KONSEP SWING.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Event Handling di JAVA.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Java Applets Pertemuan 7
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
GUI in Java.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Membangun Aplikasi GUI
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Layout Managers and Event Handling
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
GUI Event Handling.
GUI event handling.
Pemrograman Berorientasi Objek
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
Creating User Interfaces Pertemuan 6 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )
Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek
PBOL Dewi Kusumaningsih
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Graphical User Interface (GUI)
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
MENDAPATKAN INPUT DARI KEYBOARD.
PBOL Dewi Kusumaningsih
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Java Progamming Membangun GUI dengan Swing
MODIFIER JAVA.
GUI Event Handling.
Component and Layout Manager Pertemuan 3
GUI Event Handling Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Struktur Kode Aplikasi Java (2)
JAVA GUI (Graphical User Interface)
JAVA FUNDAMENTAL (Object Oriented Programming)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pemrograman Berorientasi Objek
Pilar Object Oriented Programming
Pemrograman Visual Java
Graphical User Interface
GUI Event Handling Sussi.
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Obyek
Netbeans GUI Builder Buat project baru dalam Netbeans Kategori project
Pilar Object Oriented Programming
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Pemrograman Berorientasi Obyek
Mendapatkan Input dari Keyboard
VISUAL PROGRAMMING DALAM JAVA
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
PAINTING AND STROKING.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

KONSEP SWING

APA PERBEDAAN AWT DAN SWING ???

Perbedaan Swing dan AWT adalah bentuk komponen-komponen dari kelas Swing sama bentuknya pada semua platform / sistem operasi.

KELEBIHAN MENGGUNAKAN GUI Dengan tampilan, program akan tampak jauh lebih menarik Program akan menjadi lebih interaktif User Friendly dan mudah dalam penggunaannya Dapat berinteraksi dengan peralatan, seperti mouse, keyboard, joystik

KOMPONEN SWING

PENGERTIAN Container : Objek yang dapat menampung komponen grafis dan tempat yang lebih kecil. Contoh: JFrame, JPanels Component : Objek grafis yang berfungsi untuk menampilkan data, menerima masukan. Contoh: JButtons, JLabel Event : Objek yang merepresentasikan suatu kejadian Contoh: Penekanan tombol, gerakan mouse Listener : Suatu objek yang menunggu suatu kejadian khusus dan akan bereaksi jika kejadian tersebut terjadi

SwingPertama.java import javax.swing.*; public class SwingPertama { public static void main(String[] args){ JFrame pertama=new JFrame(" Belajar SWING Gampang"); pertama.setSize(300,200); pertama.show();} }

SwingKedua.java import javax.swing.*; public class swingdua extends JFrame{ public static void main (String[] args) { swingdua kontruktorswing=new swingdua(); } public swingdua(){ super("BELAJAR SWING"); setSize(500,500); show();

KOMPONEN SWING Komponen Swing Penjelasan JComponent Kelas induk untuk semua komponen Swing, tidak termasuk top-level kontainer JButton Tombol untuk ditekan JCheckBox Item yang dapat dipilih atau tidak oleh penggunanya JFrame Turunan dan korepondensi pada frame class dalam package AWT tetapi keduanya sedikit tidak cocok dalam kaitannya dengan menambahkan komponen pada kontainer. JFileChooser Mengijinkan pengguna untuk memilih sebuah file. JPanel Turunan Jcomponent. Kontainer class sederhana tetapi bukan top-level. JDialog Biasanya digunakan untuk menginformasikan sesuatu kepada pengguna atau prompt pengguna untuk input. JColorChooser Turunan Jcomponent. Mengijinkan pengguna untuk memilih warna

JLabel import javax.swing.*; public class SwingKedua extends JFrame{ public static void main (String[] args) { SwingKedua kontruktorswing=new SwingKedua(); } public SwingKedua(){ super("BELAJAR SWING"); setSize(500,500); JLabel nama = new JLabel("nama"); getContentPane().setLayout(null); getContentPane().add(nama).setBounds(10,50,100,100); setDefaultCloseOperation(SwingKedua.EXIT_ON_CLOSE); show();

JTextField import javax.swing.*; public class SwingKedua extends JFrame{ public static void main (String[] args) { SwingKedua kontruktorswing=new SwingKedua(); } public SwingKedua(){ super("BELAJAR SWING"); setSize(500,500); JLabel nama = new JLabel("nama"); JTextField tnama=new JTextField(""); getContentPane().setLayout(null); getContentPane().add(nama).setBounds(10,50,100,50); //10 jarak dari kiri ke label nama, 50 jarak sumbu y, 100 panjang label, 50 tinggi label getContentPane().add(tnama).setBounds(100,50,200,30); setDefaultCloseOperation(SwingKedua.EXIT_ON_CLOSE); show(); } }

JButton import javax.swing.*; public class SwingKedua extends JFrame{ public static void main (String[] args) { SwingKedua kontruktorswing=new SwingKedua(); } public SwingKedua(){ super("BELAJAR SWING"); setSize(500,500); JLabel nama = new JLabel("nama"); JTextField tnama=new JTextField(""); JButton bsave=new JButton("SAVE"); getContentPane().setLayout(null); getContentPane().add(nama).setBounds(10,50,100,50);//10 jarak dari kiri ke label nama, 50 jarak sumbu y, 100 panjang label, 50 tinggi label getContentPane().add(tnama).setBounds(100,50,200,30); getContentPane().add(bsave).setBounds(100,250,200,30); setDefaultCloseOperation(SwingKedua.EXIT_ON_CLOSE); show(); } }

JCheckBox import javax.swing.*; public class ContohJcheckBox extends JFrame{ public static void main (String[] args) { ContohJcheckBox app=new ContohJcheckBox(); } public ContohJcheckBox(){ super("COntoh Penggunaan JCheckbox"); setSize(500,500); JLabel hoby=new JLabel("Hobby"); JCheckBox cb1=new JCheckBox("Belajar dan Belajar"); JCheckBox cb2=new JCheckBox("Bermain "); JCheckBox cb3=new JCheckBox("Olahraga"); getContentPane().setLayout(null); getContentPane().add(hoby).setBounds(20,20,100,50); getContentPane().add(cb1).setBounds(120,20,100,50); getContentPane().add(cb2).setBounds(120,55,100,50); getContentPane().add(cb3).setBounds(120,90,100,50); show(); } }

OUTPUT

JRadioButton import javax.swing.*; public class ContohJRadioButton extends JFrame{ public static void main (String[] args) { ContohJRadioButton app=new ContohJRadioButton(); } public ContohJRadioButton(){ super("Contoh JRadioButton"); setSize(500,500); JLabel jk=new JLabel("Jenis Kelamin"); JRadioButton rb1=new JRadioButton("Pria Idaman"); JRadioButton rb2=new JRadioButton("Wanita Pilihan"); ButtonGroup bg1=new ButtonGroup(); bg1.add(rb1); bg1.add(rb2); getContentPane().setLayout(null); getContentPane().add(jk).setBounds(10,50,100,100); getContentPane().add(rb1).setBounds(100,50,100,100); getContentPane().add(rb2).setBounds(200,50,100,100); show(); } }

LATIHAN

EVENT LISTENER ActionListener : akan bereaksi atas perubahan mouse atau keyboard MouseListener : akan bereaksi atas pergerakan mouse WindowListener : akan bereaksi atas perubahan window MouseMotionListener : menyediakan method-method yang akan memantau pergerakan mouse, seperti drag dan pemindahan mouse