PENGANTAR REKAYASA WEB

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGENALAN INTERNET M. Masrur, SKom.
Advertisements

Dasar-dasar Web Design
KONSEP DASAR WEB DAN INTERNET
E-Commerce.
TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
Rekayasa Web 04. Kebutuhan Aplikasi Web
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Protyping IMK-M5.
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Teknologi WEB.
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Konteks Metode Analisis dan Desain Sistem
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Diadopsi dari presentasi Ian Sommeriville, Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak.
Arsitektur Client-Server
Overview Teknologi Internet
Pertemuan 1 Pengenalan Dasar Web.
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PROCESS MODELS.
KEBUTUHAN APLIKASI WEB
Perangkat Lunak 1.
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
PENDEKATAN PADA PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
Pengenalan Dasar Web Pertemuan 1
Arsitektur dalam Sister
Teknologi Dasar Internet dan Web
KUALITAS APLIKASI WEB Siti asmiatun, m.kom.
TEMU BALIK INFORMASI Multimedia Dalam Temu Balik Informasi.
ARSITEKTUR APLIKASI WEB
Sistem e-Commerce.
Pertemuan 3 Khairul Anwar Hafizd
Pendahuluan Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I..
Pemeliharaan Perangkat Lunak
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Arsitektur Enterprise
Tahapan Proyek Pembuatan Situs Web
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Pemrograman basis data internet dan client server
Pertemuan 5 Electronic Commerce
Tinjauan Ringkas Konsep Basis Data
Arsitektur Enterprise
Erizal, S.Si, M.Kom Internet dan Web Erizal, S.Si, M.Kom
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Blended Learning Versus E-Learning
Pertemuan ke 5 Ahmadi Sistem Informasi STMIK “BINA NUSANTARA JAYA”
10 Perancangan Arsitektural
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perancangan Web Pertemuan II LSM 2016.
Pengenalan Dasar Web dan HTML
Tujuan instruksional umum:
ARSITEKTUR CLIENT - SERVER
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA WEB Development Process
Infrastruktur E-Business
Pemrograman Internet Hendra Gunawan.
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : Yudha Dwi Putra negara, S.Kom
Internet dan Web Erizal, S.Si, M.Kom.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
LANDASAN TEORI Untuk menunjang presentasi ini, diambil beberapa bahan referensi seperti bahasa pemrograman PHP dan MySQL, serta beberapa bahan lainya.
Konsep Web Statis dan Web Dinamis
Tahap Komunikasi dan Perencanaan
SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET
Pengenalan Dasar Web dan HTML
Aplikasi dan Rekayasa E-Bisnis
Pertemuan 1 Pengenalan Dasar Web.
Pertemuan 1 Pengenalan Dasar Web.
Pustaka Wajib Pressman, R. S., Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Edition, McGraw-Hill, 2008 Sommerville, I., Software Engineering 8th.
Transcript presentasi:

PENGANTAR REKAYASA WEB SITI ASMIATUN, M.KOM

Konsep dasar rekayasa web Biasa disebut web engineering adalah suatu proses yang digunakan untuk menciptakan suatu sistem aplikasi berbasis web dengan menggunakan ilmu rekayasa, prinsip-prinsip manajemen dan pendekatan sistematis sehingga dapat diperoleh sistem dan aplikasi web dengan kualitas tinggi. Ruang Lingkup Meliputi pengolahan proses luar, metodologi, perancangan sistem, arsitektur, siklus hidup dan pengolahan sistem besar berbasis web seperti bidang pendidikan dan penelitian.

Uraian tentang rekayasa web Kebanyakan sistem berbasis web untuk saat ini adalah halaman web statis dan dinamis Sistem berbasis web dipusatkan pada look and feel, menyokong kreativitas visual, dan penyatuan multimedia dalam penyajian antarmuka. Kebanyakan sistem berbasis web akan berlanjut pada pengembangan content-driven Dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan kemampuan dan keahlian yang beragam untuk mengatasi kesulitan interaksi manusia dan komputer, antarmuka pengguna dan penyajian informasi Dikembangkan dalam waktu yangn sangat singkat sehingga sulit untuk membuat dan menerapkan pada tingkat yang sama Orang yang membangun dan mengembangkan sistem berbasis web biasanya memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda

