Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD) Pertemuan 1 Pengantar Objek
Silabus 1. Pengantar Objek 2. Pengantar RUP 3. Diagram UML : a. Use case diagram b. Class diagram c. Object diagram d. Statechart diagram e. Activity diagram f. Sequence diagram g. Collaboration diagram h. Component diagram i. Deployment diagram
Metodologi Metodologi adalah cara sistematis untuk mengerjakan analisis dan desain. Penggunaan metodologi memudahkan tim pengembang untuk merencanakan dan mengembangkan sistem, menghilangkan perbedaan notasi untuk hal yang sama. Metodologi : Coad Yourdon -OOAD- (Peter Coad dan Edward Yourdon) Object Modeling Technique -OMT- (James Rumbaugh) Object Oriented Software Engineering –OOSE- (Ivar Jacobson)
Konsep Dasar OOAD Metodologi berorientasi objek adalah suatu strategi pembangunan perangkat lunak sebagai kumpulan objek yang berisi data dan operasi yang diberlakukan terhadapanya. Pendekatan berorientasi objek merupakan suatu teknik atau cara pendekatan dalam melihat permasalahan dan sistem. Pendekatan berorientasi objek akan memandang sistem yang dikembangkan sebagai suatu kumpulan objek yang berkorespondesi dengan objek - objek dunia nyata
Kapan & dimana kita memakai OO? Jika perangkat lunak (PL) yang dibangun cukup kompleks Jika PL yang dibangun diperkirakan akan tumbuh makin kompleks di masa mendatang Jika kita ingin membangun PL yang: - Berdasar pada komponen yang telah pernah ada sebelumnya (daur ulang) - Dapat dipergunakan kembali di masa mendatang (reusable) dan mungkin, kapanpun dan di manapun.
Objek vs Terstruktur Pendekatan Terstruktur : Pendekatan Objek : Dekomposisi permasalahan dilakukan berdasarkan fungsi atau proses secara hirarki, mulai dari konteks sampai dengan proses yang paling kecil Pendekatan Objek : Dekomposisi permasalahan dilakukan berdasarkan objek - objek yang ada dalam sistem.
Konsep Dasar Kelas Kelas adalah kumpulan objek - objek dengan karakteristik yang sama. Kelas : deskripsi dari satu atau lebih objek dengan sejumlah atribut dan layanan yang sama termasuk deskripsi tentang cara membuat objek dari kelas tersebut. Nama Kelas Atribut Method/Operation Data item yang menegaskan kelas Pelaksanaan prosedur/function
Part of Class Atribut merupakan variabel data, yang dapat memberikan informasi keadaan dimana tiap objek dari suatu kelas mempunyai nilai tersendiri. Operation/method atau sering disebut layanan (service) atau operasi adalah prosedur atau fungsi yang menjadi perilaku kelas-&-objek dan menjadi tanggung jawab objek tersebut. Dalam bentuk pemrogrman merupakan bentuk subprogram yang digunakan terhadap atribut kelas-&-objek.
Konsep Dasar Kelas Mahasiswa - nim - nama Atribut - jurusan - kelas Nama Kelas Atribut Method Mahasiswa - nim - nama - jurusan - kelas + cek_nilai + edit_data_mhs + perwalian Visibility + Public : Able to access from any classes # Protected : Able to access from same class and its inherited classes ˜ Package : Able to access within same package - Private : Able to access from same class
Konsep Dasar Kelas
Konsep Dasar Objek Objek (N) : semua benda baik secara fisik maupun konseptual Objek = entitas (data) yang didalamnya mempunyai identitas tertentu yang menjadi karakteristik dengan objek yang lain. What is Object is that Object: 1. Is Identical (because Object has own unique ID) 2. Has Behavior (because Object has Method) 3. Has State (because Object has instance parameter)
Konsep Dasar Objek Super Class Parent Class Child Class Object Mahasiswa Mahasiswa - Unikom Parent Class Child Class Mahasiswa - Unikom - Jurusan SI Mahasiswa - Unikom - Jurusan SI - 10513xxx Object
OOAD (Notasi) Whole - Part Satu objek (yang mewakili whole) dapat didekomposisi menjadi objek-objek lain (Parts). Hubungan whole-part dapat memiliki rentang spesifik, seperti konsep kardinalitas pada pemodelan E-R. 3 Struktur whole-part : Assembly-Part, yaitu Satu Kelas yang terdiri dari berbagai elemen pembentuknya, PC sebagai Whole dengan Part yang terdiri dari Hardisk, Memory, dan lain-lain Container-Contents, yaitu Satu Kelas terdiri dari berbagai objek yang beragam, seperti kotak pos sebagai Whole dengan Part dapat terdiri dari surat, majalah dan kartu pos. Collection-Members, yaitu Satu Kelas sebagai satu perkumpulan dengan para anggotanya sebagai Part.
OOAD (Notasi) Whole - Part
Karakteritik Metodologi Berorientasi Objek Metodologi pengembangan sistem berorientasi objek mempunyai tiga karakteristik utama: Encapsulation (Pengkapsulan) Inheritance (Pewarisan) Polymorphism (Polimorfisme)
Karakteritik Metodologi Berorientasi Objek Inheritance (Pewarisan) Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Atribut dan metode dari objek dari objek induk diturunkan kepada anak objek, demikian seterusnya. Inheritance mempunyai arti bahwa atribut dan operasi yang dimiliki bersama di antara kelas yang mempunyai hubungan secara hirarki.
Karakteritik Metodologi Berorientasi Objek Inheritance (Pewarisan) adalah kelas yang mewariskan sifat - sifatnya ke kelas lainnya.
Struktur Generalization-Specialization/Gen-Spec (Pewarisan) memperlihatkan definisi hirarki pewarisan untuk kelas-kelas yang merupakan spesialisasi dari kelas lain yang lebih umum (General). Sebuah kelas dapat mewarisi sifat dari sebuah superclass (kelas general) yang disebut dengan pewarisan tunggal (single inheritance) atau dari sejumlah superclass yang disebut dengan pewarisan ganda (mulitiple inheritance).
Karakteritik Metodologi Berorientasi Objek Encapsulation (Pengkapsulan) Enkapsulasi adalah menyembunyikan kompleksitas dari luar dan hanya membuka operasi-operasi yg diperlukan saja terhadap obyek-obyek lain. Pembungkusan atribut data dan layanan (operasi -operasi) yang dipunyai objek untuk menyembunyikan implementasi dan objek sehingga objek lain tidak mengetahui cara kerjanya.
Karakteritik Metodologi Berorientasi Objek Polymorphism (Polimorfisme) Polimorfisme yaitu konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda. Polimorfisme mempunyai arti bahwa operasi yang sama mungkin mempunyai perbedaan dalam kelas yang berbeda. Polymorphism (Banyak Bentuk) adalah suatu operasi yg mempunyai nama yg sama tetapi jika diberikan pada obyek yg berbeda akan mengakibatkan operasi yg berbeda pula.
Daftar Pustaka [1] S. Rosa A, dan Shaladhuddin.M, "Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan berorientasi Objek", 1st ed, Bandung : Informatika, 2013. [2] Sudrajat. Antonius Wahyu, (27 Nov 2014), Perancangan Sistem Informasi [online], Available :