HUMAN COMPUTER INTERACTION Oleh: Chalifa Chazar chalifa.chazar@gmail.com edu.script.id
TUJUAN Mahasiswa mampu memahami manusia sebagai faktor sumber daya terpenting dalam membangun sistem Mahasiswa memahami dan menerapkan konsep sistem interaksi Mahasiswa memahami dan menerapkan pembuatan model dari desain sistem interaksi Mahasiswa mampu menerapkan pembuatan notasi dan dialog dari desain sistem interaksi Mahasiswa mampu menerapkan pembuatan analisis, evaluasi dan dokumentasi dari sistem interaksi
PRASYARAT Pemograman berbasis objek Rekayasa perangkat lunak
TOPIK-TOPIK Pendahuluan Faktor manusia Komputer Ragam dialog Desain Prototyping Penanganan kesalahan dan Help dokumentasi Evaluasi Website Computer-Support Cooperative Work Visualisasi Informasi Audio dan Agent
INTERAKSI MANUSIA&KOMPUTER IMK merupakan komunikasi 2 arah antara pengguna (user) dengan sistem Komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu IMK sebagai disiplin ilmu yang mepelajari desain, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia beserta studi tentang faktor-faktor utama dalam lingkungan interaktifnya
TUJUAN IMK Menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) Fungsionalitas Keamanan Efektifitas dan Efisiensi Sistem yg dibuat memiliki manfaat dan mudah dioperasikan oleh user Fungsi-fungsi yang ada dalam sistem dibuat sesuai dengan perencanaan dan kebutuhan user Dibuat untuk menjamin kenyamanan dalam faktor keamanan kepada user Lebih kepada produktivitas kerja dari penggunaannya
EVOLUSI ANTARMUKA Tahun 50an – antarmuka pada level hardware untuk teknik : switch panel Tahun 60-70an – antarmuka level pemograman : COBOL, FORTRAN Tahun 70-80an – antarmuka level instruksi Tahun 80an – antarmuka level dialog interaksi : GUI, multimedia Tahun 90an – antarmuka level lingkungan kerja : sistem network, groupware Tahun 00an- antarmuka berkembang luas : mobile device, interactive screen
KEPENTINGAN IMK Sudut pasaran Sudut kemanusiaan Sudut sosial
RUANG LINGKUP IMK Manusia Komputer Interaksi Ketiga komponen tersebut saling mendukung dan berkaitan satu sama lain
Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer User memiliki karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer
Komputer merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardwre, software Prinsip kerja komputer : input-proses-output Komputer bekerja sesuai dengan instruksi yang diberikan pengguna (user)
Saat pengguna memberikan instruksi, terjadi interaksi antar pengguna (manusia) dan komputer Interaksi manusia dan komputer terjadi melalui suatu tampilan interface (antarmuka)
KONTEKS INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER Konterks ini dikenal juga dengan UHCD
KONTEKS UHCD U1 = organisasi sosial dan lingkungan kerja U2 = pengguna yang menggunakan aplikasi komputer untuk kebutuhan tertentu U3 = proses adaptasi manusia&komputer U1 (aspek sosial&organisasi, kultur kerja, alur kerja, hirarki organisasi, aktivitas global organisasi dan kebutuhan organisasi) U3 (adaptasi sistem, adaptasi pengguna, panduan penggunaan)
H1 = pemrosesan informasi pada manusia H2 = penggunaan bahasa, cara komunikasi dan interaksi manusia terhadap mesin H3 = faktor ergonomi H1 Bagaimana sistem mudah dipahami, dipelajari? Ingatan, presepsi, perhatian, penyelesaian masalah, pembelajaran, motivasi, dll H2 Penggunaan bahasa untuk menciptakan interaksi yang nyaman, bahasa syntax, bahasa semantik, bahasa simbol H3 Kenyamanan dalam penggunaan sistem Penyusunan tampilan layar Kognitif dan keterbatasan sensor manusia
C1 = piranti masukan dan keluaran C2 = berbagai teknik dialog, interaksi dapat dilihat sebagai dialog antar manusia dan komputer C3 = model/gaya dialog C4 = komputer grafik, konsep dasar pada tampilan grafis komputer C5 = merancang arsitektur dialog
D1 = pendekatan desain, penggunaan metode pengembangan sistem D2 = alat dan teknik untuk implementasi D3 = teknik evaluasi D4 = contoh sistem dan studi kasus
INTERFACE MANUSIA&KOMPUTER User-friendly (ramah dengan pengguna) Berkualitas tinggi yang dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru Interaksi manusia dan komputer terjadi dalam sebuah tampilan interface Maka dalam mendesain suatu interface kita perlu memperhaikan beberapa hal Interface yang terlalu rumit dan tidak efisien akan menghambat user dalam melakukan pekerjaan dan relatif banyak kesalahan yang mungkin terjadi
KENAPA IMK PENTING? Mengurangi biaya penulisan program Mempermudah penjualan produk Meningkatkan kegunaan komputer pada organisasi Rata-rata 70% penulisan program berhubungan dengan interface Pertama kali suatu produk dinilai dari tampilan, tampilan adalah hal paling sering dilihat Dengan tampilan yang baik, dapat menarik minat pengguna dalam menggunakan aplikasi komputer
DAMPAK INTERFACE YANG BAIK Meningkatkan produktifitas Mengurangi biaya pelatihan pegawai Mencegah pengambil-alihan pegawai Kepuasan pengguna Hasil produksi memiliki kualitas yang lebih baik
PENYEBAB INTERFACE BURUK Perkembangan teknologi yang sangat cepat Kurangnya pendidikan atau pelatihan yang berkaitan dengan perancangan interface Penyebaran pengetahuan yang diperlukan untuk merancang interface yang baik Koordinasi yang kurang baik antar pengembang aplikasi
STRATEGI PENGEMBANGAN INTERFACE Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog Penggunaan prototipe yang didasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun bersama antar pengguna dan perancang sistem Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil prototipe yang telah dilakukan
BIDANG ILMU PENDUKUNG
Teknik elektro/ilmu komputer Psikologi Perancangan grafis dan tipografi Ergonomik Antropologi Linguistik Sosiologi Rekayasa perangkat lunak Kecerdasan buatan Multimedia (desain grafik)
TERIMA KASIH Chalifa Chazar, S.T., M.T Email : chalifa.chazar@gmail.com Download at edu.script.id Copyright @2015