REKAYASA WEB ADALAH BIDANG YANG MULTIDISIPLINER Interaksi manusia-komputer Perancangan dan analisis sistem Antarmuka pengguna (user interface) Rekayasa perangkat lunak (software engineering) Rekayasa kebutuhan (requirments engineering) Struktur informasi Pengujian Pemodelan dan simulasi Manajemen proyek

Area utama pengetahuan di dalam rekayasa web Lapisan fisik meliputi fiber optik, karingan kabel dan nirkabel, dan pengkodean pengendali kesalahan Lapisan internet meliputi Internet Protocol (IP), anallilsis dan desain algoritme routing Lapisan transport yaitu analilsis dan desain protokol yang dapat dipercaya seperti TCP Lapisan aplikasi meliputi style interaksi, skalabillitias dan pemisahan yang berhubungan dengan element arsitektur Kinerja Rekayasa Jaringan Proses Kebutuhan Arsitektur Desain Pengujian lingkungan Rekayasa Perangkat Lunak Desain data Bahasa query basis data Teori mesin pencari internet Fisik alat penyimpanan Basis data Visualisasi Usabilitas Tool kolaboratif Hipermedia

KEAHLIAN BIDANG REKAYASA WEB Keahlian Prasyarat Pemrograman dan pemodelan berorientasi objek Pengembangan basis data Pemrograman web dengan HTML. Javascript, CGI ,PHP Penyebaran dari tool aouthoring khusus dan editor web Keahlian Spesifik Pemahaman rekayasa weeb sebagai bidang multidisipliner Pemahaman filosofis pengembangan rekayasa web Pemahaman cakupan sistem dan konteks dari aplikasi rekayasa web Pemahaman analisis Penetapan kebutuhan data menggunakan kelas dan teknik pemodelan analisis lainnya Pemodelan desain Desain Web Pengembangan prototype Rekayasa dann pengujian usabilitas Keahlian Umum Manajemen dan perencanaan Proyek Penggunaan kembali prinsip-prinsip desain Keahlian menulis dan membaca Dialog dan komunikasi dengan stakeholder

AktIVITAS REKAYASA WEB Pendidikan dan pelatihan Manusia dan aspek-aspek budaya Matrik web untuk estimasi pengembangan Konfigurasi dan manajemen proyek Penilaian kuallitas, kontrol, dan jaminan Pengujian verfikasi dan validasi Migrasi dari sistem warisan ke lingkungan web Teknik dan metodologi pengembangan sistem berbasis web Analisis dann spesifikasi kebutuhan

Fitur-fitur aplikasi web Pelopor untuk aplikasi web Halaman web disimpan pada server web sebagai halaman yang bersifat statis dan mengirimkan ke web client sebgai jawaban permintaan Document Centric Web sites Diciptakan untuk lebih interaktif dan memungkinkan pengguna tidak hanya saling berinteraksi dengan aplikasi tetapi juga melakukan pembaharuan data dan konten Transactioal Web Aplication Mengijinkan penananganan aplikasi antar perusahaan yang berbeda, pemerintah dan pengguna perorangan Contoh katgori ini adalah B2B (Business-to-business) Workflow-based Web Aplication Menyediakan satu tujuan akses yang terpisah, mungkin untuk sumber informasi dan layanan Portal sebagai salah satu titik akses web Portal-oriented Web Aplication

Kategori aplikasi web Kategori Contoh Informational Surat kabar online, katalog produk, service manual,buku elektronik Internaktif Formulir pendaftaran, penyajian informasi yang dikustomisasi, dan permainan online Transaksional Belanja elektronik, pemesanan barang dan layanan dan perbankan on-line Workflow Sistem penjadwalan dan perencanaan on line, manajemen inventori dan pengawasan status Lingkungan kerja kolaboratif Sistem authoring terdistribusi dan tool desain kolaboratif Marketplace, komunitas on-line Kelompok chat, sistem yang merekomendasikan sebua produk, layanan dan pelelangan on-line Web portal Mal belanja elektronik dan perantara online

