami dengan berbagai ilmu yang berkembang sampai sekarang.

G. SISTEM EVALUASI PERKULIAHAN NA = UTS + UAS + P + K NA : Nilai Akhir UAS : Ujian Akhir Semester (40%) UTS : Ujian Tengah Semester (30%) P : Penugasan (20%) K : Kuis (10%) KTM : Kehadiran Tatap Muka (75%)

Penugasan: Tiap kelompok terdiri dari 5 Mahasiswa Membuat makalah berupa materi PAI Presentasi setiap Tatap muka 1 materi 1 kelompok

POKOK-POKOK BAHASAN : 1. Pendahuluan - Kontrak pembelajaran - Pengantar dan Metodologi Perkuliahan PAI 2. Agama Islam 3. Manusia dan alam raya 4. Sumber-sumber ajaran Islam 5. Sunnah 6. Ijtihad 7. Aqidah 8. Ibadah/Syari’ah (Sholat, puasa, haji) 9. Zakat 10. Akhlaq 11. Ilmu pengetahuan dan Teknologi 12. Kepemimpinan Dalam Islam 13. Dakwah sebagai sarana Amar ma’ruf nahi mungkar 14. Masyarakat Madani dan masyarkat Islam

REFERENSI Ali, Maulana Muhammad, 1996, Islamologi (Dienul Islam), terjemahan, Darul Kutubil Islamiyah, cet. ke-5, Jakarta Azhar Basyir, Ahmad, 1993, Refleksi atas Persoalan Keislaman, Mizan, Bandung. Aziz, Abdul, dkk., 1994, Gerakan Islam Kontemporer di Indonesi, Pustaka, Jakarta. Al Musawa, Nabiel Fuad, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi, Syamil, Bandung Departemen Agama Ri, 1983/1984, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama Pusat, Jakarta Mizan, Bandung. Sudjangi, penyunting, 1992, Agama dan Masyarakat,

Departemen Agama RI, 1999-2000, Buku Teks Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum, Ditjen Pembinaaan Kelembagaan Agama Islam, Jakarta. Mutthahhari, Murtadha, 1992, Perspektif Al-Qur’an tentang Manusia dan Agama, Mizan, Bandung. Madjid, Nurcholis, 1992, Islam Doktrin dan Peradaban, Yayasan Wakaf Paramadina, Jakarta. Rohman, Abdul, dkk.,2010, Pendidikan Agama Islam, Unsoed, Purwokerto. Rakmat, Jalaludin, 1992, Islam Aktual, Mizan, Bandung. Shihab, Quraisy, 1992, Membumikan Al-Qur’an,

Terima kasih Semoga bermanfaat