ELEVEN PRICIPLES EFFECTIVE CHARACTER EDUCATION

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Assalamu'alaikum....
Advertisements

Metodologi Pembelajaran
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING )
TEORI PENDIDIKAN KEJURUAN
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Research Design Problems Dr. Putu Sudira, M.P. –
MULTIMEDIA INTERAKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI
POPULASI DAN SAMPEL PENELITIAN
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Tahun 2012
METODE PENELITIAN EKSPERIMEN
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY
INSTRUCTIONAL Strategies Dr. Putu Sudira, M.P. –
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY
Cognitive Approaches Dr. Putu Sudira, M.P. – Sek.Prodi.
RANCANGAN DAN PERENCANAAN EVALUASI PROGRAM
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY
LEARNING Cultures Dr. Putu Sudira, M.P. – Sek.Prodi.
Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY
COMPUTER BASED INSTRUCTION
Teachers and Technology
PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING)
Pengantar Media Pendidikan
Konsep Pengembangan Modul dan Penerapan model model SCL
C.1.3b PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM KURIKULUM 2013 Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 110 Universitas Pendidikan.
SEKOLAH MENYENANGKAN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING )
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 3 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
TEORI BELAJAR & APLIKASINYA
Penerapan model pembelajaran
PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
(Manajemen, transisi, inovasi, transformasi)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MAGANG 1 Dr.R.Ika Mustika, M.Pd Latifah,M.Pd
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
Problem Based Learning
APA DAN BAGAIMANA BELAJAR ?
PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING)
PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL
Model problem based learning
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KEJURUAN
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 SMAN 3 BLITAR Oleh: HAMIDA.
FILOSOFI PEMBELAJARAN
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL
Teori Hirarki Belajar dari
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
MERANCANG DAN MENILAI PEMBELAJARAN ABAD KE 21 1 TUGAS MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 3 By KISWANTO.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL)
Transcript presentasi:

ELEVEN PRICIPLES EFFECTIVE CHARACTER EDUCATION Dr. Putu Sudira, M.P. putupanji@uny.ac.id – 08164222678 http://staff.uny.ac.id/cari/staff?title=Putu+Sudira Sek.Prodi PTK PPs UNY, peneliti terbaik Hibah Disertasi 2011, lulusan cumlaude S2 TP PPs UGM – cumlaude S3 PTK PPS UNY; Kantor: Vocational and Technology Education Lantai II sayap timur Gedung Pascasarjana UNY Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY 1. Promosi etika dan nilai-nilai pokok dan pendukungan nilai-nilai sebagai fondasi karakter baik KEPEDULIAN, KETULUSAN, KEJUJURAN, KEWAJARAN, KEADILAN, TANGGAP/RESPONSIBILITY, RESPEK, RAJIN, TEKUN Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY 2. Menegaskan/Menggambarkan KARAKTER secara komprehensif dalam Pikiran, Perasaan, Perilaku (Ucapan & Tindakan) Aspek Pengetahuan, Emosi, Perilaku Skill empati, hubungan peduli sesama, saling membantu, Gotong royong Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY 3. Menggunakan Pendekatan yang komprehensif, disengaja/ intensional, dan proaktif dalam pengembangan karakter Menggunakan semua potensi yang ada di sekolah Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY 4. Membangun Komunitas Sekolah yang Peduli sesama Guru, pengelola, laboran, siswa, satpan, pembersih Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY 5. Menyediakan Peluang-peluang bagi Siswa-siswa untuk melakukan Moral Action Saling memaafkan, mengucapkan terimakasih Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY 6. Memasukkan Kurikulum akademik yang membuat semua pembelajar respek Mengembangkan Karakter Mereka dan membantu mereka sukses Kurikulum menarik bagi siswa Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY 7. Berusaha keras mendorong MOTIVASI diri siswa Kurikulum menarik bagi siswa Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY 8. Mengajak semua staff sekolah sebagai Masyarakat Belajar dan Bermoral yang melakukan sharing Pendidikan Karakter Berkarakter bersama, bukan parsial Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY 9. Mendorong Kepemimpinan Moral dan mendukung inisiatif pendidikan karakter Jangka panjang Terus menerus Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY 10. Mengajak Anggota Keluarga dan anggota Masyarakat sebagai partner dalam usaha membangun Karakter Tidak cukup hanya di sekolah Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY 11. Menilai Karakter SEKOLAH, Staf sekolah, dan Siswa memanifestasikan Karakter Menyeluruh Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Peserta didik belajar terbaik jika tertarik; Peserta didik belajar terbaik jika ada kebutuhan yang jelas; Peserta didik belajar terbaik dengan melakukan; Peserta didik belajar terbaik jika informasi/ pengetahuan baru dapat dihubungkan dengan pengalaman yang lalu; Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Peserta didik belajar terbaik jika bagian-bagian bahan pelajaran diintegrasikan menjadi keseluruhan yang bermakna; Peserta didik belajar terbaik jika kondisi belajar menyenangkan; Peserta didik belajar terbaik jika tujuannya jelas; Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Peserta didik belajar terbaik jika kondisi fisiknya sehat; Peserta didik belajar terbaik jika mereka tahu kegunaan/nilai belajar; Peserta didik belajar terbaik jika stimulus diterima lewat beberapa indera (katakan-tunjukkan-kerjakan); Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Peserta didik akan mengingat lebih lama jika pembelajaran dilakukan secara impresif; Setiap individu berbeda dalam minat, kemampuan dan pengalaman; Peserta didik mengembangkan kebiasaan, keterampilan dan ide-ide melalui pengulangan; Niteni, Nirokke, Nambahi (Tri N); Ngerti, Ngrasa, Nglakoni (Tri Nga) Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Peserta didik belajar lebih baik jika ikut berpartisipasi (terlibat penuh); Peserta didik belajar lebih meningkat melalui pemecahan masalah; Peserta didik belajar lebih efektif jika segera diikuti aplikasinya, hasil belajar jelas, dekat, realistik dan relevan; Peserta didik belajar positif jika dengan penghargaan (reward). Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR Setiap Peserta didik akan mencapai kompetensi maksimal jika tersedia bahan pembelajaran yang berkualitas dan cukup waktu. Kondisi lingkungan belajar yang menyenangkan. Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