Karakteristik aplikasi web Sistem berbasis web sederhana Sistem berbasis web lanjut Menyajikan informasi tekstual Halaman wewb kompleks Konten informasi tidak berubah, statis Informasinya dinamis, berubah dengan waktu dan kebutuhan pengguna Navigasi sederhana Sulit untuk navigasi dan pencarian informasi Sistem terpisah (stand-alone) Terintegrasi dengan basis data, penjadwalan, penjajakan dan perencanaan lainnya Tidak membutuhkan kinerja yang tinggi Membutuhkan kinerja tinggi Digunakan untuk penynebaran Disebarkan di dalam aplikasi mission-critical

Kebutuhan untuk rekayasa web Manajemen dan perencanaan proyek web Sistem berbasis web Konstruksi situs web Desain situs web atau arsitektur informasi Desain halaman web Konstruksi web

Perbedaan aplikasi web dan perangkat lunak konvensional No Keterangan 1 Memadatkan jadwal pengembangan 2 Evolusi tetap dengan siklus revisi yang dipersingkat 3 Konten adalah raja 4 Spesifikasi kebutuhan tidak cukup 5 Tim kecil bekerja untuk jadwal yang sangat singkat 6 Kemunculan metodologi dan teknologi 7 Ketiadaan proses pengujian 8 Kepuasan pengguna dan ancaman dari kompetisi seseorang 9 Mendukung manajemen yang minimal 10 Kritikal kinerja 11 Mengembangkan standar untuk aplikasi web yang harus dipatuhi 12 Pemahaman disiplin tambahan diperlukan untuk aplikasi web seperti desain, hiperteks penyajian info 13 Pertimbangan keamanan 14 Legalitas, kesosialan dan isu etika 15 Variasi latar belakang pengembang

REKAYASA WEB BUKAN PERANGKAT LUNAK Warren (2001) menyatakan bahwa situs web mematuhi laws of software evolution. Situs web memerlukan jenis pemeliharan yang tidak termasuk di dalam perangkat lunak standar Pemeliharaan situs web bersifat untung-untungan

DAFTAR PROPERTI SITUS WEB YANG BAIK correctness Ketepatan situs sulit untuk ditetapkan, situs mungkin menampilkan yang benar namun juga berisi komponen yang salah testability Situs dapat memiliki kemampuan dan pengujian usabilitas secara menyeluruh terutama dengan skenario untuk situs yang berisi komponen interaktif maintainability Pembuatan perubahan situs harus mudah dan mencakup kebutuhan untuk perubahan kecil sekalipun Scalability Mampu mendukung peningkatan di dalam jumlah pengguna yang banyak

APLIKASI WEB BERBASIS MANAJEMEN KONTEN Manajemen konten biasa dikenal dengan Content Management System (CMS) artinya tool yang memungkinkan berbagai staf teknis dan non teknis untuk menciptakan, mengedit, mengelola dan menerbitkan berbagai konten. Konten adalah pokok, tipe, atau unit dari informasi digital dapat berupa teks, citra, grafis, video, suara Manajemen konten adalah kombinasi aturan-aturan, proses atau aliran kerja sehingga penyimpanan elektronik dianggap sebagai “yang dikelola” daripada “yang tidak dikelola” Sistem manajemen konten diartikan sebagai tool atau kombinasi tool yang memudahkan produksi yang efektif dan efisien

SISTEM MANAJEMEN KONTEN SUMBER TERBUKA Ada banyak aplikasi open source, diantaranya adalah postnuke, PHPNuke, Drupal. Semuanya merupakan aplikasi CMS yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Aplikasi CMS ini sering digunakan untuk berbagi informassi suatu komunitas

TEKNOLOGI INTERNET DAN APLIKASI WEB Sejarah Internet Pengantar Web Arsitektur Web Tradisional Aplikasi Web Karakteristik Aplikasi Web Teknologi Web Jenis Aplikasi Weba Arsitektur 3-Tier Perangkat Lunak Client-Server Protokol untuk Interaksi Antara Client dan Server Perangkat Lunak Server Web Aplikasi Web dan Hipermedia WEB-LIKE Platforms dan Web-Like Application Aplikasi Terdistribusi

TERIMA KASIH