KONSEP: Instructional Strategies Kerangka pemandu dalam mencapai kompetensi pembelajaran. Perencanaan aktivitas didasarkan pada tujuan pembelajaran dan latar belakang siswa. Didasarkan pada tujuan, motivasi, kapasitas/kemampuan, dan gaya belajar siswa dalam berpartisipasi pada pembelajaran. Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

KONSEP: Sasaran belajar di SMK SKL Mapel SK KD (Normatif, Adaptif, Produktif) SKL Kel. Mapel SKL SMK Generik 22 Kejuruan Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

KONSEP: Instructional Strategies Instructional strategies should seek to accommodate : student’s motivation for learning, the students’ rates of learning, and the each student’s learning style. Branch, R.M. (2009) Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

TEORI: Instructional Strategies the organization and sequence of learning activities. to facilitate the interpretation, construction, and manifestation of knowledge and skills for a student. vary depending on the context, resources, and needs of the students. Should have beginning activities, middle activities, and ending activities mark each episode. Branch, R.M. (2009) Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Aktivitas Pembuka Aktivitas Motivasional (memperkuat perhatian siswa). Menjelaskan Tujuan dan harapan pembelajaran. Konfirmasi prasayarat atau review pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai episode materi baru. Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Aktivitas Inti Interacksi antara siswa, guru, dan materi/content. Demonstrasi Role playing/ Permainan Peran Simulasi Diskusi Presentasi Latihan Berbasis Kasus Latihan Berbasis Projek Games/Permainan Observasi Group question development Peer teaching Peer review Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Pedoman Praktis Aktivitas Inti Menumbuhkan Siswa dari Pengetahuan yang sudah diketahui ke pengetahuan yang belum diketahui, Dari mudah ke hal yang sulit, Dari sederhana ke hal yang komplek, dan Dari koenkret ke abstrak. Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Aktivitas Akhir Aktivitas Penutup membantu Siswa menghubungkan Pengetahuan, Keterampilan, Prosedur/langkah yang telah dipelajari. Debriefs at the end of activities Transitions from one episode to another episode Review activities Summaries Action Plans Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY ADDIE model Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Gagné’s Nine Events of Instruction TEORI AKTIVITAS CONTOH Reception 1. Gaining Attention Share a current event about a classmate Begin with question: “What do you think?” Initiate the class in a foreign language or jargon Executive Control 2. Inform Learner of Lesson Objectives Review course objectives in terms of WIIFM Post objectives in outline form Video demonstrations of actual performance Retrieval 3. Stimulating Recall of Prior Learning Pre-test of existing skills or knowledge h. Draw concept map of current perceptions about topic Students summarize prerequisite knowledge and skills Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Gagné’s Nine Events of Instruction TEORI AKTIVITAS CONTOH Selective Perception 4. Presenting Stimulus with Distinctive Features Multimedia introduction of knowledge and skills Content information presented in a storytelling format Subject matter expert as a guest presenter Semantic Encoding 5. Guided Learning Demonstrate skill or knowledge application Conduct experiment with teacher-student collaboration Use physical model to portray relationships Response Organization 6. Eliciting Performance Role play based on genuine scenarios Rehearsed simulation games Construct job aids displaying relevant skills Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Gagné’s Nine Events of Instruction TEORI AKTIVITAS CONTOH Reinforcement 7. Providing Informative Feedback Peer critique during the instructional episode Suggest alternatives to achieve same results Provide “what if” questions Activate Retrieval 8. Assessing Performance est of new knowledge and skill presented Learner fabricates alternatives to those presented Learner constructs summary of new information Providing cues 9. Enhancing Retention and Learning Transfer . Hand out job aids relevant to the topic. Learners adopt a set of authentic examples. Recommend knowledge and skills required to succeed. Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY

Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY Terimakasih Belajar, Berkarya, Melayani Orang Lain Budayanya orang Hidup Panji Sudira Dr. Putu Sudira, M.P. Prodi PTK PPs UNY